Kutukan Bujang Lapuk

12 0 0
                                    

"Rio! Sampai kapan lu mau ngejomblo kayak gini? Itu jenggot mana udah pade ubanan! Lu itu dah tua, emak apalagi! Dah lansia! Kalo kayak gini terus, kapan lu mau kasih emak cucu?" Emak memulai monolog interaktif malam ini, tepat ketika gue keluar dari kamar mandi.

Rio yang diajak ngomong cuma mingkem sambil ngunyah. 

"Lu juga, Ther! Saban malam minggu diem-diem di rumah bae. Keluar sono kek. Cari kenalan, cari gacoan kek."

Gue ngikik sambil sisiran saat melihat Panther cuma melengos gegara piring makannya disingkirin emak. Ya, emak sih. Orang lagi pada makan digangguin. Emak emang ratu drama sejagad dah. Top! Coba kalau orang lewat dan dengerin ratapan emak, hatinya pasti ikutan nelangsa. Dijamin!

"Apalagi elu, Son! Nggak jauh beda sama Panther! Keluar sono cari bini! Rambut aja lu klimisin!Masa depan butek. lu bodo amat!"

Uhukkk

Ampun, lidah gue ketelan eh kegigit!

"Mak! Udeh. Si Rio, Panther, sama Samson digeret aja ke KUA. Nikahin paksa aje biar emak cepet nimang cucu!" goda gue dari dalam kamar lalu buru-buru ngibrit ambil minum ke dapur sebelum ditimpuk tempat pinang emak.

"Lu aja ye yang emak geret ke KUA. Diiket di tiang bendera dan bakal mak kawinin sama perawan pertama yang lewat sono!"

Hahaha

Dasar emak sadisnya keluar dah. Gue cekikikan sambil mendekati emak di teras yang lagi duduk sambil ditemani piarannya. Rio de Janairo, si embek. Samson dan Panther, kucing kampung yang ndutnya nyama-nyamain Garfield dan paling anti disuruh kejar tikus.

"Sabar, Mak. Sabar! Kalau udah waktunya juga emak bakal kawin kok," hibur gue sok bijak sambil menepuk bahu emak yang dibalas jeweran sakti nan bikin kebelet pipis. 

"Sialan lu ye. Malah ngegodain emak!"

"Iye, Mak. Iye. Madan pasti nikah kok kalau udah waktunya," bujuk gue lagi yang sontak membuat cubitan emak mengendur. "kalau udah ketemu yang klik ... "

"Pegimane mau ketemu yang klik kalau elu aja kagak mau usahe, Anaknye Rozak?" Emak berseru gemas.

"Ya, Madan bakal usaha, Mak. Kalau udah waktunya!"

"Ah elu mah, nggak sayang emak! Seneng banget liat emak dimakan sunyi!"

Yah yah yah.

Emak merajuk lalu masuk ke dalam rumah, meninggalkan kotak sirih pinang yang selalu dibawa ke mana-mana. Merajuk beneran ini mah.

"Yaelah, emak kok sensi. PMS, ye? Senyum dong, Mak. Bentar lagi engkong Midun lewat noh. Pelanggan setia nomor satu emak yang senyumnya semanis gulali. Sayang lho, Mak, kalau senyum manis meski tanpa gigi itu nggak dibales. Dosa!"

"Ramadhan binti Rozak Ar Rahman! Mo jadi anak durhake elu!"

Dan akhirnya kotak pinang pun melayang dan eits, cuma kena siku doang sih. Gue udah terbiasa membaca gerak gerik emak dan bisa menghindari lemparan-lemparan ajaib emak, kalau dalam keadaan beruntung sih. Cuma herannya, emak punya berapa kotak pinang sih? Perasaan ada aja yang bisa dipakai buat lempar gue meski kotak anyaman itu rasa-rasanya sudah tersebar di segala penjuru rumah. Ruang tamu, ruang makan, kamar, juga teras tempat terakhir yang gue lihat tadi. Jangan-jangan emak punya stok seratus biji hanya untuk melempar bujang kesayangannya ini kalau lagi berulah? Ah, dasar emak menggemaskan!

"Mak, engkong Midun udah muncul di ujung gang noh. Beuh, koko cokelat muda plus kopiah kuning. Cakep benerrr!"

Terdengar pintu kamar emak ditutup lalu dikonci yang bikin gue tergelak lepas. Emak, meski kadang terlihat gahar dan cerewet tapi tetaplah seorang wanita yang pemalu dan penuh sungkan. Terutama sama engkong Midun, duda 60 tahun yang pedekate sama emak dari zaman esbeye periode satu sampai sekarang tapi nggak direspon. Apalagi ketika di masa-masa sekarang ini engkong Midun makin gencar pedekate dan berniat melamar emak, bikin emak makin sering menghindari dan tutup warung supaya nggak ketemu sama penggemar beratnya itu.

"Assalamualaikum, Ngkong. Sendiri aje. Mau ke mane?" sapa gue sopan ketika engkong lewat dan semerbak harum minyak wangi yang katanya dari Makkah menyapa hidung.

"Waalaikum salam. Ya, sendirilah. Berdua pan ntar kalau sama emak lu." Si engkong tertawa semringah sambil memamerkan giginya yang sebagian sudah undur diri dari barisan. "Ngkong, mau jamaah Isya nih. Lu nyusul pan, sekalian engkong mau bicara penting!"

"Iya, Ngkong. Sippp!" ucap gue sambil nyengir yang bikin hati Romeo kampung itu makin berbunga hingga tanpa sadar bersenandung.

"MADAN! MASUK LU!" seru emak dari dalam kamar bikin gue ngikik. Nguping ternyata. 

"Iye, Mak. Ni mau masuk ambil peci trus ke masjid. Jamaah Isya sekalian ... "

"Munfarid aja lu di rumah. Sekali-kali nggak ape!" Emak tiba-tiba sudah ada di depan pintu lalu menarik gue masuk. 

"Yaelah, Mak. Kok gitu? Pan emak yang ajarin dari Madan kecil, lelaki salat kudu di masjid. Jamaah. Karena jamaah salat adalah kekuatan agama sebenarnya, iye pan?"

"Ng-ng iya sih. Ya udeh, kalau gitu lu salat aja di masjid sebelah. Nih bawa konci motor, jangan ngebut. Udah sana." Emak mendorong gue keluar lalu mengunci pintu rumah, masuk ke kamar, kunci kamar dan hening.

Hahaha

Dasar emak.

Sebagai anak berbakti dan amit-amit ya, bercita-cita nggak mau jadi anak durhaka, gue selalu berusaha memenuhi semua pinta emak. Tapi untuk urusan nikah, entah kenapa sulit gue penuhi. 

Emak sampai bilang gue terkena kutukan bujang lapuknya Mpok Lasmi, janda kembang yang ngebet ngelamar gue jadi suami ketujuhnya saat usia wanita tajir itu belum genap 30. Gue aja saat kepala tiga gini belum sempat nyicip pelaminan.

Mpok Lasmi yang gue tolak terus menerus akhirnya muntab lalu nyembur sumpah serapah, saat rombongan lamaran meriah nan hebohnya gue tolak bahkan sejak di depan pagar rumah.

"Dasar jejaka songong bin sombong! Aye sumpahin lu kagak laku tujuh turunan!" Sumpah yang sungguh janggal bin konyol. Kalau gue kagak laku ya pegimane juga punya keturunan cobak? Ah, wanita memang selalu benar. Apalagi kalau marah, benarnya tak terbantahkan, yekan?

Setelah meludah ke arah tanaman tomat emak yang lagi ranum-ranumnya, janda bahenol itu melenggang pergi diikuti rombongan tanjidor, ondel-ondel, dan lusinan loyang roti buaya yang salah satunya sudah telanjur dicemil emak. 

Gue bukannya jual mahal atau nggak tertarik sama Mpok Lasmi. Lelaki desa ini pasti sepakat wanita yang belum beranak itu memikat hati.

Gue menolak juga bukan karena termakan rumor beredar kalau janda yang ngaku usianya 35 padahal di KTP baru dua puluhan itu punya pesugihan dan niatnya nikah mulu untuk cari tumbal.

Gue hanya bisa lihat di mata wanita itu nggak ada cinta atau ketulusan.

Gue bukan belom siap nikah.

Secara finansial, fisik, dan mental insyaAllah udah.

Gue hanya nggak pengen menikahi wanita lain selain dia, Ramona binti Mansyur, teman semasa SMU dulu.

Satu-satunya MABA SMU Nusa Bangsa yang nggak malu bertegur sapa sama gue meski seluruh sekolah saat itu musuhi gue gegara dituduh melecehkan dan mencelakai salah satu siswi baru.

Ramona percaya sama gue meski seluruh dunia saat itu memandang sebaliknya. Bahkan dia repot-repot bentuk tim untuk investigasi dan cari kebenaran hanya untuk membela seseorang yang baru dikenalnya satu hari.

Ramona binti Mansyur bisa melihat kejujuran di mata seseorang meski tanpa saling bicara. Dia punya ketulusan dan hati jernih yang saat ini sulit ditemukan pada setiap perempuan.

Ramona sudah membawa hati gue pergi jauh setelah kelulusan setelah tiga tahun bersekolah tanpa kesempatan untuk gue mendekat.

Dan hingga kini, belum ada satu perempuan pun, yang bisa menggantikan posisi dia di hati gue.

Mungkin ini terdengar klise, tapi gue cuma mau Ramona.

Atau jika nggak, gue harus dapatkan yang lebih dari dia.

Sama-sama terasa mustahil tapi manusia boleh berharap, bukan?

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Sep 06, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Ujian Cinta RamonaWhere stories live. Discover now