Serbuk Ajaib dan Bee Si Lebah yang Berkelana

988 17 2
                                    

🐝

Bee, si lebah adalah binatang yang dikenal baik hati, suka menolong, suka berbagi, dan periang. Karena sifatnya itu tidak salah kalau binatang binatang dihutan menyukainya, tetapi ada satu hewan yang tak suka dengan Bee. Hewan itu adalah Crick si belalang. Crick iri dengan Bee karena memiliki banyak teman. Crick berpikir dan terus berpikir cara apa yang bisa membuat lebah pergi dan takkan pernah kembali ke hutan ini lagi. Hingga suatu saat Crick memiliki ide, dia tahu kalau lebah adalah binatang yang memiliki keingin tahuan yang tinggi. Apa kalau dia menipu lebah soal serbuk ajaib itu bisa membuat Bee pergi. Keesokan harinya Crick mendatangi Bee dan memberi tahu soal serbuk ajaib. Crick memberi tahu bahwa cerita tentang serbuk ajaib itu benar benar ada. Serbuk ajaib itu berguna untuk apapun,dan serbuk ajaib itu tidak sembarang orang bisa mendapatkannya karena harus melewati berbagai rintangan. Belum ada satu hewanpun yang berhasil mendapatkannya. Itu semua membuat Bee ingin pergi mencarinya. Bee tidak tau kalau semua itu hanyalah dongeng.
                                                        ****
Dahulu kala ada sebuah pulau kecil yang sangat indah, berpasir putih , banyak terumbu karang, lautnya berwarna biru asri belum terjamah tangan tangan manusia. Dipulau kecil tersebut terdapat hutan yang masih berpenghuni binatang binatang. Kisah seorang lebah berkelana mencari serbuk ajaib.
                                                          ***
Suatu hari seperti biasanya para binatang berkumpul di taman. Berbincang bincang dengan canda tawa yang menghangatkan suasana.
“Kalo kumpul bersama gini terasa ada kebahagiaan yang menyatu” , ucap kelinci. “Iya” sahut salah satu binatang lain. Tiba tiba datanglah Bee, “teman teman ini aku punya madu, kebetulan hari ini aku panen dari bunga bunga ditamanku. Mari kita makan bersama”, kata lebah yang saat itu mengeluarkan sebuah wadah berisi banyak madu. “ Horeyyy” teriak semua binatang kegirangan.
“Bee dari dulu sampai sekarang gak pernah berubah , selalu baik dengan kita semua, jadi tambah saying deh ama Bee”, puji Rusa. “Iya, makanya kita suka sama Bee karena sifatnya itu. Tapi yang bikin aku greget ama Bee karena keingin tahuan nya yang tinggi, bagi Bee hal yang mustahil tak ada yang mustahil membawa dirinya dalam bahaya”,kata kucing yang gemez sama Bee.
“ Semua hal yang mustahil tak ada yang mustahil bagi Bee, kalau itu semua tidak ada dalam diri Bee, namanya tidak Bee lagi”. Puji Bee terhadap dirinya sendiri.
Semukmna binatang yang mendengarkan mengernyitkan dahi.
“Ehh..ngomong ngomong dari tadi KU Tk melihat kemunculan Crick disini, ada yang melihatnya?”,tanya Bison. “Iya nih” sahut binatang lain.
“Aku sih gak kaget kalau Crick gak hadir, dia kan orangnya egois, gak mau kumpul makanya dia gak punya teman”, gerutu kuda.
                                                         ****
“Hufh, sial karena kehadiran Bee semua orang berpihak padanya, aku tidak terima. Bagaimanapun juga aku akan menyingkirkan Bee dari hutan ini. Tapi bagaimana caranya?” Crick yang dari tadi berpikir menyusun rencana liciknya, hingga dia menemukan sebuah ide. “ Ahaa, aku tau. Bee kan binatang yang memiliki keingin tahuan yang tinggi. Apa aku menipu dia soal cerita serbuk ajaib itu kalo benar benar ada. Aku akan kasih tau tempat dimana dia tidak akan pernah kembali. Huahaha” kata Crick sambil tertawa tanda kemenangan. “satu hal yang menjadi penghalang adalah Sweeng si kupu kupu, dia adalah sahabat baik Bee yang senantiasa menemani Bee kemanapun dia pergi. Kalo Bee membawa teman otomatis ada yang jagain Bee, aku harus menghasut Sweeng supaya benci dengan Bee”. Suatu ketika Crick menemui Sweeng dan berkata “ Sweeng, ada yang perlu aku omongin”. “ ngomong apa Crick?”, Tanya Sweeng.
“ Aku mau ngasih tau kamu bahwa selama ini Bee tidak tulus bersahabat denganmu. Dan dia selalu menjelek jelekkan mu dihadapanku, dia bilang kalo berahabat denganmu tak ada gunanya, di bilang kalo kamu binatang yang lemah, tak memiliki kekuatan untuk melindungi diri sendiri sementara dia binatang yang kuat memiliki sengatan berbahaya yang bisa melindungi dirinya dari marabahaya”, Crick mencoba menghasut Sweeng .
“ Aku tak menyangka kalau Bee bisa begitu terhadapku, padahal selama ini aku tulus bersahabat dengannya. Kalo begitu aku tak akan menemuinya lagi”. Crick berhasil menghasut Sweeng, Sweeng si kupu kupu yang berhati selembut kapas dan polos begitu mudah dihasut. Sweeng benar benar memutuskan persahabatannya dengan Bee.
Setelah tau semuanya bahwa Sweeng memutuskan persahabatan dengan Bee, membuat Bee semakin bersedih. Dia tak menyangka harus berpisah dengan sahabatnya. Berita tersebut sudah menyebar ke penjuru hutan semua binatang binatang mengetahuinya. Semua binatang hanya bisa menyuruh Bee bersabar.
Hingga suatu hari sweeng sedang berkeliling taman, tanpa sadar dia memasuki telah memasuki kawasan kupu kupu ngengat yang beracun. Kupu kupu ngengat dikenal hewan yang pemarah, barang siapa yang masuk kawasan mereka tak akan kembali dengan selamat. Para kupu kupu ngengat menyerang sweeng dan akhirnya sweeng terluka parah akibat racun sengatan mereka.
“ Apa yang terjadi dengan Sweeng?” Tanya Bee. “ Sweeng tadi tak sengaja memasuki kawasan kupu kupu ngengat beracun mereka menyerang sweeng sampai akhirnya sweeng tak sadarkan diri seperti ini” kata pak tupai yang dikenal sebagai tabib di hutan ini.
“ Jadi apakah sweeng bisa sembuh?” Tanya Bee.
“kemungkinan kecil sweeng dapat tertolong, karena racun racun yang ada ditubuhnya sudah menyebar “. Kata pak tupai.
“ Apa tidak ada obat lain yang bisa menyembuhkan sweeng?”Tanya Bee
“ Kami sudah mencoba semua obat dan dari semua obat yang kita berikan tak ada yang berhasil” kata pak tupai.
“ Apa Sweeng tak bisa sembuh, dia akan meinggalkan kita selamanya?”, Tanya Bee dengan meneteskan air mata.
“ umur Sweeng tak akan lama lagi, kita hanya bisa berdoa kepada Tuhan, siapa tau ada keajaiban yang didatangkan untuk sweeng”.
“Sweeng bangunlah, jangan tinggalin Bee” kata Bee meratapi keadaan sweeng.
Bee teringat perkataan Crick tentang serbuk ajaib itu, kata crick serbuk ajaib itu  berguna bagi apapun, temasuk bisa menyembuhkan penyakit yang tak bisa disembuhin oleh obat lain. Bee berniat untuk mencari serbuk ajaib itu dan membawanya ke sweenng . dia rela melakukan apapun demi kesembuhan sahabatnya itu.
Keesokan harinya Bee pergi ke sebuah tempat dimana terdapat serbuk ajaib itu, Bee menyusuri hutan hutan , dengan pantang menyerah dia terbang dengan sayap kecilnya tanpa merasa lelah. Di tengah perjalanan Bee bertemu seorang Nenek yang tengah tergeletak karena kelaparan. Dari atas Bee melihatnya langsung menghampiri nenek tua tersebut.
“ Nenek kenapa?” Tanya Bee.
“ Nenek kelaparan, nenek tidak kuat jalan lagi. Apakah kamu memiliki makanan untuk nenek makan?” kata nenek dengan suara merintih.
“ Bee tidak memiliki makanan sekaramng nek, tapi Bee bisa mencari madu dari bunga bunga yang ada disekitar sini”, kata Bee langsung terbang mencari madu. Hingga akhirnya Bee kembali dengan membawa sebotol madu lalu diberikan kepada nenek tersebut. “ Ini nek madunya, silahkan diminum. Semoga bisa mengurangi rasa lapar nenek” kata Bee. “ Terima kasih ya Bee”. “ Sama sama nek”.
“ Ya udah,Bee pergi dulu ya nek. Soalnya Bee buru buru”
“Tunggu Bee, kamu mau kemana?” Tanya nenek
“Bee mau mencari serbuk ajaib nek, untuk kesembuhan sahabat saya. Apakah nenek tau sedikit tentang keberadaan serbuk ajaib tersebut?” Tanya Bee.
“nenek tau, Serbuk sari tersebut berada tidak jauh dari sini, letaknya hanya diseberang lembah utara sana, kamu hanya perlu terbang kesana tapi hati hati, disana sangat berbahaya tidak ada satupun orang yang bisa selamat dari tempat itu” jelas nenek.
“ Terima kasih nek, pesan nenek akan Bee ingat selalu”, Bee langsung terbang ketempat yang telah nenek katakan. Bee tidak tau kalau nenek tadi adalah Ratu Mariposa yang menyamar menjadi nenek untuk menguji kebaikan Bee.
Bee terus terbang, dia menahan rasa sakit disayapnya karena berhari hari terbang tanpa istirahat sama sekali. Tiba ditempat tersebut Bee langsung mencari serbuk ajaib itu, tapi setelah mata Bee mencari kepenjuru penjuru tempat itu tidak menemukan tanda tanda keberadaan serbuk ajaib itu.
“Tolong..tolong..tolong” suara hewan yang meminta tolong.
“hei, kau yang berada diatas tolong aku”
“Kamu dimana” Tanya Bee.
“Aku dibawahmu,aku terhanyut didalam kubang air,tolong aku. Aku tidak bisa mendarat” ternyata yang meminta tolong adalah seekor semut yang hanyut dalam kubangan air.
“Baik aku akan menolongmu, tunggu sebentar”Bee turun dan berhasil menolong semut dan membawanya kedarat.
“Terima kasih nak, kau sangat baik hati” tiba tiba semut tersebut berubah menjadi seorang peri yang bercahaya, Bee sangat terkejut.
“Siapa kamu?” Tanya Bee yang terkejut.
“Jangan takut, aku adalah Ratu Mariposa, Ratu dari bangsa kupu kupu. Aku tau kedatanganmu kesini untuk mencari serbuk ajaib itu untuk menyembuhkan sahabatmu yang tengah sekarat” jelas Ratu Mariposa .
“Darimana kamu bisa tau semua itu?” Tanya Bee.
“ Aku adalah seorang nenek yang kau tolong tadi” jawab sang ratu.
“Benarkah, lalu mengapa kau menyamar?” Tanya Bee.
“Aku hanya menguji siapa saja yang datang mencari serbuk ajaib, dan dari semua orang hanya satu yang memiliki niat baik yaitu kamu Bee,  siapa saja yang memiliki hati baik maka dia berhak mendapatkan serbuk ajaib itu, mari ikuti aku” perintah sang ratu.
Ratu membawa Bee kesuatu tempat disebuah Pohon raksasa tempat peri peri menjaga serbuk ajaib , Bee melongo melihat keindahan tempat tersebut.
“ Nah, sekarang ambillah serbuk ajaib ini” perintah sang ratu.
“Terima kasih ibu Ratu”
“Sama sama, cepat kamu kembali ke hutan, kamu nggak punya banyak waktu lagi, sekarang sahabatmu sangat membutuhkan serbuk ajaib ini”
“iya Ratu”.
Sesampainya dihutan Bee langsung mendaatangi sweeng dan memberikan serbuk ajaib ke tabib, serbuk ajaib tersebut langsung ditaburkan ke seluruh badan sweeng tak selang beberapa menir sweeng sadar.
“Aku kenapa?” Tanya sweeng kebingungan.
“Kamu sudah berhari hari tak sadarkan diri , kemarin kami menemukanmu tergeletak akibat serangan kupu kupu ngengat beracun itu. Nyawa kamu hampir tak terselamatkan, untung saja ada sahabatmu si Bee yang berhasil mendapatkan serbuk ajaib itu dan mampu menyembuhkanmu” kata tabib.
“ Bee, terima kasih ya sudah menyelamatkanku. Aku minta maaf kalau aku sudah menyakiti hatimu, “ kata sweeng meminta maaf kepada Bee.
“Iya, sama sama. Akan aku lakukan demi sahabatku, apapun itu sampai kepenjuru dunia pun akan aku lakukan” kata Bee.
“Tapi, semua yang dikatakan Crick tentangmu, apa itu benar?” Tanya Sweeng.
“Sejatinya, seorang sahabat yang benar benar tulus menyayangi sahabatnya tak akan pernah menjelek jelekkan apalagi berkhianat” jelas Bee sambil tersenyum.
“Jadi itu semua tidak benar, tapi kata Crick?” sweeng merasa bingung.
“ Kamu tau kan bahwa crick itu tidak suka dengan Bee, dia akan melakukan segala cara untuk menghancurkan Bee, salah satu cara yang berhasil dia lakuka denga menghasut kamu supaya Bee tak memiliki sahabat lagi” kata kelinci.
“Maafkan aku bee” suara crick yang tiba tiba datang menghampiri Bee.
“Crick” semua binatang menatap crick.
“Maafkan aku, selama ini aku telah jahat sama kamu, aku membuat persahabatan diantara kalian menjadi retak, aku juga ingin menyingkiranmu dari hutan ini dengan memberi tau soal serbuk ajaib itu yang ada dicerita dongeng supaya kamu pergi dan tak kembali lagi. Dan aku tak tau kalau cerita itubenar benar ada.” Kata Crick meminta maaf kepada Bee.
“Semua sudah aku maafkan, untuk apa kita mengingat masalah yang telah berlalu, sekarang kita mulai persahabatn kita dengan baik, berkat cerita serbuk ajaib yang kamu ceritakan itu sudah menolongku untuk menyembuhkan sweeng walau aku tak tahu kalau itu kamu lakukan hanya untuk menipuku”. Kata Bee,
“ Sekarang kita sahabat?” ajak Bee.
“Iya, mulai sekarang kita sahabat selamanya” jawab Crick.
“Aku juga masih sahabat kalian kan?” Tanya sweeng.
“ Iyha sweeng. Kita bertiga sahabat selamanya” kata mereka bertiga sambil berpelukan, dan itu disaksikan oleh seluruh teman temannya.
Akhirnya tak ada lagi permusuhan diantara mereka, seperti kata pepatah :
“Apa yang kau tanam, itulah yang kau tuai”
seperti apa yang telah dilakukan Bee selama ini.
       THE END
Nama Anggota:

1.reni Apriliani
2. iin Puspitaning tyas
3. yulia
4. junia
5. celosia

Fabel [Pantang Menyerah dan Terus Melangkah]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang