Kiat-Kiat Untuk Penulis Pemula

1 1 0
                                    

       Sebagai seorang penulis pemula pasti akan sulit  untuk menentukan dan memulai apa yang akan kita tulis. Selain itu kita bahkan tidak tau kenapa kita menulis. Jadi sebagai seorang penulis pemula kita harus memiliki yang namanya faktor Why, seperti yang disampaikan pemateri pada diskusi di group whatsap bisa menulis. Karena faktor why merupakan faktor yang sangat penting untuk mendukung dan mewujudkan rencana awal yang kita telah pikirkan. Jadi sebagai penulis kita harus memiliki faktor why untuk kita tanamkan dalam diri kita masing-masing sehingga ketika kita sudah memulai suatu tulisan kita tidak akan berhenti di tengan jalan, adapun ketika rasa malas itu mulai timbul tentu kita harus mengingat kembali apa yang sudah menjadi faktor why kita. Selain itu dengan mengingat kembali faktor Why, ini akan menjadi charger untuk menambah semangat kita menjadi seorang penulis yang hebat.

       Faktor Why tentu belum cukup untuk menjadikan seorang penulis pemula untuk memantapkan niatnya menggeluti dunia kepenulisan. Sebab pasti akan masih banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak mereka, sehingga masih ragu untuk memulai langkahnya. Salah satunya adalah keraguan mereka  untuk memulai karena melihat banyak yang lebih hebat dan tentu  sudah mengasilkan sebuah karya bukan hanya satu bahkan sudah puluhan atau ratusan buku. Hal ini tentu akan semakin menciutkan nyali mereka untuk menjadi seorang penulis karna jangankan untuk menghasilkan sebuah buku untuk merangkai suatu kata menjadi sebuah kalimat mungkin masih cukup sulit. Jadi sebagai seorang penulis pemula kita harus memperbanyak sharing dengan orang-orang yang sudah berpengalaman atau membaca buku seputar dunia kepenulisan. Jadi modal utama untuk menjadi penulis yang hebat adalah rasa percaya diri dan kemauan untuk terus belajar.

         Nah, ketika kita sudah memiliki rasa percaya diri maka mulailah untuk berpikir baik itu topik tentang seusatu yang kita alami sendiri atau hanya imajinasi kita sendiri. buatlah catatan-catatan kecil tentang apa pun yang muncul di fikiran kita. Setelah itu mulailah menulis rangkai kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf sehingga menjadi sebuah tulisan yang utuh. Dengan demikian kita akan terbiasa untuk menuangkan ide-ide dan gagasan kita melalui tulisan. Setelah itu periksa kembali tulisan  kita dan perbaiki apa yang perlu diperbaiki. Namun terkadang kebanyakan penulis pemula ketika memeriksa kembali tulisan mereka namun tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan mereka akan menyerah dan mulai malas untuk menulis ini merupakan hal yang lumrah bagi seorang penulis pemula namun ketika niat awal mereka memang tidak begitu kuat maka mereka akan benar berhenti untuk menulis, sehingga dengan demikian kita harus benar-benar memahami kenapa kita menulis dan untuk apa tulisan kita nantinya dengan demikian kita bisa mengetahui tujuan apa yang hendak kita capai.

    Berbicara tentang kenapa kita harus menulis atau menjadi penulis yah, kebanyakan akan menjawab  tentunya untuk menghasilkan sebuah karya sehingga melalui karya itu bisa bermanfaat bagi orang lain. Apalagi ketika menjadi seorang penulis bukan hanya sekedar pekerjaan tapi juga sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki ini akan semakin mendukung kita menjadi penulis yang hebat. Karena tidak bisa dipungkiri banyak orang-orang diluar sana yang bekerja tidak sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki sehingga hasil yang mereka raih juga tidak maksimal, tapi bukan berarti semua yang memiliki pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan bakatnya tidak berhasil. Selain itu sebagai penulis kita tidak akan kehilangan banyak momen sebab apa yang kita pikirkan tidak akan menjadi angin lalu saja karena kita sudah menuangkannya melalui tulisan sehingga nantinya masih bisa kita ingat dan kita baca kembali. Bukan berati hal ini merujuk agar kita selalu mengingat masa lalu karena hal ini mencakup sesuatu yang luas bukan hanya tentang kejadian yang buruk tapi juga kejadian yang membahagiakan. Jadi menulis merupakan sesuatu yang istimewa dan unik karena apapun yang mungkin tidak bisa kita ungkapakan melalui kata-kata bisa kita ungkapkan melalui sebuah tulisan.

        Selain alasan di atas, alasan lain kenapa kita harus menjadi seorang penulis adalah tidak semua orang memiliki kemapuan berbicara yang baik apalagi berbicara di depan umum. Jadi jika kita tidak memiliki bakat untuk mengekspresikan apa yang ingin kita utarakan dengan berbicara sedangkan kita memiliki kemampuan menjadi seorang penulis lalu kenapa tidak mencoba mengekspresikannya melalui tulisan. Apalagi seperti sekarang ini zaman yang semakin modern, segala seusatu bisa kita lakukan dan kita akses dengan begitu mudah. Menjadi seorang penulis khususnya penulis pemula tentunya bukan berarti kita harus dituntut untuk lagsung menghasilkan sebuah karya yang  hebat. Namun kita bisa memulainya dengan menulis sesuatu yang sederhana. Misalnya menulis artikel di facebook,menulis novel di wattpad, atau bahkan hanya sekedar menulis quote di instagram. Menulis itu tidak terbatas jadi kita bisa menuliskan apapun, dimanapun, dan kapanpun kita inginkan. Itulah sebuah proses untuk menghantarkan kita menjadi penulis yang hebat.

        Nikmati setiap proses yang sedang kita lalui karena tidak ada seorang penulis yang langsung menjadi hebat melainkan proses itulah yang menjadikannya hebat. Terlepas dari itu untuk menjadi seorang penulis tentu kita harus memahami makna dari menulis itu sendiri, menurut saya menulis itu tidak terbatas seperti yang saya katakan di atas kita bisa menuangkan apapun yang kita rasakan dan kita dapatkan melalui tulisan. Selain itu menulis juga merupakan sebuah seni, sebab penulis bisa mendeksrisipkan apapun itu melalui tulisannya . Seperti sebuah blog yang pernah saya baca
" apapun yang kau fikirkan tulislah dibaca atau tidak lakukan saja, ini seni suatu saat pasti berguna" kata-kata inilah yang membuat saya memaknai bahwa menulis itu adalah seni, sebuah seni yang akan kelak akan bermanfaat bagi orang lain. Jadi sebagai penulis kita bukan hanya sekedar menyalurkan ide-ide  dan gagasan kita melauli tulisan tetapi juga membaginya dengan orang-orang diluar sana. Selain itu sebagai seorang penulis ada sesuatu yang menurut saya sangat istimewa sebab bisa saja melalui tulisan kita bisa menjadikan seseorang menjadi termotivasi atau bahkan menjadi perantara seseorang mendapakan  hidayah dari Allah SWT, lalu kemudian mereka mengamalkannya tentu kita akan memperoleh kebaikannya dan akan  menjadi amal jariyah bahkan hingga kita wafat. So.!! Mari kita mulai menulis dari sekarang, tulislah sesuatu yang positif dan bermanfaat  kamu pasti bisa, saya pasti bisa, dan kita semua pasti bisa.

Oleh: BhyLee
tinggalkan jejak sebelum pergi😊
Jika merasa tulisan ini bermanfaat silahkan di share seluas-luasnya.😊😊

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Dec 14, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Goresan Tangan BhyLee✏Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang