Perbandingan Native Apps dan Mobile Web
Native apps
Native apps atau native application adalah program aplikasi smartphone yang dibuat dengan bahasa pemrograman tertentu untuk berjalan pada suatu platform. Misalnya native app yang berjalan di platform iOS, Android atau Windows Phone.
Mobile web
adalah website yang dioptimalisasi untuk diakses oleh mobile browser.
Hal Hal Dalam Pengembangan Native App
Biaya
Pengembangan dan maintenance native app membutuhkan biaya yang lebih besar dibandingkan pengembangan dan maintenance mobile web. Hal ini lebih terlihat lagi apabila pengembangan native app tersebut dikembangkan juga pada beberapa platform sekaligus seperti iOS, Android dan Windows Phone atau pada platform yang kurang dikenal lainnya. Hal ini berbeda dengan mobile web yang yang berjalan di atas browser sehingga tidak membutuhkan pengembangan pada platform yang berbeda-beda.
Waktu Pengembangan (Development)
Pengembangan native app membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan pengembangan mobile web. Ini disebabkan oleh faktor teknis pengembangan native app lebih rumit daripada mobile web.
Performa
Performa native app tentu lebih memuaskan daripada mobile web karena memang dikembangkan untuk berjalan khusus di platform devicenya masing-masing. Ciri dari native app adalah kecepatannya dalam mengakses data dibandingkan mobile web, dan inilah yang menjadi keunggulan dari native app.
Bahasa Pemrograman
Native app
pada iOS dibuat dengan bahasa pemrograman Objective-C, Android dengan Java dan Windows Phone dengan Visual C++.
Mobile web
Pada Mobile web dibuat dengan HTML5, CSS3, JavaScript dan server-side languages seperti PHP.
Distribusi
Native app
membutuhkan distribusi lewat application storenya, Apple App store (iPhone, iPad) atau Google Play (Android device) yang dimiliki dan dikontrol oleh vendor. Pengguna masing-masing device ini bisa dengan mudah mengakses application store lewat devicenya, pilih applikasi yang mereka inginkan lalu download dan install.
Mobile web
pada dasarnya website yang dioptimalisasi untuk smartphone maka pengguna hanya mengetik nama URL untuk mengaksesnya tanpa harus mendownload dan instalasi di device mereka.
Platform
Native app
dibuat untuk berjalan di atas platform yang ada pada device apakah iOS,Android, Windows Phone.
Mobile web
adalah sebagaimana website dibuat untuk diakses oleh browser.
Index
Native app tidak bisa di index oleh search engine sebagaimana mobile web, karena native app pada dasarnya adalah aplikasi yang "hidup" di devicenya.
Kelebihan
Native app : yang menonjol dari native app adalah performanya yang cepat, user-friendly, memiliki user experience yang baik, sisi visual yang menarik, terjamin dalam hal kualitas dan securitynya karena dikontrol oleh vendor masing-masing.
Mobile Web : dengan prinsip "develop once run everywhere" berarti relatif hemat biaya pengembangan dibandingkan native app yang multiplatform. Bisa didistribusikan secara bebas ke pengguna tanpa harus mendapatkan approval dari pihak tertentu sebagaimana native yang harus mendapat approval dari vendor lewat App Store dan Google Play. Begitu juga sebaliknya pengguna tidak perlu harus mencari dulu di application store untuk mengakses mobile web tersebut.
Kelemahan
Native app : biaya pengembangan dan maintenance yang lebih mahal jelas menjadi pertimbangan, biaya tersebut akan otomatis bertambah bila pengembangan dilakukan secara multiplatform. Update yang dilakukan secara periodik pada native app akan menciptakan kondisi dimana terdapat versi yang berbeda-beda yag digunakan oleh pengguna native app tersebut.
Mobile Web : performa yang relatif lambat dibandingkan native app. Belum supportnya secara penuh semua browser pada fitur-fitur HTML5 menjadikan mobile web tidak konsisten dalam tampilan di browser yang berbeda. Belum mampunya mobile web mengakses semua fitur yang dimiliki device bersangkutan. Sebaliknya native app dibuat untuk mampu mengakses semua fitur yang dimiliki device.
Daftar Pustaka :
YOU ARE READING
Perbandingan Native app dan Web Mobile
Ciencia FicciónMemenuhi Tugas Teknologi Mobile yang di berikan dan di publish pada salah satu media, STMIK AKAKOM, 2019