Empat Jumlah Ringkasan Dari Beberapa Hadits

37 3 0
                                    

Diriwayatkan oleh Abdullah bin mubarak Rodiyallahu 'Anhu :
ان رجلا حكيما جمع الاحاديث فاختار منها اربعين الفا ثم اختار منها اربعة الاف ثم اختار منها اربع ماءة ثم اختار منها اربعين ثم اختار منها اربع كلمات

"Sesungguhnya seorang lelaki yg ahli hukum mengumpulkan beberapa hadits dan dia memilih 40 ribu hadits (Hadits Muntaqoh) dari semua hadits yg dikumpulkan,lalu dia kembali memilih dari 40 ribu hadits itu menjadi 4 ribu hadits (Hadits Mushofah),lalu dia kembali memilih dari 4 ribu hadits itu menjadi 400 hadits (Hadits Mustakhorojah),lalu dia kembali memilih dari 400 hadits itu menjadi 40 hadits (Hadits Mubjalan),lalu dia kembali memilih dari 40 hadits itu menjadi 4 kalimat (empat jumlah dari berbagai macam hadits mustakholisoh)"

Diantaranya itu adalah :

احداهن لا تثقن بامراة علی كل حال
"Pertama janganlah engkau merasa tenang atas apa segala hal yg dikerjakan/dilakukan oleh wanita (istri) engkau"

jangan merasa tenang dan cuek terhadap istri,apa yg dia lakukan,apa yg dia jalankan,kemana dia melangkah.
Malah seorang suami harus merasa cemburu/curiga kepada siapa dia berteman atau bergaul

والثانية لا تغترن بالمال علی كل حال
"Kedua janganlah kau tertipu oleh harta dalam setiap hal"

Jangan berperasangka jika karna harta,manusia akan bahagia dan jauh dari kesusahan karna harta bukanlah segalanya.

والثالثة لا تحمل معدتك ما لا تطيقه
"Ketiga jangan kau membawa perutmu atas apa yg tidak kamu mampu"

Maksud dari lafadz ini yaitu,jangan sampai kita mengisi perut kita dengan makanan yg berlebihan jika kita tidak kuat akan itu,karna Nabi Muhammad SAW bersabda
اصل كل داء البردة
"Asal setiap penyakit adalah dingin (HR.Daruqutni dari Anas dan Ibnu Sinni,Abu Nu'aim diriwayatkan dari Sayyidina Ali bin Abi Tholib dari Ibnu Sa'id dari Fatimah Az Zahro)"

Asal dari setiap penyakit adalah sesuatu yg bersangkutan dengan Tata cara makan yg terus menerus seperti memasukan makanan demi makanan tanpa berhenti terlebih dahulu begitu juga makan yg langsung disusul minum padahal makanan belum sepenuhnya hancur dalam kunyahan atau minum ditengah tengah makan sebelum suapan pertama hancur dicerna oleh perut.

والرابعة لا تجمع من العلم ما لا ينفعك
"Ke-empat jangan mencampur ilmu dengan sesuatu yg sama sekali tidak mempunyai manfaat"

Tetap istiqomah saat menuntut ilmu,berhijrah,taat dan lainnya.

شكرا جزيلا علی جميع اهتمامكم ان وجدتم خطاء مني ارجو منكم العفوا

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Jun 29, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Butiran Dakwah IslamiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang