Entah apa dibenak ku,setiap hari aku selalu disuguhi pertanyaan - pertanyaan yang melintasi pikiranku.Berbagai macam pertanyaan itu yang hampir hampir tak mampu ku jawab,entah hanya ku jawab dengan senyuman kecil yang muncul tiba-tiba.Semenjak umur 20 semakin banyak pertanyaan yang kusuguhi kepada diriku,seakan akan menyeruak untuk dijawab,sangat mendesak padahal tidak.Pertanyaan tentang cara memandang dunia,apalagi manusia.Manusia mahluk kompleks yang tidak bisa diprediksi jalan fikirannya termasuk aku sendiri.Memang aneh,pandangan ku terhadap dunia sekarang seakan berubah semenjak umur 20.Kesulitan yang kuhadapi,rintangan-rintangan yang baru saja kulewati yang hampir tidak pernah kubayangkan sebelumnnya.Entah itu dapat diartikan cinta kepada sesorang yang jauh dari kata dekat sebelumnya hingga kini sangat dekat hingga diucapkan lewat doa.Bukan cuman doa,tulisan dan harapan harapan yang kutunjukkan bukan untuk diriku tapi dirinya.Memamng terlihat klise.Pemikiran ku memang tak semudah tampilan luar ku.Entah apa yang ku ikut peran kan sekarang,hati atau kah otak?sama sekali sulit untuk dibedakan.Selalu menyudahi masalah dengan cara menerima.Semenjak umur 20 kegelisahan terus datang.Yang tak pernah terpikir kan diumur belasan.Tawa candaku berkurang,atau mungkin memang cukup.Begitu pula pandangan terhadap sesama manusia,dengan berbagai macam entah berbagai macam "topeng" yang dikenakannya.Membuat diriku mati rasa.Terkadang bingung merespon perkacakapn yang menurut ku "stupid".Apakah kesannya aku menyombongkan diriku dengan bersikpa dingin atau tak acuh kepada orang yang menurutku hampir tidak memberikan pengaruh baik,hanya bisa membicarakan gosip hangat tentang tragedi yang baru saja terjadi dan itu pun sungguh tidak penting.Salahkah membatasi diri untuk orang seperti itu?.Tentang sikap yang ditunjukkannya,dengan arogannya dia seakan selalu benar dan tahu akan segala hal,atau hanya memang aku yang kerap berburuk sangka tentang apa yang hanya kulihat diluar atau hanya hatiku yang kerap masih kotor dibubuhi egois,keras dan juga watak arogan yang tak ketinggalan ku miliki?
Manusia dan segala kecuringaannya,
dan malam ini aku resah.