Kenali aku, sebagai ketidakbaikan yang membuatmu baik. Pun kenali aku sebagai kebaikan yang membuat dirimu jauh lebih baik. Hidup adalah soal baik dan buruk, benar dan salah, temu dan pisah, kemudian hidup dan mati. Aku adalah sebagian kecil kisah yang takkan lama ada di hari-harimu. Setelah selesai kau baca tentangku, kau harus menyimpanku dalam ingatan, lalu membersamainya dengan apa yang ingin kau lakukan di masa depan. Baik dan buruk yang kau dapat, wajib kau renungkan. Perenungan biasanya tidaklah mudah, ia memerlukan kinerja otak lebih. Namun apa yang membuatnya menarik? Setelahnya kau tahu, setelahnya kau akan sadar, bahwa segala hal perlu perencanaan sekaligus pertimbangan.Segala tindakan dalam hidup adalah cara menilai diri kita sendiri. Kita melakukan hal yang baik-baik saja, atau ingin juga melakukan hal buruk untuk mewarnainya. Sah-sah saja bukan? Namun yang menjadi catatan penting adalah setelahnya, setelah melakukan itu semua apa yang akan kita lakukan? Hitam dan putih memang berlawanan. Namun ia menjadi pasangan dalam pemaknaan soal hidup. Ia juga menggambarkan bagaimana aku dalam kisahku sendiri. Berakhir hitam atau putih kau sendiri yang memaknai. Biarkan dirimu ikut andil, biarkan dirimu yang mencerna, mana yang bisa kamu ambil baiknya, dan mana yang bisa kamu ambil buruknya.
Hitam putih itu adalah warna; warna hidupmu, juga hidupku. Dan jika ingin menelik warnaku, tetaplah berada di antara kata-kata yang menjelaskan semuanya. Rasai diriku hadir di sebelahmu, sedang mendongengkan tentunya. Oh, ini bukan dongeng menjelang tidur, ini hanya dongeng-dongengan yang membuatmu terjaga; terjaga dari tidur, dan terjaga dari mimpi yang memesona untuk melihat kehidupan yang sebenar-benarnya nyata.
Mari kita menyelami dongeng ini lebih jauh, dan lebih dalam.
YOU ARE READING
Hitam Putih
Short StoryIa adalah sepasang pendamping hidup, hitam dan putih, baik dan buruk.