Yang Hilang

2 0 0
                                    

"bisa bicara dengan keluarga pasien?"

"Saya ibunya dok" jawab sang ibu dengan nada gemetar karena syok

"Mari keruangan saya Bu" kemudian Sang ibu berjalan ngeikuti dokter tersebut

"Silahkan duduk dulu Bu"

" Baik Bu , pasien tidak mengalami cedera luar sama sekali ,hanya ada beberapa luka lecet di lengan dan kaki namun pasien kehilangan beberapa ingatannya"

"Anak saya amnesia?" Tanya sang ibu dengan nada syok dan tak percaya

"Kami biasa menyebutnya amnesia psikogenik atau amnesia disosiatif"

"Dia tidak ingat apapun selama ini dok?bahkan namanya?"

"Tidak ibu, pasien hanya kehilangan beberapa ingatannya,saya menduga hanya ingatan beberapa kejadian yang beberapa waktu lalu terjadi, stress yang terjadi beberapa waktu lalu memicu terjadinya gangguan fungsi memori , tetapi ibu tenang saja karena ini amnesia psikogenik jadi tidak ada kerusakan otak struktural dan juga tidak menyebabkan neurobiologis" jawab sang dokter dengan senyuman berharap sang ibu dapat tenang

"Jadi masih bisa kembali ingatannya dok?"

"Masih,ingatan masih ada, tapi tersimpan sangat dalam di pikiran dan tidak dapat diingat. Namun memori tersebut dapat kembali muncul dengan sendirinya atau setelah dipicu oleh sesuatu yang ada di sekitar orang tersebut ,jadi metode penyembuhannya adalah psikoterapi, karena penyebabnya bukan masalah medis jadi setelah ini pasien bisa di bawa pulang , untuk pengobatannya ibu bisa buat janji dengan Dr. Earlyta ,saat ini beliau sedang di ruangan pasien "

"Baik dok terimakasih, permisi " sang ibu kemudian keluar dari ruangan itu

Tepat di depan ruangan sang anak , seorang dokter muda ber- name tag " Earlyta Marissa.Sp.KJ " baru saja keluar dari ruangan tersebut

"Dokter Earlyta?"

"Iya betul, dengan keluarga pasien ruangan ini?"

"Iya saya ibunya"

"Mari bu, ikut saya sebentar"

Sang ibu pun mengikuti sang dokter

"Silahkan duduk Bu"
"Jadi begini pasien mengalami amnesia psikogenik, berdasarkan gejalanya kemungkinan adalah type localized amnesia ,untuk pengobatannya adalah psikoterapi ,saya akan mencoba beberapa jenis psikoterapi ,maaf sebelumnya tapi apa pasien memiliki trauma ,phobia atau jenis gangguan kecemasan seperti PTSD?"

"Anak saya memiliki seberapa phobia sejak kecil dan dia juga menderita PTSD tetapi sudah membaik sebelumnya "

"Boleh saya tau penyebab kecelakaan dan masalah pasien akhir2 ini? Karena saya yakin penyakit ini muncul karena stress berlebih yang dialami pasien mengingat pasien juga memiliki PTSD sebelumnya"

"Anak saya baru saja putus dengan tunangannya ,saya menduga ini adalah penyebab stress tersebut, sedangkan kecelakaannya disebabkan karena kurangnya konsentrasi saat berlari mengejar tunangannya dibandara ,dia terpeleset ditangga kecil di bandara , hanya ada 3 tanjakan kecil tapi kenapa sampai amnesia ya dok?"

"Begini Bu , amnesia bukan hanya dari jatuh tapi juga bisa dari stress berlebih ,jadi sudah jelas bahwa putri ibu ngalami amnesia psikogenik karena stress berlebih"

"Seberapa besar ingatannya yang hilang dok?"

"Tidak banyak hanya saja saat saya tanyakan apa anda memiliki kekasih dia menjawab punya ,jadi dia kehilangan ingatan buruk beberapa waktu lalu saja "

"Jadi bukan kah itu baik?"

"Tidak ibu, justru menutupi permasalahannya membuat pasien akan berhalusinasi dan gangguan PTSD yang dimiliki putri anda semakin memburuk"

"Lalu apa yang harus saya lakukan dok?"

"Saya akan melihat kondisi pasien dalam beberapa waktu kedepan setelah itu kita akan mencoba mengupas fakta perlahan mencoba mengembalikan kenyataannya"

"Berapa lama ini akan terjadi dok?apa saya juga harus menghubungi mantan tunangannya untuk bantuan sementara?"

"Saya rasa tidak sampai 1 bulan karena putri anda ingatannya cukup baik sebelum perpisahannya, bagaimana dengan cara mereka berkomunikasi sebelumnya,apa cukup baik ? karena dari wawancara pasien tadi mereka bukan seperti pasangan kebanyakan tapi cukup baik dan melakukan hubungan long distance relationship?"

"Iya benar ,kami sering pindah2 dari Surabaya - Jakarta - Singapore - Korea , sedangkan tunangannya tinggal di malang ,jadi cukup susah menemukan waktu bertemu, hubungan kami dengan tunangannya juga baik , keluarga kami dan tunangannya juga cukup baik hanya saja tunangannya harus menetap di Belanda untuk selamanya karena harus ikut dengan ayahnya dan ayahnya tidak ingin mereka menikah , kebetulan pria itu tidak pernah merasakan kehadiran sang ayah sejak dini karena perpisahan orangtuanya"

"Kemungkinan besar saat ingatannya kembali dia akan memiliki kebencian terhadap tunangannya tapi hal tersebut dapat di atasi karena ingatannya terhadap tunangannya saat ini adalah hal yang tidak dapat dianggap terlalu manis , dia ingat betul hubungannya begitu renggang karena LDR tersebut jadi kemungkinan untuk kembali menjadi sebelumnya sangatlah besar "

Flashback off

"Tante harap kamu bisa tahan untuk tidak langsung muncul dihadapannya tiba2,ini saran psikiaternya"

"Sampai kapan te? Aku pengen minta maaf ke dia "

"Kamu sih harusnya jujur aja kan enak dulu,gak nutup nutupin masalah segala, tapi kamu balik ayahmu tau kan?"

"Sejak kakak meninggal, ayah gak pernah batesin kemauanku, bunda sama ayah bahkan sudah kembali bersama sejak saat itu ,tapi bisnis tetap aku yang jalanin"

"Ya iya dong kan penerus bisnisnya tinggal kamu , dulu kamu bisa ngelak minta abangmu aja sekarang cuma kamu anak laki-lakinya, udah gak papa bisnis gak seburuk yang kamu pikirkan kok? lagian kakak perempuanmu kan udah nikah jadi wajar mereka pasrah ke kamu" Sahut papanya

"Lagian kamu masih bisa nerusin hobi mu juga kan? Justru bagus dong sekarang gak harus susah2 cari travel murah buat trip perjalananmu?apa mau dirikan perusahaan travel juga?"

"Itu sih udah ada te rencananya tapi aku inget dia pengen usaha travel bareng aku dulu tapi belum kesampaian jadi aku mau tunggu dia inget semuanya dulu "

"Ahhhh kamu romantis juga ya ,ih papa ,mama gemes deh sama mantu mama ini , bikin anak lagi yuk pah biar punya mantu kek gini lagi siapa tau gitu,hehe"

"Bikin anak bikin anak?anak satu aja udah bikin aku kurus ma"

Terdengar gelak tawa sang mantu

"Nanti kalau nikah buat anak yang banyak ya?" Pesan sang mertua

"Kalau itu siap te, haha"

"Huuuu dasar kamu,udah sini nonton bola sama om aja biar otakmu waras dikit ,ambil pisang gorengnya bawa kesini sekalian "

"Hehehe"

Deret deret dret

Smartphone sang ayah berdering, ANAK MANJA

"Anakmu telfon mah ?ada apa tumben?"kata sang ayah

"Halo sayang ada apa?"

"Pah... Kangen kapan pulang?" Suara diseberang sana

"Papa udah dirumah kamu yang dimana?"

"Hah.... Otw pah ,Aku tutup ya ? Aku otw pulang"

Tut...

"Dia mau pulang om?"

"Aku pulang duluan ya om Tante nanti ketahuan lagi, selama ini kita baik2 aja"

"Kita minta maaf ya kamu jadi kucing kucing gini"

"Gak papa Tan ,lagian kalau di bahas yang salah sebenernya-kan aku"

"Kamu hati hati ya"

"Iya om ,aku balik dulu permisi"









....


Happy satnight jomblo🤣
Hahaha ,aku bener bener berharap work ku ini lebih sukses dari work ku dear d 😔

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 22, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

How To Get Away From You Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang