NOVEL HAFALAN SHALAT DELISA (TERE LIYE)

2.7K 65 0
                                    

Sinopsis Buku:

Novel ini menggambarkan keluarga kecil yang bahagia. Di sebuah daerah dekat Banda Aceh bernama Lhok Nga, keluarga Abi Usman tinggal dan menjalani kehidupan sehari hari. Abi Usman mempunyai seorang istri cantik nan sholehah. Mereka dikaruniai empat bidadari. Cut Aisyah, yang jahil dan suka menggoda Delisa, Cut Zahra yang pendiam, Cut Fatimah yang gemar membaca buku, serta Delisa, anak kecil yang imut dan menggemaskan yang juga memiliki gaya berfikir yang berbeda dari anak- anak lain seusianya.

Delisa memiliki tujuan yang kuat untuk bisa menghafalkan bacaan sholat. Ia mengiginkan shalat yang sempurna lengkap dengan bacaannya. Selama proses menghafal, Cut Aisyah ditugaskan ummi untuk mengeraskan bacaannya ketika sholat agar Delisa bisa mendengar dan mengikuti.

Delisa menghafal dengan penuh semangat, apalagi ummi berjanji akan memberikan hadiah kalung jika Delisa bisa menyelesaikan hafalan bacaan shalatnya. Delisa makin semangat untuk mendapatkan kalung berliontin huruf D yang akan diberikan umminya. D untuk Delisa. Delisa semangat bukan main menghafalkan kalimat demi kalimat bacaan sholatnya dengan nyaris sempurna.

Tibalah waktu ujian hafalan sholat yang diadakan oleh Ibu Guru Nur di sekolah. Pagi itu ummi mengantar Delisa ke sekolah. Ketika Delisa mendapat giliran, Shalatlah Ia dengan mantap diiringi dengan retaknya lantai laut Aceh. Saat gempa mengguncang Delisa tak bergeming . Ia mencoba berfikir satu seperti apa yang dikatakan oleh guru TPA nya, Ustadz Rahman, lewat sebuah kisah para sahabat Nabi yang melakukan sholat dengan khusu’. Semua berjalan begitu cepat. Delisa yang sedang menikmati keindahan sholatnya hanyut digulung air bah. Dalam kondisi setengah sadar ia masih melafalkan bacaan shalatnya hingga dunia menjadi gelap.

Dalam waktu singkat Lhok Nga sudah porak poranda. Delisa tersangkut di semak-semak selama seminggu. Namun ia masih bisa bernafas sampai parajurit Amerika, Smith, menemukannya dengan luka robek dan lebam di sekujur tubuh. Delisa mendapatkan perawatan namun sayang kaki kanannya harus diamputasi karena sudah bernanah.

Abi Usman yang sudah mendengar berita bencana ini pun tiba di Lhok Nga. Meratapi keluarganya yang sudah berada dipelukan Ilahi usai mendengar informasi dari koh Achan bahwa ketiga anaknya sudah dimakamkan. Hingga suatu waktu Abi Usman melihat selembar kertas bahwa anak bungsunya selamat. Akhirnya mereka berdua bertemu.

Delisa dan Abi Usman menjalani kehidupan yang baru. Namun, Delisa diganggu dengan bayangan hafalan sholatnya yang hilang entah kemana. Delisa terus berjuang. Petunjuk–petunjuk Allah disajikan dalam bebagai versi di cerita ini. Seperti di versi terakhir, ketika Delisa bermimpi bertemu umminya yang menyuruh Delisa menyelesaikan hafalannya. Saat itu Delisa sadar bahwa selama ini yang mempersulit dirinya adalah apa yang dia kerjakan belum sempurna karena Allah. Dan ketika tekadnya sudah untuk Allah semata, Allah pun memudahkanya menghafal bacaan sholat secara lengkap serta memberikan hadiah kalung berliontin D yang tergenggam di jemari mayat ibunya.

Tokoh selain yang disebutkan pada ulasan di atas antara lain; Shofie, Kak Ubai, Tiur, Teuku Umam , Sersan Ahmed, dokter Elisa, dokter Peter dan Ibu Ani. Semua tokoh sangat berperan mengisi keharmonisan cerita ini.

Dalam cerita ini terdapat banyak nilai-nilai islami yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun buku ini sudah diadopsi menjadi film namun percayalah, membaca bukunya jauh lebih berkesan dan menyayat perasaan kita.

NOVEL HAFALAN SHALAT DELISATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang