Graduation

94 5 2
                                    

Singkat cerita tiga tahun berlalu setelah kejadian yang menimpa Ayahnya Anind. Kini sudah sehat sedia kala meski menyisakan luka di hati Anind karena dia khawatir Ayahnya akan meninggalkannya selamanya.

***

Tepat saat awal bulan Agustus, ujian nasional  tiba dan kami semua akan mengakhiri masa masa suka maupun duka di SMAN Taruna Kusuma Bangsa. Selesai Ujian Nasional Ada tradisi pedang pora disekolah ku. Aku ditunjuk sebagai pengantin lelaki dan Anind ditunjuk sebagai pengantin perempuan.

***

Pendaftaran Akademi Angkatan Laut tahun 2024 dibuka aku lalu menyiapkan berkas berkas untuk mendaftarkan diri menjadi calon prajurit TNI AL. Tes pertama yaitu Tes Administrasi menyiapkan berkas berkas yang diperlukan. Alhamdulillah aku lolos tes administrasi lalu melanjutkan ke tes selanjutnya yaitu tes kesehatan. Tubuhku dicek luar dalam tinggi dan berat badan ku diukur oleh penguji. Alhamdulillah aku lolos tes kesehatan. Keesokan harinya lalu ke tahap selanjutnya yaitu Tes Kesamaptaan yaitu Push up, Sit up, Pull up, Lari 12 menit, lari angka delapan atau shuttle run dan yang terakhir renang 50 M, Dilakukan sehari penuh. Calon demi calon berguguran jantungku berdebar kencang aku takut jika tidak lolos akan mengecewakan orang tuaku, Alhamdulillah nilai kesamaptaan ku memenuhi persyaratan artinya aku lolos ke tahap selanjutnya yaitu Tes Psikologi, keesokan harinya panitia menyiapkan kertas ujian psikologi, lalu memberikan arahan dan peraturan. Alhamdulillah nilaiku bagus sekali di Tahap Psikotes. Lanjut ke tahap selanjutnya yaitu Tes Mental Ideologi jadi di tes ini calon diuji mental dan ideologinya. Terakhir dari semua tes yaitu PANTUKIR Daerah jika ini lolos akan di tes kembali tetapi di tingkat pusat pengujinya yaitu Petinggi petinggi militer yaitu Jenderal Jenderal. Nama nama calon disebutkan alhamdulillah namaku masuk 20 besar dari 100 orang.

***

Tiga hari setelah tes aku berangkat ke pusat. Bus dari asrama sudah datang, aku mencoba mengatur nafas agar tidak panik. Sesampainya disana aku langsung turun dari bus dan berbaris masuk ke gedung uji. Sudah banyak Jenderal Jenderal penguji yang menunggu untuk menguji. Lalu danton ku mengambil alih dan menyiapkan barisan para calon. Lalu para penguji mengetes satu satu calon. Selesai mengetes para calon prajurit. Pengumuman pun  diberitahukan nama nama disebutkan, aku langsung lemas tak berdaya saat pengumuman selesai namaku tidak disebutkan. Dan ternyata saat panitia memberitahu bahwa yang disebutkan itu yang gugur dan yang tidak disebutkan itu yang lolos. Tak kusangka proses selama ini yang kujalani tidak sia sia memang benar kata pepatah Usaha tidak akan mengkhianati hasil dan aku percaya itu lalu aku langsung sujud syukur dan terharu.

***

Pendidikan dimulai tataran demi tataran dari senior adalah makanan sehari hari kami. Selang beberapa bulan pendidikan selesai dan aku dilantik menjadi Perwira muda berpangkat Letnan Dua. Aku lalu ke rumah Anind ternyata dia sudah bertunangan dengan seniorku. Aku tak menyangka bahwa wanita yang aku idam idamkan kini menjadi Jalasenastri seniorku.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Nov 06, 2019 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Jalasenastri BayanganTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang