Panduan pertama

136 22 12
                                    

Hai, Dears.

Selamat datang kami ucapkan untuk member baru. Dan selamat belajar kembali untuk member lama.

Perkenalan dulu ya.

Komunitas PraKita terlahir pertama kali karena sebuah kolaborasi nulis buku, pada tahun 2019. Karena yang berminat banyak, tetapi ternyata banyak juga yang belum cukup belajar menulis. Terciptalah gagasan untuk membuat komunitas menulis berbasis Whatsapp.

Tim lama yang pergi dan tim baru yang datang, bila dihitung ada tujuh, yang tersisa empat saat ini. Mereka yang pergi pun tetap hidup di dalam komunitas ini, selamanya, menjadi kenangan.

Tim PraKita saat ini:

1. Halo Oys halo_oys
2. Tuteyoo tuteyoo
3. Maharani _a_m_u_s_e_
3. Anjar alieanj

Nama komunitas ini pertama kali adalah BukuKita, member lama pasti tahu.

Dan agenda kita adalah sebagai berikut;

1. Sesi sharing 3 kali sebulan (materi kepenulisan).
2. Games 1 kali sebulan.
3. Event nulis bareng penerbit indie minimal satu tahun sekali.
4. Event nulis bareng penerbit mayor, khusus 1 atau 2 anggota yang terpilih saja, minimal satu tahun sekali juga.
5. Challenge menulis, di Instagram atau membuat literasi berbagai jenis.
6. Dan berbagai kegiatan literasi bisa ditambahkan sewaktu-waktu.

Lanjut, ke pembahasan agenda bulan Juni kita.

Pada bulan ini dan sampai beberapa bulan ke depan, tema agenda kita adalah 'How to Write a Book step by step'. Materi yang dibawakan akan benar-benar menjangkau sampai titik permulaan sampai tahap selesai.

Ada tiga tahap.

1. Pemanasan
2. Tahap penulisan
3. Setelah menulis

Ada 19 materi inti yang bisa bertambah sewaktu-waktu, dengan beberapa materi ringan seputar PUEBI.

Kami, Tim PraKita membawakan dan menyiapkan materi, ruang berdiskusi, ruang belajar, teman yang suportif, dan kegiatan yang mendukung. Kemudian anggota komunitas diharapkan mempersiapkan niat, tekad, serta persisten.

Tak ada artinya seluruh motivasi dan materi, bila tak satu saja yang digunakan dan diterapkan.

Pada agenda ini, aturan mainnya sebagai berikut;

1. 3 kali pertemuan seperti biasanya selama satu bulan, tetapi besar kemungkinan bisa lebih tergantung mentor.

2. Teman-teman membuat akun di Wattpad, karena nanti menulisnya di Wattpad.

3. Teman-teman mulai mempersiapkan diri dan menanamkan tekad, bahwa dalam agenda ini akan menulis sebuah buku sampai selesai. Tentu menulisnya di Wattpad, supaya teman-teman yang lain bisa saling memberi kritik dan saran.

4. Setelah materi pemanasan selesai dan outline rampung, mulai menulis dengan minimal satu minggu dua bab. Panjang per bab minimal 700 kata.

5. Niat, tekad, persisten.

6. Pada saat materi dan sesi tanya jawab, diharapkan mengikuti supaya tidak mengulang pertanyaan yang sama.

7. Kemungkinan Tim PraKita tidak bisa membalas semua pesan pribadi ke Whatsapp kami masing-masing, karena keterbatasan waktu. Karenanya diharapkan teman-teman melempar pertanyaan di grup supaya bisa diskusi asik dengan teman yang lain seputar kepenulisan.

8. Sesi games akan tetap ada.

9. Nantikan challenge-challenge menarik.

10. Bila tidak bisa mengikuti kelas izin kepada Tim yang sudah dijelaskan di deskripsi grup Whatsapp.

Untuk hal-hal lain yang belum jelas bisa kita diskusikan di grup komunitas. Termasuk perkenalan masing-masing tim.

💜💜

Panduan Komunitas KitaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang