Dialog tag

574 49 3
                                    

Tanggal : 5 Mei 2020

•••

Hello, Squad!
Gimana kabarnya? Moga baik-baik aja, ya 🥰

Materi kemarin sudah membahas tentang motivasi menulis dan kesalahan yang sering ditemui saat menulis.

Sekarang kita akan membahas dialog tag.

***

Dialog tag 》》 Frasa yang mengikuti dialog.
Fungsi : menginformasikan apa yang dikatakan tokoh kepada pembaca.

🌻 Macam-macam dialog tag : ucap, kata, sentak, teriak, bisik dan lain sebagainya. (Ini biasanya kata kerja)

🌻 Contoh penggunaan dialog tag :

1. "Aku membencimu," ucap El pada Caca.

2.  El  berucap, "Aku membencimu."

3.  "Aku ingin mengatakan sesuatu," gumam Okta. "Kok, aku imut, ya?"

4.  "Rel," gumam Okta menatap Aurel yang fokus pada novel.  "Kakak, bilang aku imut sekali."

(Perhatikan perbedaan tanda baca karena berpengaruh pada lainnya)

***
Question and Answer


Q :  Aku mau tanya kak, bagaimana menentukan frasa yang benar.

A :  Ini maksudnya gimana, ya?
Menentukan dialog tag maksud kamu?
Kalau iya, dialog tag cukup mudah menentukannya. Seperti pada gambar dan contoh di atas.

Dialog tag ditandai dengan ucap, sentak, teriak, dll.

Q : Yang no. 4 ada contoh lain kak? Aku kurang ngerti.

A : "Aku ingin makan," kata Sri sambil memegang perutnya. "Lapar sekali."

Itu namanya contoh dialog yang belum selesai. Dialog itu masih dalam satu kalimat.

'Kata'  termasuk dialog tag, bukan? Nah, dialog tag itu cirinya (pakai tanda koma sebelum tanda petik penutup).

Untuk dialog selanjutnya itu kenapa pakai tanda itu bukan dialog tag, tapi aksi.

Perhatikan kalimat 'memegang perutnya' yang merupakan sebuah tindakan.

Q :  Aku mau nanya kak. Untuk dialog tag sendiri, apa ada ketentuan peletakannya gitu? Kek nisalnya harus di akhir dialog atoo gimana kak?

A : Enggak kok, di awal boleh.

Contoh:

Diana menghela napas, memandang ke arah Jono yang terus saja berceloteh.

Dengan menahan rasa kesal ia berucap, "Sudah, lah, anggap dia hanya memainkan perasaanmu."

Gimana udah paham?

Perlu dilihat sesudah kata berucap itu koma, kenapa? Karena itu dialog tag. Dilanjutkan dengan tanda buka kutip lalu kapital.

Q : Aku mau tanya kak, seumpanya kata-kata nya seperti ini: Dian menoleh(.) "Kamu mau kemana?" Itu titik apa koma kak?

A : Itu udh betul kok pake titik. Karena itu adalah dialog aksi.

MATERI TPS Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang