Nama: Hrithik Roshan
Nama panggilan: Duggu, Bolunath
TTL: Mumbai, 10 januari 1974
Pekerjaan : Aktor
Pendidikan: Sydenham College of Commerce and Economics
Zodiak: Capricorn
Debut: Kaho naa pyaar hai
Nama ayah: Rakesh Roshan
Nama ibu: Pinky Roshan
Nama saudari: Sunaina Roshan
Nama istri: Suzanne Khan (2000-2014, sudah menjadi mantan istri)
Nama anak: Hrehaan (2006) dan Hredhaan (2008)
Agama: Hindu
Kebangsaan: India
Makanan faforit: Samosa
Warna faforit: Hitam
Hewan kesukaan: Persian cat
Aktor Bollywood faforit: Raj Kapoor dan Amitabh Bhachchan
Aktris Bollywood faforit: Madhuri Dixit, Madhubala, Kajol, Sridevi
Aktor Hollywood faforit: Sylvester Stallone
Aktris Hollywood faforit: Helen Hunt dan Julia Roberts
Film faforit: Pretty Woman, Life is Beautiful, dan When Harry met Sally
FILM-FILM YANG DIBINTANGI HRITHIK ROSHAN
1. Kaho na pyaar hai (2000)
2. Khabi khusi khabi gham (2001)
3. Na tum jaano na hum (2002)
4. Mujhse dosti karoge (2002)
5. Koi mil gaya (2003)
6. Lakhsya (2004)
7. Krrish (2006)
8. Dhoom 2 (2006)
9. Jodha akbar (2008)
10. Luck by chance (2009)
12. Guzaarish (2010)
13. Zindagi na milegi dobara (2011)
14. Agneepath (2012)
15. Krrish 3 (2013)
16. Bang bang (2014)
17. Mahenjo daro (2016)
18. Kaabil (2017)
19. Super 30 (2018)
20. War (2019)FAKTA-FAKTA MENARIK HRITHIK ROSHAN
- Film Kaho naa pyaar hai mendapat sambutan luar biasa diindia hingga gelombang histeria yang bertahan selama setahun itu dinamai "HRITHIKMANIA". Gelombang itu terhenti karena bombardir film-film Hrithik dari tahun 2001 sampai 2004.
- Hrithik dikenal sebagai sosok aktor perfeksionis. Untuk mempersiapkan peran-perannya, ia akan melakukan latihan ekstensif. Ia adalah sahabat Salman Khan yang mengajarinya tentang kebugaran dan pola makan sehat.
- Hrithik adalah seorang aktor yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia kerap terlibat dalam berbagai kegiatan amal. Hrithik juga tidak segan-segan mengunjungi anak-anak yang sakit dirumah sakit yang sangat ingin bertemu dengannya.
- Aktor bertubuh atletis ini punya gangguan gagap bicara dan ia cukup kesulitan mengatasinya.
- Sebelum dijadikan aktor utama dalam film garapan ayahnya, Rakesh Roshan, Hrithik bekerja serabutan diproyek-proyek film ayahnya, termasuk menyapu lantai dan menyajikan teh untuk para artis selama bertahun-tahun.
- Pada hari valentine ditahun 2000, Hrithik mandapat sekitar 30.000 lamaran menikah.
- Hrithik pernah terlibat kasus besar diakhir tahun 2000. Menurut rumor yang merebak, Hrithik menyebut bahwa dirinya membenci nepal dan orang-orangnya. Kericuhan dinepal pun terjadi. Bioskop-bioskop yang menayangkan filmnya diserang, poster dibakar, film india dilarang, beberapa orang bahkan ditembak mati oleh polisi. Kasus ini menjadi sorotan dunia dan memanaskan hubungan pemerintah india dan nepal. Belakangan diketahui bahwa rumor itu hanyalah omong kosong yang disebarkan oleh mafia Bollywood yang tak bisa memiliki hak siar film Kaho naa pyaar hai.
- Hrithik mengaku dirinya tak bisa mengelola uang. Karena itulah detail keuangannya dikelola oleh istri dan orangtuanya.
- Hrithik mendokumentasikan kehidupan sehari-harinya selama bertahun-tahun lewat foto dan album kenangan.
- Tubuh seksi dan atletis Hrithik telah menyebabkan fitness menjadi booming diindia.
- Meski punya tubuh atletis yang sempurna dan gemar berolahraga, Hrithik terkadang juga merokok.
- Hrithik didiagnosa menderita skoliosis diusia 21 tahun dan ia diberitahu bahwa dirinya takkan bisa menjadi aktor atau melakukan berbagai hal yang dibutuhkan aktor untuk menjadi bintang Bollywood, seperti menari.
- Hrithik bercerai dengan istrinya, Sussanne, pada tahun 2014 setelah menikah selama kurang lebih 17 tahun. Mereka dikaruniai dua orang putra, Hrehaan dan Hridaan.
Pict Duggu
By : VKHAN