Hati

4 0 0
                                    

Ketika sebuah pertanyaan terlempar kepada seorang teman

"Bagaimana cara menyembuhkan hati yang terluka?"

Lalu jawabannya adalah "Jangan biarkan hatimu terluka karena mereka"

Jawaban yang singkat namun sangat mengena.

"Karena kenyataannya hatimu memang tidak terluka. Hatimu baik-baik saja."

Memang, hanya pikiran kita saja yang menganggap bahwa kita sakit hati karena ucapan atau perbuatan orang lain pada kita. 

Bisa jadi pula penyebabnya adalah kekecewaan atas harapan yang kita buat sendiri.Hati mana yang dimaksud? 

Hati yang dimaksud bukan liver atau organ hati sebenarnya. Lebih mengarah kepada perasaan, tapi bukan hanya itu.'Qalbu' sesuatu yang kita rasakan di dada. Perasaan seperti berbunga-bunga ketika merasa bahagia, serta menyesakkan ketika sedang berduka. Percampuran antara akal, perasaan dan ruh manusia. 

Sangat penting untuk dapat memanajemen qalbu. Menyeimbangkan antara logika dan perasaan. Tidak boleh mendahulukan perasaan sebelum logika ataupun mengedepankan logika tanpa perasaan.Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan. 

Jadi jangan dulu merasa sakit hati karena orang lain. Karena yang menentukan terlukanya atau tidak hati kita adalah akal dan pikiran kita sendiri.


#SelfReminder #CeritaIndah 

- in x rhyn

Tell Me How To Fix The Broken HeartWhere stories live. Discover now