PEMATERI: FIFIT AYU W
PARTIKEL -LAH, -KAH, -TAH, DAN -PUN
🌻 *Apasih partikel itu?*
Partikel atau kata tugas ialah suatu kata atau frasa yang ada kaitannya dengan suatu kata yang lain dan tidak dapat berdiri sendiri.
Kali ini aku mau bahas tentang partikel penegas. Partikel penegas terdiri dari -lah, -kah, -tah, dan -pun.
🌻 Partikel -lah
Partikel ini gunanya untuk mempertegas kata yang digunakan dalam suatu kalimat pertanyaan, saran, maupun seruan. Selain itu, juga untuk memperhalus kalimat. Untuk menuliskannya, serangkai dengan kata yang mendahuluinya.
Berikut penggunaan partikel lah:
🔥 Digunakan untuk menghaluskan kalimat dalam kalimat perintah.
Contoh: "Pergilah, sebelum dia datang." Eka menoleh sembari berbisik pelan.
🔥 Dipakai untuk memberi penegasan yang sedikit keras dalam kalimat berita.
Contoh: "Jawas, tujuan yang kamu inginkan itu tidaklah mudah."
🌻 Partikel -kah
Partikel ini gunanya untuk mempertegas kata yang digunakan dalam suatu kalimat pertanyaan. Penulisannya ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. Bisa juga dipisah atau disambung tergantung dari penggunaan dan fungsinya.
Berikut penggunaan partikel -kah:
🔥 Digunakan untuk memberi penegasan pada kalimat tanya. Ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya.
Contoh: Bukankah dia yang meninggalkanmu waktu itu?
🔥 Mengubah kalimat pernyataan menjadi kalimat pertanyaan. Ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya.
Contoh : Angin kah yang menerbangkan pesawat kertas ini sampai ke sini?
🔥 Memperhalus kalimat tanya.
Contoh: Apakah kamu belum mau pergi, Fii?
🌻 Partikel -tah
Partikel ini digunakan untuk mempertegas kata yang digunakan dalam suatu kalimat pernyataan. Ditulis serangkai dengan kata yang mendahuluinya. Contoh: apatah, siapatah, manatah, dan lain-lain.
Partikel -tah dulu sering digunakan dalam sastra lama. Namun, sekarang sudah jarang digunakan. Karena partikel ini dianggap sebagai retorika, di mana pertanyaan tidak membutuhkan jawaban.
🌻 Partikel -pun
Partikel ini digunakan untuk menegaskan suatu kalimat pertanyaan. Ditulis terpisah dengan kata yang mendahuluinya, kecuali dengan 12 kata yang dianggap padu.
Contoh:
•> apa pun
•> kapan pun
•> akan punBerikut 12 kata yang dianggap padu:
🔥 Adapun
🔥 Kendatipun
🔥 Andaipun
🔥 Ataupun
🔥 Bagaimanapun
🔥 Biarpun
🔥 Kalaupun
🔥 Maupun
🔥 Meskipun
🔥 Sekalipun
🔥 Sungguhpun
🔥 Walaupun
KAMU SEDANG MEMBACA
MATERI KEPENULISAN
RandomKita belajar materi kepenulisan bersama Komunitas Galeri Wattpad