KUE UNTUK TETANGGA
Pertama baru pindah ke kontrakan ini, gue kan ga punya perabotan sama sekali, sehingga tetangga hanya memandang gue seperapat mata gaes. Malahan ada yang kalo papasan sama gue dia buang muka, beneran. Mukanya ama dia di copot trus dilemparin ke sampahan.
Pernah juga gue lewat, mau ke warung, trus ada tetangga lagi ngobrol, eeh yang satu kaya ngasih isyarat kalo gue nya ada. Dagunya digoyang-goyangin ke arah gue, sambil matanya ngedipin temen ngobrolnya, pas gue nya lewat pada ngeliatin gue dari bawah sampe langit. Gue pura-pura maen hp sambil dalem hati ngomong
"Alhamdulillah, pagi-pagi dah diomongin, berkurang kali dosa barang sejengkal."Apalagi anak-anak gue gaes, kenyang diomelin orang, emang bandel juga kadang. Apalagi kalo berantem sama anak orang, anak gue pasti di omelin sama emaknya anak yang berantem sama anak gue. Didatengin kerumah trus oneng-onengin, gue nya waktu itu kerja soalnya, kalo gue ada sih ga janji deh gak gue siram tuh mak-emak pake aer rendeman elap.
Tapi, selalu tetangga ada baiknya juga gaes, setidaknya kalo gue mati kan tetangga juga yang nguburin, yang sholatin, yang tahlilin. Kalo mereka ga melakukannya, tar gue setan-setanin tiap malem. Gue masih jadi orang aja udah serem gini, apalagi kalo udah jadi setan! Habislah kalian semua. Hahahahha....(ketawa jahat)
Trus kata anak gue katanya gue dibilang sama tetangga kalo gue kurang bergaul, ga mau kongkow. Padahal gue masalahnya minder kalo ngumpul ngobrol-ngobrol sama tetangga, soalnya gue yang paling miskin. Sama gue takut jadi suka ngutang, karna suka ada aja deh tawaran utangan barang atau duit yang berbunga kalo kita udah nimbrung ngumpul-ngumpul.
Gue trauma sama namanya utang gaes, makanya Hape gue pada pecah juga gue solasi aja sampe kaya mummy, sampe gue mampu beli baru dengan cara kontan, daripada gue kudu ngutang. Serem gaes sama utang. Lebih serem dari setan, Menghantui siang malam.
Trus akhirnya, gue jadi tukang kue lagi, kalo tetangga lagi ngumpul, gue bagi kue apa aja yang ada dirumah. Biarlah gue ga ikut ngerumpi, biar kue gue aja yang wakilin gue ikutan ngerumpi. Sama kalo anak-anak mereka main kerumah juga gue kasih kue, kue yang udah gue kasih mantera biar mereka ngamuk ke emaknya minta beliin kue dirumah gue.
Dan setiap ada orderan nasi box atau snack box, gue bikin lebihan gaes, biar bisa bagi tetangga juga, biar ga cuma nyium masakan nya aja, tapi nyobain juga rasanya. Sama sekalian promo terselubung juga gaes, barangkali mereka jadi mau order juga. Kalo ga ada yang order juga? Ya biarin deh, yang penting mereka jadi senyum sama gue. Gue ga tau mereka senyum gara-gara seneng dikasih kue apa gara-gara gue pake baju kebalik.
Sekarang semua tetangga gue jadi rajin menyapa gue gaes, senyum setiap papasan. Jagain anak-anak gue kalo pas gue tinggal nganter kue atau belanja bahan kue. Doain usaha gue lancar dan berkah setiap gue bagi snackbox atau nasibox.
Dan gue tetep juga ga mau ngumpul-ngumpul. Soalnya gue sibuk gaes, sibuk maen hape. Gue emak-emak pengangguran paling sibuk di seantero Bekasi.
Orang sampe bingung, gue sibuk ngapain, gue juga bingung gue sibuk ngapain. Yang jelas gue maen hape mulu biar dapur gue ngebul mulu. Kalo dapur gue ga ngebul berarti hape gue yanng ngebul barengan sama otak gue juga ikut ngebul.Bagi gue, menang bukanlah saat orang membenci kita, lalu kita lawan dengan kebencian. Atau saat orang memusuhi kita, kita hajar dengan permusuhan.
Tapi menang adalah saat orang yang membenci, memusuhi, dan memandang rendah kita, kemudian kita ubah menjadi orang yang disamping kita, mensupport, mendoakan. Mengubah musuh menjadi sahabat lalu kita manfaatin, kita utangin, kita eretin, kita budakin.
Wkwkkwk.... Pasti, mereka benci dan balik lagi jadi musuh lagi.Ambil yang baiknya aja yaa gaes, yang jeleknya itu gue. Jangan diambil, tar anak-anak gue nyariin.
Selamat pagi, semangat pagi 💪