Kata Pengantar
Alhamdulillah, segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena buku ini telah selesai disusun. Buku ini disusun agar dapat memberikan motivasi serta semangat bagi para pelajar untuk menjadi seorang pelajar terbaik. Buku ini memang masih banyak kekurangan, namun atas izin Allah SWT buku ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Buku ini memang masih jauh dari kata sempurna,oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. Demikian semoga karya tulis dapat bermanfaat bagi penulis khusus dan para pembaca pada umumnya.
Berau,2 Februari 2020
Penulis,
Daftar Isi
Kata Pengantar.......................................................ii
Daftar Isi.................................................................iii
Isi...............................................................................4
Daftar Pustaka.........................................................9Pelajar, adalah istilah lain yang digunakan bagi peserta didik yang mengikuti pendidikan formal tingkat dasar maupun pendidikan formal tingkat menengah,seperti SD,SMP,dan SMA/SMK. Tentunya menjadi seorang pelajar tidaklah mudah. Pelajar harus mengikuti tata tertib atau peraturan yang sudah dibuat oleh sekolah sekolah tersebut. Jika melanggar, sudah pasti akan dapat hukuman kan?
Tugas seorang pelajar bukan hanya belajar pelajaran akademik loh, tetapi juga harus menjadi orang yang sopan, santundisiplin, kreatif, aktif, dan masih banyak lagi. Itu semua tidak mudah untuk dilakukan bagi semua orang, tetapi tidak salah jika dididik menjadi seorang yang kelak akan sukses.
Sukses, satu kata namun sulit diraih. Siapa sih yang tidak ingin sukses? Tentu semua orang ingin sukses dengan caranya. Nah sekarang bagaimana cara menjadi pelajar yang sukses? Ini dia tips menjadi seorang pelajar yang sukses.
1. Disiplin Diri
Disiplin, bukan kata yang asing bukan? Disiplin menjadi salah satu tips untuk menjadi pelajar yang sukses. Kadang keterpaksaan atau keharusan untuk menaati tata tertib sekolah membuat pelajar menjadi lebih disiplin. Bisa saja kedisiplinan itu tercipta karena adanya sanksi atau hukuman yang akan diterima ketika melanggar peraturan tersebut. Misalnya, bel masuk sekolah akan berbunyi pada pukul 07.15,orang yang disiplin akan tiba disekolah sebelum bel berbunyi atau sebelum jam 07.15.
2. Jujur
Ada ungkapan yang mengatakan bahwa “kejujuran itu mahal”. Kejujuran memang sangat-sangat mahal karena berkata jujur itu terkadang sangat berat dilakukan walaupun ringan diucapkan. Kejujuran juga membuat hidup kita tenang karena tidak ada yang disembunyikan. Pelajar yang jujur akan menjadi seorang pelajar yang sukses, jika seseorang berkata jujur maka orang itu akan dicintai banyak orang. Terkadang ada saja kebohongan kebohongan yang dilakukan oleh seorang pelajar, contohnya saja menyontek. Jujurlah walaupun itu menyakitkan.3. Memiliki Tujuan
Tips berikutnya adalah memiliki tujuan, buat apa kita menuntut ilmu jika tidak memiliki tujuan? Sukses hsrus memiliki tujuan yang jelas, tujuan yang harus dicapai, kita harus yakin bahwa diri kita bisa mencapai tujuan kita. Banyak Pelajar yang malas , tidak suka sekolah atau merasa sekolah sebagai Tempat “penyiksaan”,karena mereka tidak memiliki tujuan yang jelas mengenai mengapa mereka harus pergi ke sekolah setiap hari.4. Sopan dan Santun
Setiap orang tentunya harus memiliki sikap sopan dan santun apalagi kepada orang yang lebih tua. Contohnya pelajar, mereka harus bersikap sopan terhadap orang yang lebih tua seperti guru. Contoh sikap sopan yang dapat dilakukan seorang pelajar adalah membungkukkan badan ketika lewat depan guru, menyapa, dan memberi salam kepada guru. Jika kau bersikap sopan dan santun kepada guru, guru tersebut akan merasa senang memiliki murid sepertimu. Jadi, salah satu tips menjadi pelajar sukses adalah sopan dan santun.
Nah itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan sebagai pelajar yang ingin sukses. Sesuatu yang sulit akan terasa mudah jika kita tidak menganggapnya suatu beban. Jadilah dirimu sendiri.
Daftar Pustaka
https://www.educenter.id/pelajar-sukses/
https://slkbali-lollypop.com/5-cara-menjadi-pelajar-berprestasi-di-sekolah-dan-sukses-di-kehidupan-nyata/
https://kaksetosurabaya.com/7-tips-menjadi-pelajar-sukses-dan-berprestasi/
https://images.app.goo.gl/75feAZwLcKS2cvDM8
https://images.app.goo.gl/jTYShjYqdM8G1U859