UNTUK BUNDA

20 3 0
                                    

"Selamat pagi bunda" sapa seorang anak perempuan,yang bernama lisa,sambil membawa nampan yang berisi bubur untuk ibunya.

"Selamat pagi " jawab seorang wanita paruh baya,dengan nada yang sangat lemah.

"Bun,sekarang bunda makan dulu ya,biar lisa yang suapin"

Bunda lisa pun mengangguk.

Lisa sangat telaten sekali menyuapi bundanya dengan semangkuk bubur yang ia buat,lisa sangat menyayangi budanya,ia rela merawat bundanya yang terkena penyakit stroke itu dan mempertaruhkan waktunya untuk mengurus bundanya.

"Bunda ini minum dulu,biar lisa bantu yaa" kata lisa,sambil membantu budanya untuk mengganti posisinya untuk duduk.

"Lisa kamu gx sekolah?" tanya bunda lisa dengan nada gemetar.

"Sekolah ko bun,habis selesai bubur bunda habis,lisa berangkat sekolah" jawab lisa sambil menyuapi suapan terakhir untuk bundanya.

Lisa pun selesai menyuapi bundanya,dan bergegas ke dapur untuk menaruh mangkuk bekas bubur tadi,lisa baru ingat sekarang adalah hari pengumuman kelulusan  sekolah,dan sebentar lagi ia akan segera lulus sekolah. Lisa bergegas cepat merapikan buku-buku dan memasukannya ke dalam tas,tak lupa pula ia pamit kepada bundanya dan mencium pipi bundanya dengan penuh kasih sayang,setelah itu ia cepat-cepat memakai sepatu dan pergi dari rumah untuk mencari angkutan kota.

"Yaampun gimana ini,angkotnya blom nongol-nongol juga,semoga saja aku tidak telat mendengarkan pengumuman kelulusan sekolah"gerutu lisa.

Akhirnya angkot itu datang,dan lisa segera memberhentikanya dan segera ia masuk kedalam angkot itu,sesampainya di gerbang sekolah,ia lihat nampak siswa-siswi sangat ramai di depan mading,akhirnya dia pergi untuk melihat,mengapa semua orang berkumpul seperti itu di depan mading.

"Nurul,ini ada apa ko pada ngumpul di depan mading?" Tanya lisa,sambil menepuk bahu nurul

"Lisa,inituhh pengumuman kelulusan,dan kamu tau?kamu mendapatkan nilai tertinggi pertama dan mendapatkan beasiswa untuk berkulian di universitas indonesia" jawab nurul

Lisa melongo tidak percaya, dengan perkataan nurul itu akhirnya lisa mengecek apakah benar atau tidak dia yang mendapatkan beasiswa itu,ternyata benar lisa mendapatkanya,akhirnya lisa dipanggil ke ruang guru untuk mengurus beasiswanya.

"Permisi bu,pak"ucap lisa kepada guru-guru.

"Iaa silahkan masuk"kata bu sandra yang memang dari tadi menunggu lisa.

"Lisa,selamat ya kamu lulus dengan nilai tertinggi pertama dan kamu lulus dalam tes ujian untuk beasiswa juga,ibu bangga ssma kamu" kata bu sandra sambil menepuk-nepuk bahu lisa.

"Bu,ini jadi beneran bu?tanya lisa.

"Iaaa lisa,ini beneran selamat ya,bunda kamu pasti bangga,saya akan urus secepatnya beasiswa kamu " jawab bu sandra

"Ia bu terimakasih banyak,saya ijin permisi dulu ya bu" kata lisa.

Lisa meninggalkan ruangan guru dengan hati penuh kegembiraan,ia tidak menyangka mendapatkan beasiswa berkuliah di tempat yang ia sangat impikan,lisa janji akan segera memberitahukan bundanya langsung setelah pulang sekolah.

-

Beberapa menit kemudian,sekolahpun di bubarkan lisa sangat antusias ingin memberitahukan kepada bundanya apa yang ia dapatkan hari ini,tapi tiba-tiba setelah sampai di depan rumah,lisa melihat begitu ramai di rumahnya.

"Ada apa ini,ramai-ramai" lisa bertanya-tanya ke semua orang yang berada dirumahnya.

Setelah lisa masuk kedalam,lisa gemetar ia tidak kuat lagi untuk berdiri,lisa sangat ketakutan ia takut apa yang ia pikirkan itu kenyataan.

"Bundaaa,bundaaa kenapa tidur disini....ayo kita ke kamar lagi bunda biar lisa yang bantu" kata lisa dengan nada penuh kesedihan

"Lisa,bunda kamu sudah meninggal,kamu yang sabar ya, allah lebih sayang kepada bunda kamu" kata bu fatma tetangga lisa itu

Lisa mulai meneteskan air mata,ia tak percaya apa yang dikatakan bu fatma.

"Engga,bunda belum meninggal bunda masih sama lisa sekarang,bunda cuma tidurr aja,biar lisa nanti yang bantu bunda ke kamar lgi" ucap lisa sambil teriak-teriak dan isakan tangis.

Bu fatma menenangkan lisa,lisa sangat terpukul dengan keadaanya sekarang,baru saja lisa ingin memberitahukan kepada bundanya apa yang ia dapat di sekolah,tapi sekarang bundanya sudah pergi meninggalkan lisa seorang diri,ya lisa hanya tinggal berdua dengan bundanya ayahnya sudah mendahuluinya pergi. Sekarang lisa sendiri

"Bundaa,bangun ayo bangun bunda bilang sama mereka bunda hanya tidur,bunda gak boleh ninggalin lisa sendirian,lisa takut,lisa gapunya siapa-siapa lagi selain bunda" kata lisa dengan nada penuh haru.

Tak lama kemudian lisa tak sadarkan diri,ia pingsan.......setelah lama ia tak sadarkan diri iaa berlari ke pemakaman bundanya,sesampai di pemakaman ia berkata

"Bunda,bunda kenapa tinggalin lisa,lisa sekarang sendiri bunda"

"Bunda,disekolah lisa mendapatkan nilai tertinggi dan mendapatkan beasiswa,lisa pengen rayain bareng bunda,bunda jahat kenapa bunda tinggalin lisa,bunda udah gasayang sama lisa lgi?"ucap lisa dengan suara isak tangisnya

Lisa sangat terpukul,dia begitu sedihh.

"Bunda ini untuk bunda,lisa berhasil bunda lisa berhasil,lisa janji akan selalu menjaga apa yang lisa dapat,ini semua berkat bunda"

End......

Nott:Terimakasih yang sudah mau membaca maap ceritanya gajelas tiba" bundanya langsung sakit gitu aja hehehe

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Mar 23, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

KUMPULAN CERPEN Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang