What is friend?

91 4 3
                                    

Apa kalian merasa, kalau masalah anak sekolah, ya gitu-gitu aja?

Bermasalah sama guru, bosan sama pelajaran, bete sama tugas, teler karena ulangan, dan lain lain. Itu masalah akademis.

Tapi dari pada itu, ada yang lebih klise, tapi berasa enggak komplit kalo enggak ada : kesel sama teman, berantem sama sahabat, ngamuk sama hater, stres karena dibuli, dan lain-lain.

Seakan daur hidup ini wajib dialami setiap orang.

Apa lagi yang satu ini. Pertanyaan paling klise, yang ditemukan di mana-mana. Mungkin di setiap otak manusia, karena setiap individu mungkin pernah bingung tentang ini. Tentang 'teman itu apa sih?'

Sebenarnya enggak perlu pusing untuk mencari tahu apa artinya. Beneran, simple kok.

Coba deh obrak-abrik tumpukan atau rak buku kamu, cari buku berjudul Kamus Besar Bahasa Indonesia, di sana ada kok artinya. Atau buat yang enggak ada, ke toko buku gih. Mager? Instal aja di hape. Udah ada? Ya udah buka!

Menurut KBBI teman adalah ..., lihat sendiri ya.

Gimana? Enggak puas? Iya sama. Bukan itu yang dicari, melainkan 'makna teman itu apa sih?'

"Simpel, teman itu mereka yang kamu lihat setiap hari, yang nemenin hari-hari kamu. Mereka yang buat hari kamu berwarna." Itu kata Hanan. Setuju? Lihat yang lain dulu deh.

"Hm? Teman? Sesuatu yang mau menerima kamu. Iya, sesuatu. Karena enggak cuma orang. Soalnya aku punya teman non-orang." Maza tersenyum misterius. Ada-ada saja memang kelakuannya. Jadi merinding, jangan-jangan ...

"Teman ya?"

"Iya, Eno." Mata Hanan langsung membulat dan menajam mendengarnya."Eh, maksudnya Nola hehe."

"Teman itu tempat berbagi. Kayak kata Hanan, berbagi warna. Teman itu menemani dalam artian mengisi kesepian. Teman itu memberi yang enggak kita miliki. Teman itu ..." Jawaban Nola terpotong. Dia melirik Hanan yang menepuk-nepuk keras bahunya.

Maza menunjuk sesuatu, wanita muda bermata empat. Pemilik tatapan datar mengintimidasi, Ibu Jea.

"Uh, apa lagi ya? Lupa. Lain kali aja ya."

Lalu, tiga makhluk itu langsung berlari. Kebut-kebutan, berlomba masuk ke kelas. Bisa jadi masalah besar kalau mereka kalah dari Ibu Jea.

Yah, jadi begitu menurut mereka. Ini baru awal, pendapat bisa berubah kapan saja.

Kalau menurut kalian? What is friend?

Friendship SchoolTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang