Nama Grup : I.O.I
Label : YMC Entertainment
Jumlah Member : 11 Orang
Debut : 5 Mei 2016
Lagu Debut : Dream Girls
Bubar : 31 Januari 2017
I.O.I Offiial Accounts:
Twitter: @ioi_official_
Instagram: @ioi_official_ ig
Fan Cafe: IOIofficial
I.O.I atau Ideal of Idol (아이오아이) adalah sebuah proyek grup yang dibentuk melalui reality show bertajuk Produce 101 yang tayang di Mnet. Program tersebut, diikuti oleh 101 trainee dari 46 agensi hiburan. Produce 101 tayang mulai 21 Januari 2016 dan berakhir pada 1 April. Dari 101 trainee yang ikut terpilihlah 11 member bertalenta yaitu Na Young, Chung Ha, Se Jeong, Chae Yeon, Jie Qiong, So Hye, Yeon Jung, Yoo Jung, Mi Na, Do Yeon dan Somi.
Setelah ditetapkan anggota yang terpilih, I.O.I merilis sebuah single berjudul "Crush"pada tanggal 5 April 2016 untuk lagu pra-debutnya. Pada tanggal 11 April, pihak YMC Entertainment, mengumumkan I.O.I akan debut pada awal bulan Mei. Kemudian pada tanggal 27 April, pihak label membocorkan kalau album mini pertama IOI berjudul "Chrysalis". Akhirnya IOI resmi debut pada tanggal 4 Mei 2016 dengan lagu "Dream Girls" bersamaan dengan peluncuran album mini dan video musik lagu debutnya tersebut.
Pada awal Juni, YMC mengumumkan membentuk unit pertama dari IOI dengan member Nayoung , Chungha, Jieqiong, Sohye, Yoojung,Doyeon dan Somi. Sementara 4 member lainnya yaitu Chaeyeon kembali ke grupnya yakni DIA yang sedang comeback, Sejeong dan Mina fokus debut bersama Gugudan dan Yeonjung juga fokus debut bersama Cosmic Girls (WJSN) sebagai anggota ke13. Unit pertama tersebut akhirnya merilis sebuah single berjudul "Whatta Man(Good Man)" pada 9 Agustus 2016.
Setelah 4 anggotanya fokus ke grupmasing - masing, akhirnya I.O.I resmi comeback dengan anggota lengkap dengan mengeluarkan album mini kedua bertajuk Miss Me pada tanggal 17 Oktober 2016. Lagu utamanya yakni "Very Very Very" diciptakan oleh CEO JYP Entertainment, Park Jin Young. Menurut kabar, ini merupakan comeback terakhir dari I.O.I sebelum bubar pada Januari 2017, karena memang grup ini hanya terikat kontrak 1 tahun saja dengan YMC Entertainment dan CJ E&M.
Pada tanggal 5 November 2016, YMC Entertainment mengumumkan bahwa I.O.I akan bubar pada tanggal 31 Januari 2017. Sebelum bubar, I.O.I merilis singel terakhir berjudul "Downpour" pada 18 Januari 2017. Single terakhir tersebut merupakan ciptaan dari Woozi (Seventeen). Meski tanpa promosi, lagu "Downpour" meraih peringkat pertama di SBS Inkigayo. Pada tanggal 20 sampai 22 Januari, I.O.I menggelar konser final bertajuk 'Time Slip – I.O.I'di Jangchung Gymnasium, dimana tempat tersebut merupakan tempat yang sama saat digelarnya debut showcase I.O.I dulu.
KAMU SEDANG MEMBACA
BIODATA IOI
Random230818 #26 in kangmina 190918 #76 in kyulkyung 200918#20 in kangmina