7 Cara Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi Covid-19

9 1 0
                                    

Nah, Pada kesempatan kali ini kita akan ngasih tau nih gimana sih cara belajar yang efektif selama pandemi Covid-19. Apalagi sekarang banyak kan yang udh pada bosen sama  PJJ yang diadain sekolah begini nih caranya :

 1. Belajar di Waktu yang Tepat

Belajar dirumah buat kita jadi punya banyk waktu , kalian bisa atur jadwal sesuka hati kalian. tergantung kapan kalian bisa fokus karena setiap orang memiliki waktu fokus yang berbeda beda ada yang saat pagi hari langsung bisa fokus atau malah ada yang malam hari baru bisa fokus untuk belajar

2. Jauhkan benda yang membuatmu kurang fokus

Nah, ketika kita lagi belajar pasti banyak hal hal yang buat kita jadi hilang fokus nih.penting banget nih buat kalian untuk menjauhkan  benda benda yang bisa mengalihkan fokus belajar sehingga kita menjadi nyaman dan tenang ketika sedang belajar.

3.Pastikan koneksi internet baik

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika PJJ adalah koneksi internet.Banyak banget yang ketinggalan absen gara gara internet lemot, gabisa ikut Google meet , dan lain lain.  Untuk itu, penting nih buat kalian untuk selalu pastiin kalo koneksi internet kalian sudah bagus apa belum sehingga ketika PJJ udah ga ada masalah lagi.

4. Belajar bareng temen

Nah kalian juga bisa nih  belajar bareng temen, kalau  mau belajar bareng teman juga enggak harus dengan ngumpul bareng, kok. Kalian bisa manfaatkan beragam aplikasi untuk video call.Dengan belajar bareng teman-teman via video call, mungkin kalian jadi lebih semangat. Rasa kantuk dan bosan pun pasti enggak akan ada. 

5.Sediakan Camilan

Yang namanya belajar pasti bikin  tenaga terkuras. Meskipun secara fisik gak banyak bergerak, tetapi belajar menguras tenaga karena berpikir. Supaya tetap semangat dan tak lelah saat belajar, kalian perlu camilan secukupnya. Siapkan camilan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan camilan berkalori tinggi lainnya.

6.Sediakan alat-alat yang digunakan untuk belajar

kalo kalian biasa meminjam alat-alat untuk belajar kepada teman, nah sekarang kalian wajib banget siapin sendiri alat-alat tersebut.Jangan sampai alat-alat untuk belajar ini ga ada pas lagi pelajarannya . perhatikan alat alat untuk belajar sehingga bisa fokus saat belajar. 

7.Sediakan tempat yang nyaman untuk belajar

Pasti banyak dari kalian yang lebih milih belajar sambil rebahan di kasur. Rebahan di kasur memang nyaman, tetapi nyaman untuk beristirahat. Belajar sambil rebahan di kasur bisa membuat badan pegal dan konsentrasi kalian buyar. Kalian juga bisa malah tertidur saat belajar sambil rebahan.

Pilihlah tempat duduk untuk belajar. Usahakan tempat duduk memiliki sandaran dan busa yang nyaman untuk duduk. Selain itu, sediakan meja yang posisinya tak terlalu rendah dan tinggi dari posisi dudukmu.  Sehingga kalian tidak ngantuk dan tetap fokus selama belajar.


Nah, itu dia tadi 7 Cara belajar yang efektif selama dirumah semoga bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa Stay Safe













You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Aug 20, 2020 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

7 Cara Belajar Efektif di Rumah Selama Pandemi Covid-19Where stories live. Discover now