📗Ilmu : Tahap Prapenulisan📗

18 7 1
                                    

Langkah-langkah menulis sangat diperlukan dalam perencanaan kepenulisan.

Ada beberapa tahap dalam menulis, pertama yaitu tahap prapenulisan.

Prapenulisan merupakan tahap perencanaan atau persiapan menulis yang mencakup beberapa langkah kegiatan, yang akan kita kupas adalah poin pertama.

=> Penetapan dan pemilihan topik.

Dalam memilih ataupun menetapkan topik, diperlukan adanya keterampilan, pengetahuan dan kesungguhan.

Topik tulisan adalah masalah atau gagasan imajinasi kita yang hendak disampaikan didalam tulisan.
Masalah atau gagasan itu dapat diperoleh atau digali melalui empat sumber ;

1. Pengalaman :
=> Pepatah menyebutkan, pengalaman adalah guru terbaik. Maka dari itu, pengalaman merupakan unsur penting dalam penetapan topik.

Contoh kegiatan :
*pengalaman memperkaya diri dengan banyak membaca tulisan.
*menyadari semua hal disekitar.
*merenungi kehidupan sehari-hari.

2. Pengamatan :
=> Pengamatan berarti kita mengamati berbagai kejadian yang kita lihat dikehidupan sekitar, tentu unsur ini sangat penting untuk penetapan topik. Amati dan lakukan riset keseluruh tempat disekitarmu, ini sangat penting juga dalam hal menentukan konflik cerita nantinya.

Cara pengamatan :
1. Mencari sumber data, fakta dan bukan opini semata.
2. Mereferensi tulisan terkenal.

3. Imajinasi :
=> Siapa yang tidak memerlukan imajinasi? Bahkan imajinasi merupakan unsur penting dalam mengarang cerita, imajinasi merupakan kunci meluasnya suatu topik dalam cerita, semakin tinggi kita berimajinasi, semakin luas pandangan dan cakupan kita untuk menulis cerita terutama penentuan judul dan topik.

4. Pendapat dan keyakinan :
=> Banyak-banyak bertanya kepada orang yang banyak mengetahui tentang kepenulisan, dan minta pendapat kepada mereka tentang topik yang telah kamu tentukan. Ini sangat dianjurkan.

Selain itu, sebagai seorang calon penulis, meyakini kemampuan diri itu sangat penting, jangan sampai kita tidak semangat hanya karena kehilangan ide. Ingat, ide muncul karena imajinasi kita. Kalau kita malas berimajinasi, bagaimana ide akan muncul?

Nah, diatas adalah 4 sumber penting dalam penentuan topik, kita beralih ke hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih topik.

1. Topik itu bermanfaat, dan layak untuk dibahas.
=> Topik itu mustinya memiliki unsur edukasi dan exciting kepada pembaca, edukasi yang dimaksud tidak boleh berlebihan atau kekurangan. Semua itu tergantung jenis tulisan apa yang ingin kita tulis.

2. Topik itu harus lah menarik.
=> Ini sangat penting, semakin unik topik kita, semakin liar imajinasi kita untuk merangkai ide. Ini memerlukan pengamatan serta riset yang sempurna.

3. Topik dikenal baik oleh penulis.
=> Topik yang ditetapkan, haruslah kamu kuasai. Bagi penulis pemula, jangan memilih topik terlalu luas ataupun terlalu sempit. Jangan terlalu baru, terlalu lawas, ataupun terlalu kontroversial.

Karena topik baru biasanya dapat menjebak karena contoh untuk mereferensi belum ada diperpustakaan manapun.

Topik yang terlalu teknis dapat menjebak apabila tidak benar-benar dikuasai. Dan topik kontroversial akan menimbulkan kesulitan untuk bertindak secara objektif.

4. Bahan yang diperlukan dapat diperoleh atau memadai.
=> usahakan bahan untuk mereferensi bagi penulis pemula adalah novel-novel ringan, serta kehidupan sekitar.

Begitulah materi awal dalam memulai menulis, bagian dari langkah-langkah menulis, yaitu tahap prapenulisan. Jika pembaca ada yang ingin bertanya, silakan bertanya dikolom komentar :)

Terimakasih, salam Admin materi ini,

sunset_shymer

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 05, 2018 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

NPA : Ilmu & Materi Sederhana KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang