"Maaf mba, untuk poli psikologi sudah penuh. Karena cuma ada empat sesi aja." Ujar petugas puskesmas itu dengan sangat ramah. Gue cuma bisa senyum, sambil mundur dari antrean. Suri juga melakukan hal yang sama.
Ternyata, kita dilarang berekspektasi tinggi itu berlaku untuk semua aspek kehidupan, tanpa terkecuali. Contohnya ya gue pagi ini. Gue udah semangat banget dari rumah subuh-subuh, ke daerah Kramat Jati buat konsul ke psikolog, udah senang banget setidaknya gue bisa meluapkan semua emosi gue, menceritakan bagaimana hancurnya gue setelah ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Tapi ternyata, setelah lo nunggu hampir 2 jam buat antre pendaftaran, pas nomer antrean lo dipanggil, tinggal daftar, engga tahunya polinya penuh. Sudah sepagi itu dan elo tetep masih kurang pagi datengnya. Bayangin aja gue jauh-jauh dari Cibinong ke Kramat Jati, terus hasilnya nihil? Sia-sia gitu aja?
"Re, elo ngga apa-apa?" Suri membuyarkan lamunan gue. Lamunan yang kalau dilanjutin bisa bikin gue mau ngutuk semesta beserta isinya, termasuk diri gue sendiri.
"Elo mau kemana setelah ini Ri?"
"Kita ke kosan gue aja yuk, gue tau elo butuh tempat buat mewek."
Hahaha sialan.
Semua kisah pahit ini di mulai ketika beberapa hari yang lalu, gue diputusin gitu aja, setelah dua tahun menjalani hubungan dengan lika-liku dan segala macem dramanya. Gue diputusin gitu aja, karena mantan gue yang memang dasarnya brengsek ini ketemu sama perempuan di konser, di mana ternyata mereka sama-sama panitia acara. Dua tahun, dua tahun gue mati-matian pertahanin hubungan ini, nerima segala brengseknya dia, dan semua jadi terasa makin sia-sia ketika dia mutusin gue dan lebih milih itu perempuan. Dia ninggalin di saat gue ngerasa di hidup gue cuma ada dia aja. Cuma dia satu-satunya yang gue punya sebagai sandaran. Dia ninggalin gue di saat gue kena mental breakdown padahal dia tau gue saat itu lagi bener-bener lemah, dan harus bolak balik psikolog untuk konsul. Dia satu-satunya yang tahu kalau gue bisa kapan aja menjemput ajal, karena pikiran bunuh diri itu engga pernah pergi dari otak gue selama hampir tiga bulan. Tapi ternyata dia engga peduli sama itu semua dan lebih memilih meninggalkan gue beserta semua kenangan yang udah gue sama dia lewatin bareng-bareng. Emang sih, kenangannya engga banyak yang indah. Hampir semuanya pahit, karena kebanyakan diisi drama dia selingkuh-- sama tante-tante.
Dan seperti yang udah gue bilang tadi, hari ini gue mutusin untuk konsul lagi. Ditemenin sama Suri, sahabat gue dari jaman SMA. Kebetulan banget semalem dia mau dengan sukarela nginep di rumah gue, nemenin gue yang lagi patah hati.
Akhirnya kita sama-sama pesan ojol ke Stasiun Pasar minggu. Selama di perjalanan menuju stasiun, pikiran gue kemana-mana. Dada gue sesek, yang gue mau cuma nangis sejadi-jadinya. Gue engga tahu harus nyalahin siapa atas semua ini. Tapi sumpah, gue ngerasa apa yang udah gue perjuangin buat pertahanin hubungan ini bener-bener kerasa sia-sia. Gue yang mati-matian ngeyakinin orang tua gue kalau dia emang layak untuk jadi pasangan gue. Gue yang berusaha untuk nahan gimana sakitnya begitu tahu kalau sebelumnya juga dia selingkuh sama perempuan lain. Gue engga nyangka, semuanya jadi sia-sia hanya karena satu perempuan. Dan gue lebih engga nyangka kalau ternyata patah hati bisa bikin gue jadi segila ini. Lagi-lagi, gue nangis pas lagi di ojol. Gue udah engga bisa nahan sesaknya. Sesakit itu. Dua tahun gue pertahanin hubungan yang sebenarnya toxic nyiksa diri gue sendiri. Terus sekarang bener-bener bikin hidup gue berantakan. Gue engga tahu kedepannya bakal gimana. Gue engga tahu gimana caranya ngelewatin semua ini sendirian. Di sini gue nangis-nangis, di sana dia seneng-seneng sama perempuan lain. Bangsat memang.
Gue sampai di stasiun pasar minggu, nunggu di peron arah Jakarta. Kosan Suri ada di daerah Kebayoran. Harus transit dulu di Tanah abang, baru lanjut lagi ke Stasiun Kebayoran. Engga tahu deh, pikiran gue sekarang bener-bener kacau. Gue memasang headset ke kuping gue, engga tau kenapa gue malah lagi pengen dengerin lagunya Lula Lahfah yang Panjat Sosial. Musiknya enak, buat ngerefresh otak gue yang lagi butek. Gue sengaja engga dengerin lagu melow, karena bisa-bisa gue nangis di jalan. Di Commuter Line gue cuma bisa bengong, Suri juga sama. Engga tahu deh apa yang lagi dia pikirin sekarang. Commuter Line yang gue naikin cukup padat. Gue engga kebagian duduk. Tapi seengganya gue masih bisa berdiri normal. Engga perlu desek-desekan kayak di jam rush hour, Commuter Line di jam sibuk tuh padetnya suka ngga ada akhlak.
KAMU SEDANG MEMBACA
Teka Teki
RandomGue engga tahu kenapa hidup gue penuh dengan drama. Menurut gue ini sama sekali tidak normal. Kenapa hidup tetangga sebelah baik-baik saja sementara hidup gue penuh kejutan luar biasa dari semesta yang hobinya bercanda sama gue, tapi engga membuat g...