"Se..sebentar,ma!!!" Kata Yayak.dia pun segera mandi kucing ( maksudnya asal asal lan mandinya,gak pake sabun ) dan bersiap menuju sekolah.
*Oh,iya!!! Bukannya hari ini ada ulangan Ips dan Mtk ya, aduhhh..Ips pelajarannya susah tapi gurunya agak baik, kadang kadang marah kadang kadang enggak, kalo Mtk gurunya nyebelin banget dan paling susah lagi...aduuhhh...gimana nih.* gerutu Yayak dalam hati. Sangking paniknya,mukanya jadi terlihat pucat.
BRAK...!! mama menerobos masuk ke kamar Yayak. "Ya ampun!!! Kenapa mukamu pucat,Yak?!!" Tanya mama khawatir.
Mendengar pertanyaan mama,Yayak memdapat ide nakal. "Ya..Yayak sedikit pusing,ma" ujar Yayak lirih."coba sini,mama cek panasnya."mama segera meraba dahi Aliya."Enggak panas,kok,apa mungkin masuk angin ya nak?"
Aliya hanya mengangkat bahu dan berkata "bisa jadi maa"."kamu sih,enggak nurut sama mama!!mama kan sudah larang kamu mandi malam malam dan minum es malam malam,tapi kamu masihhh aja nggak nurut sama mama.sekarang kamu yang sakit,kan.mama nggak bisa cuti kerja nih!!" Omel mama.
Aliya tertunduk."dibawa tidur juga sembuh,kok."
Mama mendengus. " huuh..baiklah,mama pergi ke kantor dulu. Kunci pintu,kalau ada orang yang tak di kenal nggak usah di buka.kalau kamu lapar makan apa aja yang ada di kulkas dan di atas rak mie ya.kalo bosan dengan makanannya kamu bisa beli di warteg terdekat.oke?kamu bisa menjaga diri kamu sendiri kan Al ?"."bisa kok ma" kata Aliya yang sengaja memelas.
Setelah mama pergi,Yayak bergejolak senangnya sampai loncat-loncatan.ia menghabiskan waktunya dengan bersantai santai di rumah,seperti main hp,nonton tv,baca komik dan makan. Hihihihi.....
*hahhhh,surga dunia!!! Enggak jadi tuh,ulangan Ips dan Mtk.akhiiirrrnyaaa...aku berhasil membohongi mama...hihihihi...* kata Yayak dalam hati yang sangat senang.
Iseng iseng,dia melirik ke arah menu cemilan harian sekolahnya. Matanya membulat seketika saat melihat menu tertera di sana. "Wahh...ada corndog mozarella,ayam nasi sambal mercon,pisang mozarella dengan berbagai rasa...itu kan semua makanan kesukaan akuuu..zherrsstt.." ia menahan air liurnya yang hampir keluar.
Aliya melirik ke arah jam dinding yang menunjukkan pukul 10.30 WIB. "Ulangan baru di mulai nih..wkwkwk". Tanpa berpikir panjang,Yayak memasak mie kuah dan mie gorengnya itu lalu di makannya. Saat sedang asyik asyiknya makan,seseorang menekan bel rumah Yayak. Segera saja ia beranjak dari sofa untuk membuka pintu. Ia lupa pesan dari mamanya sebelum mamanya berangkat kerja.
"Siapa ya?" Tanya Yayak dari dalam rumah. Seseorang di luar menjawab "Herwan,tetangga anda."
Untuk sesaat Yayak tampak ragu,karena ia ingin berpikir dulu sebelum ia mau membukanya. Ia ingat pesan mamanya tadi tapi katanya "ini kan tetangga...bukan orang yang tidak di kenal..hmmmm...buka gak ya...buka deh".
KRIETT....saat pintu di buka,tampaklah sesosok manusia berbadan besar dan tegap. Wajah orang itu menyeramkan,dengan jenggot dan rambut yang berantakan. Bajunya sobek menyobek layaknya preman di pasar.
"A.....ada a....apa y...ya" tanya Aliya gugup. Orang itu melirik ke dalam rumah Aliya. "Saya menawarkan jasa isi ulang air,harap berlangganan!!" Katanya agak memaksa. "T...ta..tat..tapi,mama lagi k..kerja. ma...ma..m...maaf" tolak Yayak halus. Dia segera menutup pintu itu,namun terlambat...orang itu telah mencegah pintu Yayak. Nyali Yayak semakin menciut.
Dia menetap mata Yayak tajam. "Kamu tinggal tuliskan nama dan tanda tangan!!! Maka kamu sudah berlangganan air isi ulang ditempatku."
"PERGIII!!!!" jerit Aliya sebelum menutup pintu dengan cepat. Tidak lupa ia menguncinya. TOK...TOK...TOK...orang menyeramkan itu terus mengetuk pintu dengan keras. Aliya hanya bisa menangis dalam diam. Ia berkata dalam hati "oh..ini yang di katakan mama,mengapa orang lain yg tidak di kenal harus di abaikan saja". Dia tidak berani bersuara sedikitpun. Karena kelelahan menangis,dia tertidur lelap di sofa.
😴😴😴😴
Suara ketukan di pintu berhasil membangunkan Yayak dari dalam mimpi. Karena masih trauma akan kejadian tadi,dia tidak membukakan pintu untuk siapapun yang ada di luar. Tiba tiba terdengar suara lembut dari arah pintu. "Aliya...ini mama,bukain pintunya,dong,sayang!!"
Aliya langsung berlari dan mengendap endap menuju pintu. Aliya mengintip lewat jendela. YAPP!! Itu mama asli!!! Bukan agen isi air ulang kayak tadi. Dia segera membukakan pintu untuk mama dan menceritakan pengalaman mengerikan yang dia alami tadi. Mama mendengarkan dengan serius dan berkomentar "memangnya kamu nggak ingat pesan mama sebelum mama berangkat?" Mama bertanya dengan mata yang heran."ingat sih ma...tadi aku pikir dulu sebelum membukakan pintu untuk orang itu.tapi ia mengaku ngaku tetangga kita. Yah harus gimana lagi...aku buka deh" . Jawab Yayak malu . "ck...ck..ck....mama sudah tau semuanya...kamu bohongkan tadi...kamu mau menghindar dari ulangan Ips da Mtk kan? Wali kelas mu bertanya ke mama..Aliya mana. Karena mama kasihan mama jawab sakit biar kamu nggak di alpa kan sama gurumu."kata mama panjang lebar. Seketika itu aliya berkata dengan nada malu " m...ma..m..maaf ma,Yayak khilaf. Kemaren malam Aliya nggak belajar karena Yayak kecapekan pulang dari les. Dari capek Aliya jadi tidur." Kata Yayak malu malu." Iya ya...tapi ingat...jangan di ulangi lagi...itukan dosa dan yang rugi , kan, kamu yang tidak belajar, kamu yang dapat nilai,bukan mama. Oh..iya...mama ada hadiah buat anak jujur seperti kamu...nih....donat satu kotak buatmu dan spagetti buatmu." Aliya terkejut terheran heran."iyaya...dan makasih loh ma...aku kapok bohong lagi" . "Heheheheh"
~TAMAT~
KAMU SEDANG MEMBACA
gara gara bohong
Short StoryHaiiii...🙋🙌 perkenalkan namaku Aliya Syaharani Ananda Saputri. biasanya aku di panggil YAYAK, entah dari mana asal nama itu. oh iya...aku ada cerita sedikit, mau denger??? ini juga ada pembelajarannya yang aku mau ceritain ini. nih aku kasih cerit...