Native Mobile Application

9 0 0
                                    

Apa itu Aplikasi Native

Umumnya para pemula yang ingin belajar membuat aplikasi berbasis android atau ios akan membuat aplikasi native

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Umumnya para pemula yang ingin belajar membuat aplikasi berbasis android atau ios akan membuat aplikasi native. 

Apa itu aplikasi native ?

Aplikasi native bisa juga kita sebut dengan aplikasi asli. Aplikasi native dikembangkan dengan bahasa pemrograman tertentu untuk digunakan pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android, iOS, ataupun mobile OS yang lainnya.

Contohnya begini !

Untuk membuat aplikasi android kita bisa menggunakan bahasa pemrograman javaSedangkan untuk membuat aplikasi mobile berbasis iOS kita harus menggunakan bahasa pemrograman swift Jadi, kalau kita membuat aplikasi native maka aplikasi tersebut hanya bisa berjalan di satu OS saja.

Bahasa Pemrograman yang digunakan

Berikut ini merupakan beberapa bahasa pemrograman yang bisa kita pakai untuk membuat aplikasi native di beberapa platform.

Java : Pengembangan aplikasi native untuk platform android dari dulu sampai dengan sekarang masih di dominasi oleh bahasa pemrograman java.

Kotlin : Selain java bahasa pemrograman baru yang bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi native berbasis android adalah Kotlin. Kotlin menjadi bahasa pemrograman baru yang paling banyak diminati untuk dipelajari oleh para programmer. Kotlin diprediksi bisa menjadi bahasa pemrograman mobile paling populer ke depepannya.

Objective C : Untuk mengembangkan aplikasi native berbasis iOS kita bisa menggunakan Objective C.

Swift : Seperti bahasa Objective C bahasa pemrograman ini bisa kita gunakan untuk membuat aplikasi native pada platform iOS.

C# : Jika kamu ingin membuat aplikasi native untuk Windows Phone, maka bahasa pemrograman inilah yang bisa kita gunakan.

Tools untuk Membuat Aplikasi NativeEclipse : Merupakan salah satu IDE yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis android menggunakan bahasa pemrograman Java. Namun IDE ini sudah tidak direkomendasikan oleh Google selaku perusahaan Induk OS Android, karena mereka sudah membuat Android Studio.

Android Studio : Google bekerjasama dengan Jetbrains membuat IDE resmi untuk para developer yang ingin mengembangkan aplikasi android. IDE tersebut adalah Android Studio. Android Studio memang sangat kaya fitur dan bisa dengan mudah digunakan oleh pemula yang baru ingin belajar merancang aplikasi android. IDE ini mendukung pengembangan aplikasi android menggunakan Java atau Kotlin.

XCode : Software ini digunakan untuk membuat aplikasi berbasis iOS. XCode mendukung bahasa pemrograman Objective C dan Swift.

Visual Studio : Seperti Android Studio, Visual Studio merupakan IDE besutan Microsoft yang bisa kita pakai untuk merancang aplikasi mobile berbasis Windows menggunakan bahasa C#.


Kekurangan dan Kelebihan

Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Aplikasi Native

Sebagai berikut :

Kelebihan 

1. Proses pengembangan jauh lebih murah

2. Aplikasi bisa berjalan di beberapa platform sehingga menghemat untuk menghire developer

kekurangan 

1. Performa tidak akan bisa menyaingi aplikasi native

2. Kurangnya dukungan untuk mengakses fitur bawaan dari perangkat mobile


Aplikasi yang sudah dibuat menggunakan Native bisa kita publish ke toko aplikasi seperti Playstore dan Appstore

Beberapa apps mobil selain daripada Native apps tersebut bisa dilihat pada video berikut ini :

Native Mobile AppsWhere stories live. Discover now