Pagi Hari, Pukul 4 alarm hp seseorang berbunyi, dan itu sangat mengganggu. Kami banyak yang terbangun dan kami tidak tahu alarm itu milik siapa. Kami risih mendengar suarany. Alarm itu menyala hingga jam 5 dan akhirnya semua terbangun. Ternyata alarm itu milik salah seorang teman kami dan sekelas dengan aku juga. Ya, hal ini sangat menganggu.
Pagi Hari, Pukul 5 kami mulai bersiap-siap untuk upacara penutupan. Aku pergi kembali ke tempat mandi bersama teman-temanku. Pada pagi hari itu kami juga keliling-keliling komplek rindam, pengalaman yang sangat menyenangkan. Embun pagi yang sejuk, dan suasana yang masih sunyi hingga jam setengah 6 pagi. Suasana yang sangat menenangkan. Setelah dari itu, aku kembali ke barak dan menyiapkan pakaian beserta atribut pramuka.
Pukul 6 kami diarahkan untuk pergi menuju ruang makan untuk sarapan pagi. Kami diberi waktu 20 menit untuk makan. Setelah makan kami diberi waktu untuk berkemas barang hingga jam 8. Kami mengemas barang kami masing-masing agar tidak ada yang tercecer karena hari ini adalah hari terakhir.
Pukul 8 pagi, kami diarahkan menuju lapangan upacara untuk melakukan kegiatan upacara penutupan. Ya seperti sebelumnya yang mengikuti upacara penutupan hanya tim 90 dan semua putri. Sedihnya, tim 25 disuruh bersembunyi dibalik Dinding agar tidak terlihat oleh tamu-tamu upacara. Hal ini yang membuat kami bersedih tetapi kami tetap patuh aturan. Pada waktu ini juga aku mulai tidak enak badan karena ada bau yang tidak enak dari arah asrama tentara. Hal ini membuat aku tidak nyaman dan mencari tempat lebih nyaman.
Pukul 9 Upacara selesai dan kami disini adalah sesi foto bersama. Kami berfoto satu angkatan dan berfoto dengan teman-teman sekelas. Karena hari Ini terakhir kami banyak mengabadikan momen. Disini aku juga banyak berfoto dan menjadi tukang foto teman-teman hahaha.
Setelah sesi foto kami disuruh kembali ke barak untuk bersiap-siap karena sebentar lagi bis akan tiba. Kami juga berkemas seperti handuk yang awalnya basah sekarang sudah lumayan kering. Kami juga disuruh untuk mengemasi ruangan yang masih kotor.
Jam 11 bis pun datang, kami berkumpul di lapangan belakang barak putra untuk berbaris masuk kedalam bis. Pada saat ini kami berkumpul bersama teman-teman sekelas dan pada waktu ini aku mulai merasa tidak enak badan dan rasanya mual. Tetapi aku berusaha optimis agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Aku mengemasi barang dan mulai masuk bis.
Dalam perjalanan pulang ke Pontianak, aku merasa mual dan aku meminum antimo agar tertidur, dan aku tertidur dari singkawang hingga ke sungai pinyuh. Kami berhenti sejenak di daerah jungkat karena supir ingin mengganti kaca jendela. Di situ aku sudah merasa fresh.
1 jam kemudian kami sampai di kota Pontianak. Saat perjalanan, ada hal yang lucu terjadi. Ada seorang teman aku sedang tertidur dan di sebelahnya ada seorang putri. Putri tersebut meminta agar dirinya diturunkan di simpang tanjung hulu, karena rumahnya didekat situ. Setibanya di sekolah dia mencari dimana teman nya, dan itu membuat kami tertawa.
Sesampainya di sekolah, kami menurunkan barang-barang dari bis dan aku bersama 2 orang teman ku jalan kaki menuju rumah ku. Datang dengan muka kelelahan dan kami sangat tidak bisa melupakan banyak sekali momen yang terjadi.
Andai momen ini bisa terulang lagi....
YOU ARE READING
Bela Negara Jaya
Truyện NgắnCerita ini adalah pengalamanku saat kelas 10. Bela Negara adalah program Pramuka Wajib dari sekolah untuk siswa/siswi kelas 10. Tujuannya adalah membentuk karakter yang cinta tanah air dan melatih solidaritas antar teman-teman. Kegiatan ini dilaksan...