Pandemi virus corona sudah kurang lebih 3 bulan terjadi di Indonesia. Selama itu pula sebagian dari kita hanya berkutat di rumah. Menjadi hal yang membosankan jika kita tidak bisa mengelola aktivitas. Dampak utamanya tentu pada kesehatan mental. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mental, karena dari sana semua kehidupan ditentukan. Pikiran manusia adalah sumber penentu hal apapun yang akan dilakukan. Kalau jiwa sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja pastinya akan mengganggu kinerja diri.
Efek lanjutan dari terganggunya kesehatan mental itu tanpa batas. Bisa memengaruhi kualitas kebahagiaan dan yang terparah kesehatan fisik. Kalau tubuh sudah sakit dan kesehatan mental yang terganggu tak kunjung sembuh justru akan membuat sakit fisik bertambah parah. Niatnya menghindari penyebaran virus corona tapi malah depresi dengan aktivitas, tentu ini tidak cuan. Nah supaya kesehatan mental dan keseimbangan hidup tetap terjaga berikut ada 3 hal menarik yang dapat dijadikan aktivitas menyenangkan selama self-quarantine.
Self-talk
Dalam diri manusia terdapat banyak sekali angan-angan, harapan, dan impian. Tapi tidak semua diri merasa mampu dan pantas untuk mendapatkannya. Belenggu yang diciptakan oleh diri sendiri dan rasa takut seringkali mematahkan impian itu. Penting sekali melakukan self-talk sesering mungkin. Komunikasi batin antara dua atau lebih pribadi dalam diri dapat menguatkan mental dan meyakinkan diri hal sebenarnya yang harus dikejar dan hal-hal lain yang harus diabaikan.
Penting sekali memahami ketakutan dan perasaan insecure yang dialami. Buatlah pertanyaan untuk diri sendiri, apakah hal-hal yang membuatmu takut dan insecure itu pantas untuk dijadikan momok atau tidak. Giring mindsetmu untuk mengenyahkan rasa takut itu perlahan-lahan. Sembari mencari tahu hal-hal yang berkaitan dengan pencapaian impian. Kalau impian yang kamu inginkan adalah hal-hal positif yang membangun dirimu menjadi berprestasi, sebenarnya tidak ada rasa takut dan insecure yang bisa menghalangi. Hanya perlu latihan setahap demi setahap memantapkan langkah sambil mencari jalan kesana.
Tapi kalau impianmu itu sesuatu yang negatif dan bisa merusak tatanan sosial. Tentu rasa takut itu akan selalu menghantui, karena melakukan hal yang tidak sesuai dengan norma sosial pasti akan selalu waswas dan tidak tenang dalam menjalaninya. Sanksi sosial berupa cibiran dan gunjingan itu nyata pasti akan kamu dapatkan. Jangan terbalik ya dalam memberikan treatment bagi impian-impianmu.
Tidak jarang orang pernah terjebak dalam impian, semua yang sebenarnya itu negatif tapi terlihat positif karena benefit semu yang diharapkan ataupun ditawarkan. Jadi berpikir kritis juga menjadi bagian dari self talk ya. Self talk dapat membuatmu lebih mengenal dirimu. Self talk dapat dilakukan kapanpun dimanapun dan saat melakukan aktivitas apapun. Kalau menurut author pribadi sih lebih bermakna jika dilakukan menjelang tidur atau bangun tidur.
Self love
Selama ini kalian pasti sibuk mengejar target sampai-sampai sering mengabaikan diri sendiri. Sekarang saatnya memberikan reward bagi perjalanan hidupmu yang pantang menyerah itu. Kalau dulu entar-entar deh buat sekedar menyenangkan diri contohnya makan makanan mahal, perawatan tubuh, beli benda-benda yang disukai. Sekarang waktunya untuk memanjakan diri sendiri, siapa lagi yang akan memperlakukanmu seperti ratu kalau bukan kamu sendiri.
Jangan terlalu pelit dulu deh untuk budgeting saving yang banyak. Kalau keadaan memang lagi tidak mendukung, sementara ada jiwa yang harus dijaga kenormalannya. Intinya jangan terlalu tertekan masalah finansial. Sangat penting menjaga kebahagiaan diri, jadi turuti saja keinginan diri yang bersifat menyenangkan.
Lakukan kegiatan produktif sesuai passion
Kalau bekerja pada perusahaan untuk keadaan seperti ini kebanyakan pasti tidak menguntungkan. Dan coba lihat peluang, pasti sekarang banyak orang yang menghabiskan waktu hanya dengan ponselnya. Jadi daripada sibuk mencari perhatian perusahaan lebih baik ciptakan konten atau apapun sesuai dengan passion kalian, dan buatlah your own bussiness.
Sangat mudah untuk melakukannya, kalian semua pasti punya interest yang kuat terhadap suatu hal. Karena suka pasti banyak mengakses dan mencari-cari di platform manapun. Secara tidak langsung kalian menjadi paham dan nggak ada orang lain yang sama seperti kamu. Jadi manfaatkan waktu sekarang ini untuk show up kemampuanmu di bidang yang menjadi passion kamu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kumpulan Artikel
No FicciónKumpulan tulisan yang berasal dari inisiatif saya pribadi dan sebagian dari secuil pekerjaan saya. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca yang mampir kesini. 😊