Cinta Rasa Durian

38 11 3
                                    

Cerita ini tu alurnya maksa banget. Requesan anak persma. Maklum, ini cerita pertama yang dibikin karna request-an dari orang lain.  Maaf Gaje. Just Enjoy It !!!
***

Dasa bukan tukang ojek, bukan abang gojek, apalagi driver yang tugasnya antar jemput anak kuliahan. Profesi Dasa bukan salah satunya, tapi kenapa ia berasa bener-bener jadi salah satunya cuma gara-gara Naina? Naina, gadis cantik yang punya lesung pipi di kedua pipinya. Gadis cantik yang tiga bulan belakangan ini menyematkan title pacar untuknya.
Dulu, waktu mereka masih dalam masa pdkt, Naina bakal jual mahal buat dianterin Dasa. Pas udah jadian sebulan-dua bulan, Naina masih sedikit-sedikit jual mahal kalau Dasa mau nganterin dia pulang. Lah sekarang, masuk bulan ketiga, Naina malah yang sering marah kalo ngak dijemput ato diantar pulang. Dasa sama sekali ngak masalah kalo rumah Naina dua atau tiga kilo dari kampus. Masalahnya sekarang, rumah Naina itu jauh banget, duabelas kilo dari kampus mereka. DUA BELAS KILO! Bayangin deh, udah jauh, pas udah mau nyampe Dasa mesti lewat jalan setapak yang dikanan kirinya ada kebun bamboo. Orang iseng mana sih yang mau-maunya berkebun bamboo diperkotaan gini? Duh Dasa makin pusing kalau gini, rumah Naina masuk kota ngak sih? Atau itu udah di pinggiran kota yang masuk ke kabupaten tetangga?
Dasa sebenarnya ngak masalah kalo musti nganter jemput Naina dengan jarak dua belas kilo itu, tapi ada masalah lain yang lebih ruwet dari jarak pemisah rumah Naina dengan kampus mereka. Bayangin aja, Dasa yang notabenenya anak kuliahan yang tinggalnya ngekos dan tinggal diperantauan dengan uang bulanan yang pas-pasan, harus ngeluarin uang lebih buat beli bensin. Sejak pacaran sama Naina, Dasa mesti keluar uang bensin dua kali lipat dari biasanya. Belum lagi kalo harus bayarin Naina makan. Emang sih Naina ngak minta dibayarin. Tapi ya Dasa tau diri aja sebagai cowok dia harus bayarin. Dasa rasa itu menyangkut harga diri.
Emang cinta butuh pengorbanan, tapi kalo masa depan Dasa bakalan terancam gara-gara kekurangan uang buat fotocopyan makalah, kan masalahnya beda.
“Ya udah, lu putusin aja kalo gitu.” Itu saran dari Rahman –teman satu kelas sekaligus satu kos-kosannya Dasa- waktu Dasa cerita tentang hubunganya dengan Naina.
“Ngak usah anterin aja kalo gitu.” Ini saran dari Anto, masih temen satu kelas Dasa.
Hampir semua orang yang tau dengan cerita Dasa, bakal nyaranin hal-hal yang sama kayak Anto ataupun Rahman. Masalahnya adalah, Dasa cinta sama Naina. Kalo enggak, dulu ngak mungkin Dasa ngajakin Naina pacaran.
Dasa binggung harus apa.
***
Naina lagi banyak durian. Eh, maksudnya kebun ayah Naina duriannya lagi berbuah. Banyak, lagi musim durian soalnya. Dasa jadi beruntung, ikut kebagian sama durian-durian gratis dari kebun ayah Naina. Ini sudah dua minggu lebih sejak Dasa selalu dapat durian gratis dari Naina. Kalo nganterin Naina pulang, biasanya Dasa bakalan makan durian dulu disana. Atau enggak, dia bakal dioleh-olehin sama Ayah atau Ibunya Naina satu buah durian yang gedenya astagah. Kadang malah dua atau tiga, sengaja dilebihin buat temen-temen kosan Dasa yang lain. Tapi itu semua sama sekali ngak membantu Dasa dari masalah lamanya. Dapet durian sih dapet durian, tapi uang bensin Dasa juga menguar enak seperti bau durian.
“Saran gue, lu tetep pacaran aja dulu sama dia sampai musim durin abis.” Itu Rahman, hantu durian yang sering kebagian durian kalo Dasa habis dari rumah Naina.
Dasa heran, Rahman yang biasanya lebih mirip pak ustad yang sering ngasih ceramah ngak jelas tiba-tiba aja ngikut jalan setan buat manfaatin Naina.
“Dasar ya lu. Manfaatin orang aja bisanya.” Uky, teman satu kos-kosan- yang sepemikiran dengan Dasa langsung angkat bicara.
“Elunya sih Das, dari kapan ngomong ngak kuat, tapi ngak mutus-mutusin juga.” Uky masih berbicara.
“Kalo saran gue, ya udah lu ngomong aja baik-baik sama Naina. Kalo emang dia serius sama elu, ngak sekedar manfaatin lu jadi tukang ojek, dia bakalan ngerti kok. Minimal dia bakalan beliin lu bensin kalo dia minta lu jemput.” Masih Uky, mengeluarkan nasihat yang ia rasa paling jitu untuk Dasa.
“Harga diri gue lah Ky. Masa dibeliin bensin sama cewek.” Dasa masih kekeuh soal harga diri.
“Ya elah. Harga diri apa harga bensin tu yang penting sekarang?” Uky bisa-bisa aja ngomongnya.
***
Dasa putus. Akhirnya Dasa lebih pilih putus dari pada harus bilang apa yang terjadi sebenarnya pada Naina. Bilang kalo dia sekarat karna Naina itu bukan pilihan  yang tepat. Jadilah gini, harga diri lebih dijunjung tinggi. Teori yang bilang kalo sesuatu ngak akan diketahui hasilnya kalo ngak dicoba adalah teori bulshit nomor satu bagi Dasa. Gimana kalo habis dia nyoba blak-blakkan bilang kere, Naina langsung minta putus? Ngak enakkan? Mending mutusin duluan dari pada diputusin duluan. Jatuhnya harga diri Dasa lagi nanti yang bakal tersinggung. Kalo jodoh, Naina bakalan kembali lagi ke Dasa nantinya, teori bulshit nomor dua yang Dasa yakin setengah hatinya percaya. Itu juga kalo Naina ngak sakit hati sama Dasa karna diputusin gitu aja.
Dasa kangen Naina. Ini udah minggu kedua dia mutusin Naina. Dasa musti gimana? Sebelum dia bisa jadi orang bener dengan hidupnya, dan ngak bikin saku-sakunya melarat karna harus antar jemput Naina ataupun bayarin segala sesuatunya buat Naina, lebih baik seperti ini dulu.
***
Naina kangen Dasa. Ini minggu kedua mereka putus, atau lebih tepatnya Dasa mutusin Naina. Naina masih ngak ngerti kenapa Dasa mutusin dia. Salah apa coba? Dasa ngak terlalu ngasih penjelasan. Atau Dasa mulai suka sama perempuan lain? Naina ngak tau, mau cari tahupun Naina gengsi nanya-nanya soal Dasa kesiapapun. Nanti malah Naina dibilang masih ngarepin Dasa lagi, walaupun sebenarnya masih.
Naina lagi di rooftop perpusatakaan bareng Jula, temen satu kelasnya. Mereka lagi nyari inspirasi buat tugas literature yang bagi Naina susahnya minta ampun. Bikin puisi nasionalisme. Buat Jula yang cinta banget sama satra sih oke-oke aja, lah buat Naina? Gara-gara lagi galau, Naina sama sekali ngak bisa mikir hal-hal yang berbau patriotisme ataupun nasionalisme. Yang sekarang bisa Naina pikirin itu cuma soal patah hati. Galau tingkat tinggi. Buk dosennya aja yang ngak ngerti.
Naina harus bikin apa? Naina bingung, tambah bingung pas dengar suara Rahman, temennya Dasa. Naina cuma bisa denger suaranya aja, tanpa bisa liat mukanya. Soalnya Naina lagi ada di rooftop yang bersisian dengan tempatnya Rahman. Kehalang atap tinggi yang lebih tinggi dari Naina.
“Dulukan gue bilang, mutusinnya pas musim durian udah kelar aja.” Naina ngak tau Rahman lagi ngomong kesiapa.
“Ya elah jurik. Temen lagi galau juga, omongan bener dikit dong.” Naina ngak tau kali ini suara siapa. Ia hanya mendengarkan dengan seksama begitu juga dengan Jula. Malahan Jula menghentikan aktifitas menulisnya.
“Ya, guekan kangen duriannya Naina.” Naina tersentak. Jula juga. Itu orang-orang pada ngomongin Naina maksudnya apa coba? Ngak berperasaan benget, bikin Naina jadi sedih. Masa duriannya ada yang ngangenin, eh dianya enggak ada. Itu yang mau mutusin pas musim durian juga siapa? Dasa?
“Udah deh Man, sebelum Dasa ngamuk lo diam mendingan.” Kali ini suara Anto, temen satu kelas Dasa yang Naina kenal. Tadi Anto nyebut-nyebut Dasa, berarti ada Dasa juga dong disitu?  Tapi kok dari tadi Naina ngak denger suara Dasa?
“Rahman ngak usah didengerin Das.” Itu suara yang tadi Naina ngak tau siapa.
“Sekarang lu ikutin saran gue. Buang tu ego. Lebih baik mana? Ngomong apa adanya ke Naina ato terus-terusan galau kayak gini. Akhir-akhirnya kuliah lu berantakan jugakan? Lebih parah mana daripada dulu waktu elu masih bareng Naina? Seenggaknya masih ada satu yang ngak berantakan, hati lu.” Naina heran, Dasa galau karna dia? Lha, kenapa dulu mutusin coba?
“Diem deh lu.” Naina tercekat, Dasa memang benar-benar ada disana juga. Ditempat yang sama dengan dirinya.
“Ngak bisa donk Das. Elu gini terus-terusan bikin gue pusing juga. Yang mutusinkan elu, eh yang galau juga elu. Bingung gue, gue suruh jujur lu malah mentingin harga diri. Disuruh coba ngomong apa adanya malah gengsi.” Maksudnya apa? Dasa musti jujur soal apa? Itu orang yang suaranya ngak sama sekali Naina tahu ngomongnya kok ngak lengkap-lengkap sih? Nainakan jadi pensaran.
“Iya, bilang aja yang yang sebenarnya. Elu ngak bisa buat antar jemput setiap hari. Terus terang kalo uang bensin lu ngak cukup kalo mesti jadi tukang ojek terus-terusan. Gue yakin dia ngerti kok sama kondisi anak kos-kosan macam kita.” Itu Anto lagi, suaranya berat bersemangat.
Naina terdiam, ia mulai mendapat titik terang dari apa yang Anto katakan. Dasa merasa jadi tukang ojek selam pacaran sama Naina. Padahal Naina ngak pernah bermaksud buat gituin Dasa. Naina cuma pengen lebih sering deketan aja sama Dasa. Makanya sering minta antar atau jemput. Naina ngak tahu kalo uang Dasa ngak cukup buat beli bensin. Dasa juga sih, kalo Naina mau bayarin bensinnya, dia malah menolak.
“Jadi Dasa mutusin Naina gara-gara ngak mau jadi tukang ojek atau ngak punya uang buat bensin?” Itu suara Jula. Tau-tau aja Jula udah muterin atap yang tadi menghalangi mereka menuju tempat Dasa sama temen-temennya. Naina musti apa? Dia ngak siap ketemu Dasa sekarang.
