Judul : Di manakah Ketenangan Berada ?
Penulis : Elsa ( imaaphrodite )Menurut pendapat saya, kelebihan karya cerpen ini memiliki bahasa yang ringan sehingga pembaca bisa dengan mencerna isi dari cerpen tersebut.
Cerpen Di manakah Ketenangan Berada ini mempunyai kekurangan yaitu tidak memiliki alur maju atau mundur sehingga terkesan terlalu cepat. Penulis juga tidak menuliskan bagaimana watak tokoh "Aku" pada karyanya.Namun, untuk latar tempatnya, tokoh Aku dan Ibunya berada di taman. Hal itu dibuktikan oleh kalimat berikut
"Aku mengernyit, memandang sekitar sebelum kembali menatapnya" dan "Ia tertawa keras, menarik perhatian beberapa orang".Tokoh Aku dalam cerpen ini mengalami konflik batin yang mana tokoh Aku kebingungan bagaimana caranya untuk mencari ketenangan atau kedamaian dalam hatinya padahal tokoh Aku memiliki segalanya yaitu rumah mewah, mobil, wanita, emas, dan aset berharga lainnya. Ia bertanya kepada ibunya apakah ia harus berlibur bersama istrinya atau tidak untuk mendapatkan kedamaian.
Tokoh Ibu yang penyabar dan penyayang berusaha membuat anaknya menemukan kedamaiannya melalui hal-hal kecil seperti yang dilakukannya dengan pelukan hangat seorang ibu.Dari keseluruhan cerita yang tidak memiliki alur ini adalah mungkin penulis hanya ingin menyampaikan pesan bahwa kita sebagai manusia harus senantiasa bersyukur dan jangan terlalu larut dalam kemewahan sehingga kita melupakan hal-hal kecil yang dapat membuat kita tidak mendapatkan kedamaian hati.
YOU ARE READING
Kritik Sastra Populer [ Di Manakah Ketenangan Berada? ]
ContoKritik Sastra Populer kategori serius ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah Sastra populer