kak jeno, O1 ;

81 14 5
                                    



setelah semalam dapat chat dari kak jeno yang isinya gak gua ngerti itu, gua gak bisa tidur lagi.

alhasil gua jadi telat bangun dan harus ngebersihin ruang seni sendirian.

untung aja ruang seni gak kotor kotor banget, jadi enak juga bisa ngadem.

sambil nyapu lantai, gua masih mikirin isi chat dari kak jeno.

gak. gua bukan gak ngerti.

gua ngerti maksud isinya.

tapi, maksudnya kak jeno bilang itu, apa?

itu yang gua gak ngerti.

selesai nyapu lantai, gua ngelap ngelap debu yang ada dikerajinan kerajinan diruang seni.

ya kira kira udah bersih, gua duduk istirahat dulu. lagian pelajaran pertama juga matematika, ngapain masuk.

pas lagi ngescroll timeline ig selagi ada wifi sekolah, tiba tiba pintu ruang seni diketok.

“masuk.” kata gua.

pas dibuka ternyata,

“kak jeno?”

“lah, deya?”

“ngapain disini, dek?” tanyanya. “oh kena hukuman telat ya?”

gua ngangguk. itu tau.

gatau kenapa gua jadi canggung sama kak jeno. biasanya juga gua suka canggung, tapi gak secanggung sekarang.

“kakak, telat juga?”

kak jeno ngegeleng. “cabut gua. sumpek dikelas.”

gua cuma membentuk mulut O dan kembali duduk disalah satu sofa.

kak jeno juga udah duduk disofa seberang sana daritadi.

sepi, hening, canggung. itu yang gua rasain. dari yang gua lirik lirik sih kak jeno kayaknya gak canggung.

ya ngapain mesti canggung juga sebenarnya, ya?

btw ini kak jeno gak ada niat ngebahas soal semalam–

“maaf ya semalam gua nelpon lo gatau jam gitu.” akhirnya.

“eh engga kak, kan udah saya bilang gapapa.”

“ya tapi tetap aja gak enak guanya.”

“gapapa kok kak, santai aja.”

kak jeno senyum, kak jeno kalo senyum gak bibirnya doang, matanya juga ikutan senyum.

“gua suka kebangun jam dua gitu.” cerita kak jeno tiba tiba.

“gak tau apa penyebabnya. kata bibi dirumah gua udah dari umur delapan tahun selalu kebangun di jam dua gitu.”

gua diem aja, nyimak. gatau mau respon gimana. biarin kak jeno bercerita.

“sampe umur lima belas tahun, bibi selalu ngedongengin gua.” ceritanya lagi.

“tapi makin besar, gua mana mau di dongengin bibi lagi.” katanya lagi sedikit terkekeh.

gua ikutan ketawa.

“jadinya dari umur lima belas sampe sebulan yang lalu, gua selalu minum obat tidur.”

“sampe sekarang kak?”

kak jeno ngegeleng. “obat tidur banyak efek sampingnya bagi tubuh. gua sering berhalusinasi dulunya. makanya udahan.”

gua ngangguk aja sok ngerti. kak jeno ipa, jelaslah dia tau tentang gituan, gua mana tau.

“jadi sekarang kakak gimana tidurnya?”

“sebulan ini gua gak tidur dari jam dua sampe pagi.” ujarnya. “paling ntar pulang sekolah gua tidur.”

“kelelawar dong kak EH MAAF KAK GAK MAKSUD–”

kak jeno terkekeh lagi, “iya iya. santai aja.”

“jadi semalam, kakak gak tidur juga sampe sekarang?” tanya gua.

tapi mukanya kak jeno segar banget, ga keliatan muka gak tidur.

kak jeno ngeleng.

“untuk pertama kalinya semalam gua tidur tanpa dongeng dari bibi dan tanpa minum obat tidur.”

hah?

“bisa gitu kak?”

jadi bingung sendiri gua. gimana ceritanya?

“gua juga gatau.”

“masih gua selidiki.”

kak jeno senyum lagi, aduh. gua ngangguk ngangguk aja.

gak lama pintu ruang seni terbuka, dan munculah wajah kak sunwoo.

“woi jen. atap yok.” katanya. “eh ada deya. ngapain nih lo bedua beduan?”

“lo cabut ya dek?”

sembarangan.

“apaan sih, kak. enggalah gua telat makanya disini.” kata gua.

“ow gitu.”

“yaudah gua duluan ya, dek.” pamit kak jeno.

“iya kak.”

“duluan dek!” kata kak sunwoo juga.

sisalah gua sendirian diruang seni ini dengan pikiran yang masih berisi makhluk bernama jeno itu.

–––

kak jeno.Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang