Dikelas 11 ini materi pembelajaran bahasa indonesia tidak jauh berbeda dengan materi materi sebelumnya. Dikelas 10 pelajaran bahasa indonesia terkesan sangat santai, namun berbeda dengan pelajaran bahasa indonesia saat ini yang terkesan lebih berat.
Beratt sekalii..
Di awal pembelajaran kelas 11 guru bahasa indonesia sangat humble dan seru. Namun, itu tidak berlangsung lama. Adanya guru baru pada mata pelajaran bahasa indonesia ini saya mengira akan seperti sebelumnya. Guru yang humble, tidak banyak tugas, dan tidak terlalu kaku.
Saya kira disini bukan hanya saya yang merasa jika bapak terlalu banyak memberi tugas dan deadline pengumpulan tugas yang sangat singkat. Tolong pakkk kami juga punya tugas di mata pelajaran lain, dan itu tidak sedikit. Sepertiga waktu kami sudah dihabiskan di sekolah untuk belajar, belum lagi jika kami mengikuti les/bimbel selepas pulang sekolah sehingga hampir setengah hari kami menghabiskan waktu dengan belajar. Rasanya kami ingin istirahat sejenak saja tidak bisa karena banyaknya tugas yang diberi oleh guru terutama bapak yg sudah memberi tugas tambahan ketika tugas sebelumnya masih belum tersentuh.
Yang kedua, ulangan. Kami tidak bisa jika hanya diberi waktu 10 sampai 15 menit untuk belajar. Mohon jika akan ada ulangan diberitahu sejak seminggu sebelum ulangan. Kami juga butuh belajar dan memahami materi agar nilai kami juga maksimal.
Yang terakhir mengenai cara mengajar bapak sendiri. Saya dan teman teman merasa kegiatan belajar mengajar dikelas pada saat bahasa indonesia terasa sangat kaku, sangat hening sehingga kami tidak tertarik dengan materi yang dipelajari. Kami juga butuh games atau hanya guyonan-guyonan ringan sehingga kami juga bisa me-refresh otak kami.
Saya tahu dibalik cara mengajar bapak yang terkesan sangat disiplin tersebut sangat mempengaruhi cara belajar kami semua. Agar kami bisa disiplin baik dalam belajar maupun mengumpulkan tugas secara tepat waktu.
Saya kira ini sudah cukup panjang dan saya merasa lega sudah menuangkan semua yang saya dan kami semua rasakan. Mohon dimaafkan jika ada salah kata atau perbuatan selama ini. Jangan baper ya pak :v
Terima kasih