***
Naina lagi di gang menuju kos-kosannya Dasa. Lagi bawa durian yang gedenya minta ampun. Tadi Naina minta dianterin ayahnya kesini. Cukup sampai sini aja, biar nanti Dasa yang nyamperin. Setelah kejadian tempo hari yang Jula tiba-tiba aja nyemperin Dasa sama temen-temennya, Naina jadi tahu gimana perasaan Dasa dan semua masalahnya. Naina merasa bersalah banget sampai ngak sadar dia nangis gitu aja. Untung Jula ngak bilang kalo lagi bareng Naina. Jula cuma bilang dia lagi ngerjain tugas dan keganggu karna obrolan mereka yang berisik.
Dasa, Nai lagi di ujung gang kos-kosan Dasa. Kesini ya. Nai mau ngomong penting. Sent! Itu pesan singkat pertama yang Naina kirim buat Dasa setelah mereka putus. Hari ini, Naina mau nyeslesain semuanya. Mau minta maaf dan bilang kalo dia kangen Dasa. Kangen banget.
Dasa datang tidak sampai lima menit setelahnya, setalah pesan singkat Naina ia balas tiga puluh detik setelahnya.
“Nai.” Suara Dasa terengah.
Naina menatap Dasa yang sedikit berantakan.
“Dasa berantakan banget.” Itu respon Naina setelah Dasa menyapanya.
“Eh?” Dasa bingung sendiri karna pernyataan Naina. Waktu tadi ia mendapat pesan singkat Naina yang bilang dia lagi di ujung gang kos-kosan, Dasa langsung bales “beneran?” dan lari gitu aja buat mastiin Naina bener-bener disana atau enggak.
“Ngak nyangka aja Nai beneran disini. Kirain Dasa cuma sms iseng.”
Naina mengangguk paham. Biarpun Dasa berantakan, dia tetep keren dimata Naina.
“Ini. Buat Dasa.” Naina menyodorkan satu buah durian yang tadi dibawanya.
Dasa makin bingung Naina tiba-tiba ngasih durian untuknya. Sms Naina yang datang tadi aja udah bikin hatinya ngak jelas. Apalagi sekarang, Naina tiba-tiba ngasih durian. Buat apa? Naina kemarin-kemarinkan lagi marah karna diputusin gitu aja.
“Nai, kenapa ya?”
Naina gugup ditanya seperti itu oleh Dasa. Deg-degan karna bingung harus mulai ngomong dari mana.
“Itu buat Dasa. Buat…” Nai berhenti sejenak menarik nafasnya dalam.
“Buat bilang kalo Nai kangen Dasa. Kangen banget.” Naina menunduk malu setelah kata-katanya ia lontarkan. Kedua tanganya ia tautkan didepan. Tidak berani menatap wajah Dasa yang kini sirat dengan keterkejutan. Dasa ngak nyangka Naina bakal gomong kangen dan ngasih durian.
“Nai.” Dasa berujar pelan. Dasa ingin bilang kalo ia juga kangen Naina, tapi Naina udah nyerobot ucapannya gitu aja.
“Nai mau minta maaf ke Dasa. Maaf karna udah bikin Dasa kayak tukang ojek. Nai ngak pernah maksud buat bikin Dasa berasa jadi abang gojek. Beneran. Nai juga minta maaf karna udah bikin  Dasa ngeluarin uang lebih buat bensin. Nai ngak tau. Nai cuma pengen…”
“Nai.” Dasa membawa tangan kanan Nai dalam genggamannya. Membuat Naina yang tadi menunduk mengangkat kepalanya menatap Dasa. Membuat Naina yang tadi berucap tanpa henti tiba-tiba saja kehilangan kata karna genggaman tangan Dasa yang tiba-tiba.
“Dasa yang harusnya minta maaf karna udah mutusin Nai gitu aja.” Dasa menatap manik mata Naina lembut. Ada penyesalan dalam sorot matanya. Seharusnya ia mengikuti kata-kata Uky dari dulu. Seharusnya ia mencoba berbicara yang sebenarnya pada Naina. Seharusnya ia tahu Nainanya akan menerimanya apa adanya. Seharusnya ia tidak pernah ragu pada perasaan Nainanya. Seharusnya ia tidak boleh terlalu egois soal harga dirinya. Seharusnya, dan sekian banyak seharusnya yang kini ia sesalkan.
“Seharusnya Dasa ngak ragu sama Nai. Seharusnya…”
“Seharusnya Dasa ngomong yang sebenarnya sama Nai.” Naina memotong. Ia yakin, akan lebih banyak kata seharusnya yang akan Dasa ucapkan. 
“Seharusnya Dasa ngak ngerusak diri Dasa gara-gara galau ngak jelas karna ngak bilang kangen sama Nai. Seharusnya Dasa cinta sama Nai kayak durian.” Nai terkekeh. Ia balas menatap Dasa lebih lembut dengan sorot mata menyejukkan.
“Kok kayak durian?” Dasa memandang durian yang ia pegang pada tangan yang tak sedang menggenggam tangan Naina.
“Iya. Seharusnya kayak durian. Meskipun berduri diluar, tapi enak didalam. Meskipun sulit buat pacaran sama Nai, buat nganter-jemput Nai, seharusnya kita harus jujur satu sama lain biar hubungan kita lancar. Ngak kayak sekarang. Seharusnya ngak ada tipu-tipu kayak sebelumnya. Biar hubungan kita ngak sia-sia. Kayak duriankan? Walopun baunya ngak enak, tapi rasanya menipu bau. Walopun sulit, tapi tetep bahagia kitanya.” Naina berceloteh ringan. Entah darimana kata-kata tentang durian muncul dikepalanya.
“Kok analoginya aneh bener Nai?” Dasa menatapnya dalam lipatan kening yang mulai membayang.
“Heh, tiba-tiba aja kepikiran.”
“Tapi kok kesannya maksa banget ya?” Lipatan kening Dasa makin terlihat jelas.
“Ngak tau deh.” Naina tergelak. Dasa ikut tersenyum menatapnya. Menatap Naina yang selalu melekat dalam hatinya.
“Jadi Nai ngajakin Dasa balikan ya?” Naina merona demi apa yang baru saja dikatakan Dasa. Dasa bikin dia malu. Bikin Naina terlihat seperti cewek agresif yang ngak rela diputusin pacar.
“Nai enggak bilang gitu dari tadi.” Naina mengelak. Ia tahu, Dasa hanya menggodanya, tapi demi matahari yang lagi condong kebarat sekarang ini, Naina ngak mungkin bilang iya.
“Tapi tadi Nai bilang kangen ke Dasa.”
“Cuma bilang kangen doang.”
“Sama aja Nai.”
“Enggak sama Dasa.”
“Sama Nai.”
“Enggak Dasa. Lagian Nai ngomong gitu karna Dasa aja yang ngomong duluan kemaren.”
“Kapan?”
“Waktu di rooftop perpusatakaan.”
“Jula bilang ya?” Dasa mendesah. Ia sudah kira kalau Jula pasti bakalan ember sama Naina. Seharusnya ia sadar Naina tahu semuanya dari Jula.
“Ngak.” Naina menggeleng. Ia sama sekali tidak diberi tahu Jula.
“Bohong ni. Kalo ngak dari Jula dari siapa coba? Dari Rahman?” 
“Enggak juga. Naina denger langsung. Kan kemaren Nai ada di rooftop juga bareng Jula. ”
Dasa bersemu. Malu. Meski begitu, hatinya tetap merekah karna ia tahu Naina-nya tidak akan berpaling meski ia tahu apa adanya dirinya.
***
Bukittinggi, Februari 2016

Cinta Rasa DurianTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang