Tok tok tok.
"Na..."
Tok tok tok.
"Nana, bangun nak."
Gedoran keras pintu ditambah panggilan sang mama, nyatanya nggak berpengaruh apa-apa buat si ganteng yang masih kebaring nyenyak di ranjang empuknya. Padahal jam udah nunjukin angka 6 lewat 15 menit, yang artinya, dia bisa kena masalah kalau nggak bangun juga.
"Na, udah ampir jam 7 nak. Nanti kamu telat." Peringat si mama penuh kesabaran. Untung doi punya ibu sesabar itu, yang nggak gampang murka meski kejadian kayak gini selalu terulang setiap hari.
"Masih belom bangun juga?" Suara bariton yang datang dari arah belakang, bikin si mama menoleh. Wajah cantik itu langsung berubah panik ngeliat sang suami muncul dengan wajah kesal. "Minggir!"
Nggak ada yang bisa dia lakuin saat laki-laki tinggi itu mengambil alih tugasnya ngebangunin putra sulung mereka dari mati suri. Dalam hati ia berdoa, semoga Tuhan memberi kedamaian di rumah kecil mereka pada pagi yang berbahagia ini.
Dug.. dug.. dug..
"Na!"
Nggak ada lagi ketukan lembut, si papa benar-benar ngerahin seluruh tenaga menggedor pintu kamar sang anak dengan kepalan tangan besarnya. Kesabarannya terkikis habis sebab sedari tadi usaha sang istri sama sekali nggak membuahkan hasil.
Dug.. dug.. dug..
"Nana! Bangun atau papa dobrak?!"
Nggak lama setelah kalimat ancaman itu terlontar, si empunya kamar muncul dengan wajah kusut. Sungguh, siapapun yang ngeliat, pasti langsung bisa menebak tu anak nggak tidur semalaman.
"Kamu itu tidur atau mati, hah?! Susah banget dibangunin!" marah si papa. Karena bentakan itu, si tersangka terpaksa ngebuang jauh rasa kantuknya.
"Sorry.. sorry.. Jaka nggak denger!" sahutnya sambil menahan diri untuk nggak menguap.
"Tadi malam kamu tidur jam berapa?! Game online lagi?!" cecar si papa natap curiga wajah sang anak yang sekarang punya mata panda. Sementara si mama, cuma bisa diam tanpa berani menyela.
"Siapa yang main game sih, Pa? Semalam tuh Jaka cuma ngerjain tugas, terus langsung tidur." Bohong si sulung berusaha terlihat sesantai mungkin. Padahal kenyataannya, Jaka memang baru tidur jam 3 pagi karena keasyikan main game PUBG.
Menaikkan sebelah alisnya, si papa malah ngasih senyum miring sebagai tanggapan. Dan sebelum ninggalin kamar Jaka, ia berujar tegas bakal memutus jaringan wifi di rumah agar si anak nggak lagi membohonginya.
Sang mama menatap wajah murung si sulung, prihatin. Terus, wanita cantik dengan rambut panjang sebatas punggung itu beralih ngerapiin tempat tidur si anak yang berantakan. "Buru mandi, Na. Nanti kamu telat."
Bukannya nurut, Jaka malah merengek ke mamanya. "Ma, bilangin papa dong, wifinya jangan diputus."
"Makanya kamu jangan bohong dong, Na. Papa tau lho kamu main game semalaman."
"Ck!" Cowok 15 tahun itu menghentak kakinya ke lantai, kesal. Dirinya nggak terima disalahkan cuma karena main game doang. "Namanya juga remaja, ma. Apalagi coba kalo nggak ngegame? Lagian mama sama papa harusnya bersyukur, aku tu hobinya ngegame, bukan hal ngerugiin lain yang bikin jantung mama copot. Aku tu nggak ngerokok, nggak balapan liar juga. Narkoba apalagi! Kurang apa coba?! Masa ngegame juga dilarang? Terus kalo mau ngerefresh otak, harus pakek cara apa?! Bosan kali ma, belajar terus!" cerocosnya mencari pembelaan.