Manfaat Satu Kalimat

27 0 0
                                    

SSStttt... mimin mau berbagi Rahasia Mendapatkan Inspirasi Untuk Menulis Novel.

pasti tidak sedikit para penulis fiksi yang kebingungan ketika mencari inspirasi untuk memulai ceritanya yang nyatanya inspirasi tidak akan pernah datang. Kita sendirilah yang harus memunculkannya. ya kan?

Oke langsung saja ya,

Perhatikan kalimat mimin berikut:

"Luangkanlah waktu satu atau dua jam untuk menulis ringkasan cerita dalam satu kalimat saja!"

Ingat ya, hanya satu kalimat saja!

Apa pun kalimat yang muncul, segera tuliskan.

contohnya,

"Sakitnya menjaga jodoh orang lain."

Nantinya, kita akan mulai merunut alur cerita dan tokoh utama berdasarkan kalimat di atas. Seperti, tokoh utama akan memiliki karakter yang sabar, dan mungkin penuh pengorbanan. Lalu konflik utama dalam cerita tersebut kemungkinan akan berupa lika-liku perjuangan yang berujung dengan tidak sesuai bayangan si tokoh utama. Ending ceritanya, sad ending atau justru happy ending.

***

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat ringkasan satu kalimat adalah:

-Lebih pendek akan lebih baik. usahakan jangan lebih dari 10 kata

-Jangan mencantumkan nama. Jadi tidak tebatas pada satu nama saja. contohnya "Pengorbanan seorang gadis" lebih baik daripada "pengorbanan yanti"

-Kombinasikan konflik utama cerita dan tokoh utama dalam satu kalimat ringkasan tersebut. Tuliskan bagaimana dia menghadapinya.

-Perbanyaklah membaca sinopsis pada sampul belakang sebuah novel. Atau quote (kutipan) pendek penuh makna yang berceceran di internet maupun isi buku.

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Sep 12, 2018 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Tips-Tips MenulisWhere stories live. Discover now