Mitos Gunung Arjuno

1.2K 31 1
                                    

Gunung Arjuno dengan ketinggian 3339 meter di atas permukaan laut. Menduduki peringkat kedua setelah Gunung Semeru di ketinggian di wilayah ini. Tidak hanya memanjakan mata dengan keindahan alam yang menakjubkan tetapi juga terjun ke dalam suasana misterius yang kadang-kadang membuat para pendaki merinding. Memperkuat daya pikat misteri peninggalan sejarah dan jejak yang tersebar di sepanjang gunung, menciptakan suasana mistisisme yang telah membuatnya mendapatkan nama Arjuno-Welirang. Di luar reputasinya sebagai keajaiban pemandangan, Gunung Arjuno berdiri sebagai puncak mistis dan suci.


Gunung Arjuno yang terletak di Jawa Timur, menjadi pilihan menarik bagi pecinta petualangan dan keindahan alam. Dengan ketinggian mencapai 3339 meter di atas permukaan laut merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, setelah Gunung Semeru. Lokasinya yang berbatasan dengan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan yang menjadikannya destinasi pendakian nya  populer dengan beragam jalur.

Namun, Gunung Arjuno tidak hanya menampilkan keindahan alam saja. Sebaliknya, gunung ini juga memancarkan atmosfer misterius yang kadang membuat para pendaki merinding. Daya tarik misterius ini semakin diperkuat oleh adanya petilasan dan jejak sejarah yang tersebar di sepanjang gunung. Gunung Arjuno-Welirang, sebutan untuk puncak gunung yang disebut gunung Welirang, menjadi tambahan daya tarik mistis bagi gunung ini. Para pendaki menyebut jalur pendakian sebagai gunung Arjuno-Welirang. Jalur pendakian di gunung Arjuno yaitu Tretes, Purwosari, Lawang, dan Selecta. Para pendaki dapat menikmati keindahan alam ketika mendaki puncak gunung.

Gunung Arjuno bukan hanya terkenal sebagai tempat wisata alam yang menakjubkan, melainkan juga memiliki reputasi sebagai gunung yang dipercayai memiliki keberadaan mistis dan keramat. Misteri yang mengitari gunung ini membuatnya menarik bagi pencari petualangan yang juga tertarik pada sejarah kerajaan Majapahit. Petilasan dan jejak sejarah di Gunung Arjuno memberikan pengalaman unik bagi pendaki yang ingin lebih dalam mengungkap misteri dan kisah di balik keelokan alamnya.

Selain keindahan alam, ada juga kisah misteri, candi, dan tempat bersejarah di gunung ini. Dahulu, Gunung Arjuno menjadi pusat pemerintahan kerajaan Majapahit. Mengutip dari salsawisata.com, dalam Gunung Arjuno terdapat situs bersejarah Goa Antaboga atau Onto Boego. Goa tersebut dipakai tempat pertapaan Naga Hyang Antaboga.

Ada beberapa arca yang dikeramatkan penduduk sekitar. Terdapat candi Sepilar yang tersusun 9 arca penjaga dan 5 arca Pandawa. Situs bersejarah ini berhubungan dengan kisah pewayangan Pandawa. Selain situs bersejarah, gunung ini juga menyimpan cerita mistis atau misteri yang dipercaya pendaki dan masyarakat. Misteri Gunung Arjuno ini juga diketahui para pendaki. 

Misteri Gunung ArjunaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang