apakah ada vaksin untuk covid-19?

85 1 0
                                    

Baca ya,jangan di skip😉🙏

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan sampai saat ini belum ada vaksin agar tidak tertular virus sindrom pernapasan Timur Tengah atau Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV) yang bersumber dari binatang onta ini. Namun, saat ini Kemenkes sudah bekerjasama dengan World Health Organization (WHO) untuk membuat vaksin virus tersebut.

"WHO sudah akan bekerjasama untuk bikin faksin virus ini, tapi memang belum ada (vaksin virus corona sampai saat ini di Indonesia)," kata Menteri Kesehatan (Menkes), dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH, seusai melantik pejabat eselon I di lingkungan Kemenkes dan Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) di kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan (Jaksel), Sabtu (3/5).

Menkes mengaku, belum mengetahui kapan vaksin virus tersebut ada di Indonesia, namun ia memastikan vaksin tersebut segera dibuat oleh WHO dan pemerintah segera menggungakannya. Sebab, sebut Menkes, vaksin suatu virus biasanya dikeluarkan oleh WHO, bukan pemerintah. "Tapi biasanya, vaksin flu (pernapasan) ditetapkan dari WHO," ujarnya.

Menkes mengungkapkan, sebenarnya Indonesia mampu membuat vaksin virus itu sendiri dengan memanfaatkan perusahaan farmasi yang ada di Indonesia. Namun, tegas Menkes, hal terbentur kebijakan dari WHO bahwa vaksin itu dikeluarkan oleh WHO. "Kita mampu membuat. Kita harapkan Kalbe Farma kemampuannya lebih ditingkatkan lagi," ungkapnya.

Tambahan info ini dikutip dari "www.harianterbit.com."

COVID-19 (Tugas)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang