The date i wrote: 5 Juli 2020
Dengan segala kesibukan nyokap Akmal yang ngatur ini dan itu sejak gue jadi mantunya. Gue salut sama diri gue sendiri yang tetap berdiri tegak tanpa ingin memecahkan kepala dengan guci kesayangannya.
Gue baru tau rasanya tinggal sama mertua itu gak enaknya, semua keburukan Lo diketahui mertua dan jadi bahan nyinyiran dia. Apa mungkin ini hanya berlaku untuk nyokap Akmal?
Kalau bokap Akmal sih gak usah gue komen, bapak satu itu sayang banget sama gue. Katanya gue anak perempuan pertama dia. Iya, soalnya Akmal ini anak kedua dari dua bersaudara. Sedangkan Abangnya Akmal yang menetap di Surabaya belum menikah sampe sekarang. Bokap Akmal ini suka banget belain gue di depan istrinya yang suka bikin gue pengen meluk Bapak sampe sesek napas. Hehe... Bercanda.
Dan ada satu hal yang baru-baru ini dilakukan nyokap Akmal yang mengganggu ketenangan hari Jumat gue. Jadi, sejak awal nikah, nyokap Akmal pengen banget gue lanjut kuliah. Oke, gue turutin atas seijin Akmal. Dan setiap Jumat, Sabtu, Minggu, itu hari libur gue kuliah.
Nyokap Akmal yang baru mulai kajian seneng banget nyeret gue ikut dia kajian. Mungkin karena dia tau gue anaknya bar-bar dan penuh dosa. Sebagai menantu yang baik, akhirnya gue manut aja diajakin sama dia kemana juga.
"Sebentar, Bun!" Teriak gue dari dalam kamar. Padahal kalo bukan karena anaknya yang jail ngacak-ngacak kerudung gue. Gue udah keluar dari kamar dari tadi dan gak dapet teriakan maut Ibu kedua tercinta gue.
Dengan kesel gue pentulin ujung kerudung ke bahu sambil natap Akmal yang cuma cekikikan gak jelas. "Puas Lo!" Sewot kan saya!
"Udah ayo cepetan, nanti kamu diteriakin Bunda lagi, lho."
"Gara-gara Lo kan!" Gue tarik tas di atas kasur dan keluar dari pintu kamar.
"Awas kedengaran Bunda, nanti di marahin lagi." Cicit Akmal yang bikin dia makin ketawa gak jelas.
Nyebelin emang! Nyokap Akmal selalu nabok bibir gue kalo tau gue manggil anaknya pake bahasa gue-lo. Oh, walaupun tidak sakit tabokannya nyokap Akmal, tapi mampu bikin mood gue ambyar.
"Lama banget sih kamu!" Kena sembur dong baru turun dari tangga.
"Akmal tuh, Bun. Kerudung aku dari tadi di berantakin mulu sama dia." Adu gue yang gak didenger si ibu satu ini. Sabar Hana, mertua itu orangtua Lo juga.
"Ayo, cepet!" Ajak dia yang gua angguki dengan setengah hati. Meraih tangan Akmal gue cium punggung tangannya dan kasih salam.
"Hati-hati. Jangan pecicilan, inget kamu lagi hamil muda." Pesan Akmal yang gue angguki.
"Tenang, ada Bunda, Mal. Kalo dia pecicilan tangan Bunda siap kasih cubitan maut." Secara spontan gue nutupin kedua lengan gue yang selalu jadi sasaran emak-emak kejam satu ini.
"Udah, ayo!" Beruntunglah kalian jika punya mertua baik hati!
Tapi, dari semua sifat kejamnya nyokap Akmal sebenernya dia itu sayang banget sama gue.
Alasan dia pengen gue kuliah, karena dia gak mau suatu saat gue direndahin sama orang lain karena Akmal lulusan S2.
Atau, kenapa dia selalu rajin ngajak gue ikut kajian fiqih ataupun tajwid. Karena kata ibu mertua tercinta gue, supaya gue bisa ngajarin anak gue agama sendiri suatu hari nanti. Enggak kaya dia yang cuma bayar orang buat ngajarin kedua anaknya padahal dia sendiri gak bisa. Menurut gue, itu alasan paling manis yang bikin gue selalu luluh sama ibu mertua satu ini walau sekeras apapun teriakan dan cubitan maut dia.
Yang paling gue suka juga dari Bunda, asekkk. Karena dia selalu bisa jadi temen curhat ternyaman gue, hal yang gak pernah gue lakuin sama ibu kandung gue tapi justru terasa nyaman sama ibu mertua gue.
Hidup itu ada manis, asin dan pahitnya ya ternyata. Yang bikin gue bisa belajar dan terus belajar jadi lebih baik lagi.
.
.
.
"Kakang Akmal..." Panggil gue yang bikin dia langsung masang muka geli gak jelas. Kata dia, agak aneh di dengernya tapi gue suka.
"Kenapa, Yang?" Asik dipanggil sayang.
"Mau martabak susu keju."
"Berapa?"
"Dua loyang ya."
"Abis gak?"
"Abis donggg! Masa Hana makan sisa. Oh, tidak." Gue emang gak tau malu sih.
"Dasar maruk." Nyinyiran Bunda tercinta tak aku dengarkan. Padahal ibu satu ini baik banget lho di pertemuan kita pertama kali. Sampe ngasih gue duit dua puluh ribu.
"Wajarlah, Bun. Hana kan lagi hamil." Belaan dari bapak membuat gue memberikan kecupan dari sofa seberang ke tempat Bapak duduk di sofa depan gue.
"Dasar genit!" Jeritan bunda buat gue dan bapak ketawa. Bapak itu jail, dan dia akhirnya menemukan gue yang bisa jadi teman jailnya yang pas buat jailin bunda.
🍁🍁🍁
Assalamualaikum🤗
Terimakasih untuk yang sudah mampir, vote, dan komen🙏
Sebenernya cerita Rusak ini berbeda jauh dari apa yang dulu aku pikirin. Tapi, Alhamdulillah bisa rampung juga setelah tiga tahun🥳 dan aku baru sadar publis Rusak pertama kali itu tanggal 10 Juli 2018. Dan sekarang, tanggal yang sama tamatnya juga🥳
Wassalamu'alaikum🤗
The date i publish: 10 Juli 2020
KAMU SEDANG MEMBACA
Rusak (TAMAT)
ChickLitAwal masa remaja gua itu udah rusak! Punya bapak yang seorang tukang kawin dan ibu yang terlalu cinta sama bapak gua yang bikin gua kaya gini!