Definisi Tentang Filsafat

252 9 0
                                    

Filsafat memang sangat dibutuhkan manusia. Agar manusia dapat memahami bahwa semuanya itu tercipta dari pemikiran secara mendalam (perenungan). Di dalam filsafat semua hal dibahas. Apa itu hakikat tuhan, alam, dan semesta.
Setelah belajar filsafat pahami bahwa manusia adalah makhluk yang mencari kebijaksanaan.

Filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan tentang segala yang ada, asal, sebab dan hukumnya. Maksudnya yaitu Filsafat adalah pengetahuan ( segala sesuatu yang diketahui) dan penyelidikan (usaha mencari data melalui informasi) tentang apa saja yang ada, asalnya, sebabnya sampai hukumnya.

Menurut Cicero (Penulis Romawi) menyatakan bahwa yang menggunakan kata-kata filsafat pertama kali yaitu Phitagoras. Menurut phitagoras manusia hanya mencari kebijaksanaan dan Tuhanlah yang Maha Bijaksana. Kemudian filsafat dilanjutkan oleh Socrates dan Plato dengan menggunakan metode Dialektika, Deduktif, Spekulatif dan Trasendental.

Metode Filsafat ada dua :
1. Objek Material, yaitu membahas tentang persoalan Filsafat: Hakikat Tuhan, Alam, Manusia.
2. Objek Formal, berfikir mendalam sampai ke akar-akarnya tentang Objek.

Karakter Pemikiran Filsafat ada 8 :
1. Komprehensif (Menyeluruh)
2. Logis (dengan akal budi)
3. Radikal (sampai ke akar-akarnya)
4. Mencari kejelasan
5. Koheren (sesuai kaidah berpikir)
6. Konsisten (tidak menimbulkan kontradiksi)
7. Spekulatif (tanpa batas)
8. Bebas

Pengertian Filsafat Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang