Pada zaman dimana gw duduk di bangku kelas 3 SMA, banyak pergolakan emosi yang gw alami dari hal paling sederhana tentang bagaimana cara gw mempersiapkan UN, SNM, SBM, UM, atau bahkan ujian-ujian untuk masuk ke Universitas pilihan gw dan orang tua. Bingung ikut bimbel, ikut jamnol (a.k.a masuk jam 6 pagi), ikut les atau jam tambahan di kelas sampe maghrib, tapi rasanya pengen tetep ada jam maen..
We all have past this things right?Untuk mempersingkat, kehidupan kelas 3 gw seperti pada umumnya, bingung milih jurusan, dari IPA, tiba-tiba mau ambil jurusan IPS, ya it's ok.. Waktu itu tinggal ambil IPC (campuran) untuk SBM *yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan UTBK*, karna waktu itu gw udah ga lulus SNM berdasarkan nilai rapot gw yang notabene kalah angka dari rapot teman-teman gw. Lalu jadilah gw fokus pada SBM.
Gw ikut bimbel di luar sekolah ambil kelas IPC itu tadi, yang harusnya cuma setengah hari, tapi karna gw belajar IPA dan IPS, gw harus berada di tuh tempat bimbel seharian dari mulai jam 7 pagi sampai jam 6 sore selama 3 Minggu mendekati SBM.
Setelah banyak pertimbangan dan konsultasi, gw memutuskan untuk ambil Arsitektur Interior di UI, Hubungan International di Undip, dan Sastra Indonesia di UI.
Selama 3 minggu ikut bimbingan belajar yang setiap minggunya mengadakan TO, nilai gw selalu berada di peringkat atas dan itu cukup stabil, di IPA maupun IPS. Tapi nasib berkata lain, ternyata SBM gw ga lulus.Karna sebelumnya gw udah pernah dikecewakan karna ga lulus SNM, kali ini gw ga terlalu sedih tapi bener-bener muter otak untuk nyari kesempatan gw ada dimana lagi.
Sebenarnya berdasarkan obrolan gw dan orang tua gw yang waktu itu masih minim banget info perkuliahan, SBM adalah jalan terakhir gw untuk berkuliah karna khawatir akan biaya yang harus dikeluarkan kalo gw masuk lewat jalur UM. Dan waktu itu gw juga ikut menerima keputusan itu, bahkan gw mengusulkan kalo gw mau mondok aja ngebentuk akhlak di pesantren. Tapi ternyata gengsi gw gede hehe, apalagi bokap gw, setelah melalui beberapa pertimbangan akhirnya gw tetep disuruh nyoba daftar ke PTN lewat jalur UM.Sumpah demi apapun disaat itu gw udah males banget untuk berharap ke sesuatu karna udah di kecewain 2 kali (cupu bgt ga sih baru 2 kali wkwk), dan gw juga udah males berusaha untuk hal ini. Akhirnya gw memutuskan untuk nyari PTN yang mengadakan UM dengan sistem seleksi menggunakan nilai SBM gw yang kemarin gw ikuti. Btw waktu zaman gw, kita gabisa liat nilai kita gaes, jadi cuma masukin data ikut SBM-nya aja, the point is gw gatau nilai SBM gw kemarin bagus apa tidak.
Next, gw jadinya daftar di UB jurusan Psikologi dan Sastra Inggris, sama daftar di UNS jurusan Informatika dan Sastra Indonesia. Gw juga sempet ikut UM yang isi LJK di univ swasta NF jurusan Informatika, dan di PNJ jurusan MICE dan Arsitektur. Di PNJ gw sampe 2 kali nyoba. Dan ternyata rezeki gw cuma 1, yaitu di UNS jurusan Informatika.
Wahhhh senengnya bukan main gaess..Tapi disitulah awal cerita ini terbentuk..
YOU ARE READING
Kehidupan Pertama Tiga Semester
Short Story. . Bagi kalian para Siswa, worth bgt baca story ini untuk kesiapan kalian sebelum memulai perkuliahan. . . Dan bagi kalian para Mahasiswa, I'll bet this story is relateable with our life. . . Enjoy it... . .