1.Lirik Lagu
BTS selalu menciptakan lagu-lagu bermakna begitu juga lagu IDOL ini. IDOL memliki lirik yang mengandung arti mendalam untuk BTS sebagai seorang idola. IDOL juga memiliki makna ganda sebagai singkatan dari "I DO LOVE MY SELF".
Sesuai konsep album ini, bahwa meskipun anggota BTS adalah seorang idola tetapi mereka juga manusia biasa. Mereka juga bisa merasakan cinta, mencintai diri sendiri dan orang lain. Pesan "Love Your Self, Love My Self" sangat ditekankan di lagu ini.
Seperti cuplikan lirik bagian RM:
You can call me artist, You can call me IDOL or any other something you come up with. I don't care"
kamu bisa memanggilku artis, kamu bisa memanggilku IDOL atau sesuatu yang lain sesukamu, aku tidak peduli.
Lalu bagian Jin:
"It's okay, I'm in love with my self. It's okay I am happy with this moment"
Tak apa aku mencintai diriku sendiri, tak apa aku bahagia pada waktu seperti ini.
Lirik lagu ini juga ada di lagu solo Jin "Ephipany".
J-Hope juga mengungkapkan perasaannya melalui lagu ini, sebagai idola dia juga bisa melakukan apapun seperti manusia normal lainnya "I am free, because I am".
Dan Suga juga menambahkan "I don't care what you do for me" BTS tidak peduli dengan segala macam komentar hater yang ingin menjatuhkan mereka. Mereka bisa berlaku seperti superstar tetapi mereka juga bisa berlaku seperti manusia normal.
Seperti lirik yang dinyanyikan Jimin:
"I am so fine wherever I go, Sometimes I find the longest way to go around, It's okay".
Ini menggambarkan bahwa kita akan baik-baik saja meskipun kita dilanda permasalahan. Meskipun harus menempuh jalan yang sedikit panjang kita pasti dapat menyelesaikannya. Kita bisa jika kita mau berusaha, kerja keras, optimis dan mau menerima bantuan, kritik dan saran dari orang lain.
Dan lirik "You can't stop me to loving my self" yang selalu diulang merupakan wujud cinta pada diri sendiri yang patut orang lain miliki. Ketika kita menghargai dan mencintai diri kita sendiri di jalan yang benar maka kita juga akan bisa mencintai orang lain. BTS melakukan kampanye dengan UNICEF bertema "Love My Self" untuk mencegah kekerasan pada anak dan remaja.
Melalui kampanye ini diharapkan remaja lebih mencintai diri mereka sendiri sehingga terhindar dari berbagai kasus anak seperti drepesi, bullying, aksi bunuh diri, terlibat balap liar, tawuran, kasus narkotika, menjual diri dan kasus kriminal lainnya.
2.Melodi,Outfit,dan Dance
IDOL merupakan lagu BTS yang memadukan konsep modern dan tradisional. Dari segi melodi, BTS menggunakan EDM dan TRAP GROOVE serta diselingi oleh instrument tradisional Korea.
Pada beberapa bagian, BTS menyelipkan unsur traditional Korea. Chu-Imsae adalah bagian dari musik tradisional Korea seperti samul nori (musik perkusi Korea). Seperti suara dung-gi-duk-koong-du-ru-ru menciptakan rhythm khas samul nori.
BTS juga menyelipkan tarian traditional Korea di antara tarian modern mereka. Pada MV ini, BTS juga menggunakan pakaian traditional Korea "Hanbook" sebagai perwujudan cinta mereka pada kebudayaan asli negeri ginseng tersebut. Ini menjelaskan bahwa BTS meskipun populer secara global masih menunjukan jati diri mereka sebagai orang Korea.
Pada beberapa bagian, BTS menyelipkan unsur traditional Korea. Chu-Imsae adalah bagian dari musik tradisional Korea seperti samul nori (musik perkusi Korea). Seperti suara dung-gi-duk-koong-du-ru-ru menciptakan rhythm khas samul nori.BTS juga menyelipkan tarian traditional Korea di antara tarian modern mereka. Pada MV ini, BTS juga menggunakan pakaian traditional Korea "Hanbook" sebagai perwujudan cinta mereka pada kebudayaan asli negeri ginseng tersebut. Ini menjelaskan bahwa BTS meskipun populer secara global masih menunjukan jati diri mereka sebagai orang Korea.
Baru pertama gua bikin ni dia
Semoga suka
Lanjut part 2👉
KAMU SEDANG MEMBACA
Teori BTS
Mystery / ThrillerKisah-kisah yg belum terungkap/belum terpikirkan oleh kalian bisa kalian dapat disini MOTS:PERSONA LY:HER TEAR ANSWER HYYH WINGS DLL