Sejarah Sastra Indonesia

4 1 0
                                    

🍃 Sastra Indonesia adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara. Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah politik di wilayah tersebut.

Sastra Indonesia sendiri dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah Kepulauan Indonesia. Sering juga secara luas dirujuk kepada sastra yang bahasa akarnya berdasarkan Bahasa Melayu (di mana bahasa Indonesia adalah satu turunannya). Dengan pengertian kedua maka sastra ini dapat juga diartikan sebagai sastra yang dibuat di wilayah Melayu (selain Indonesia, terdapat juga beberapa negara berbahasa Melayu seperti Malaysia dan Brunei), demikian pulabangsa Melayu yang tinggal di Singapura.

🍃 Sejarah Sastra Indonesia

Peradaban manusia tidak dapat lepas dari budaya dan seni. Hal ini dibuktikan atas peninggalan catatan manusia dalam bentuk tulisan. Pada awalnya, tulisan ini hanya dipergunakan dalam ritual keagamaan dan dokumentasi hal-hal penting.

Namun dalam perkembangan lebih lanjut, tulisan juga dijadikan sebuah seni yang memiliki teknik serta gayanya sendiri. Seperti kitab kesusastraan dan seni menulis indah yang disebut kaligrafi.

Di Indonesia budaya tulis-menulis baru dimulai sejak abad Ke IV masehi, ditemukan bukti pertama catatan yang dituliskan pada prasasti Yupa.
[³] Kemampuan manusia membuat catatan tertulis terus berkembang hingga masuknya agama Islam dengan aksara arab, serta aksara latin yang dibawa bangsa Eropa di nusantara.

Perkembangan sastra Indonesia sendiri, baru dimulai sejak periode angkatan Balai Pustaka di tahun 1920. Momen ini dijadikan pula sebagai tonggak awal penulisan sastra modern Indonesia.

Sumber : Google

🌞Sesi Tanya Jawab

List Pertanyaan

1. Deiyura - Sastra Indonesia itu mencakup apa aja si, Ka?

2. Liana-Lia Jenis-jenis sastra yang ada di Indonesia itu yang seperti apa, Kak?

3. Nabila - Melalui sejarah, apakah gambar-gambar di jaman dahulu pula termasuk sastra atau hanya seni saja?

4. Tasya- Pada awal perkembangannya, siapa saja tokoh sastra yang paling berpengaruh/yang menjadi panutan?

Jawaban

1. Untuk pertanyaan nomor satu dan dua jawabannya sama.

Seperti yang kita ketahui sastra dikenal dalam dua bentuk, yaitu fiksi dan nonfiksi. Jenis karya sastra fiksi meliputi prosa, puisi, dan drama. Sedangkan contoh karya sastra nonfiksi adalah biografi, esai, atau artikel.

2. Jawaban nomor 3. Tidak termasuk. Seperti yang saya jelaskan, jenis sastra ada dua yaitu fiksi dan non fiksi sedangkan gambar atau relief yang berupa fisik ini hanya sebagai arsitek atau seni saja dengan maksud tertentu

3. Nomor empat, mungkin saya akan jawab yang saya tau dan yang saya jadikan inspirasi saya seperti Chairil Anwar, w.s Rendra, atau Pramoedya ananta toet karya mereka sangat berpengaruh pada jamannya

Pemateri : Aimer imajimer  (Admin Kepematerian Angkasa Sastra)

Senin, 5 Februari 2019

Angkasa Sastra

Materi Kelas "Magellan"Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang