08. Cinta

823 23 0
                                    

"Cintamu kepada sesuatu akan membutakan dan membuatmu tuli." (Fihi Ma Fihi hal. 236)

Quotes ini menceritakan tentang Iblis yang dikeluarkan Allah dari surga karena menolak untuk bersujud kepada Nabi Adam. Iblis malah menentang perintah Allah dan berkata "Engkau ciptakan aku dari api sementara dia Engkau ciptakan dari tanah." (Qs. al-A'raf:12)
Iblis juga berkata, "Ya Tuhan, Engkau telah menciptakan segalanya, ini adalah kehendak-Mu, dan sekarang Engkau mengutuk dan mengusirku."
Berbeda dengan Iblis, saat Nabi Adam melakukan kesalahan beliau juga diusir dari surga. Tapi beliau menerimanya begitu saja tanpa protes sedikitpun kepada Tuhan. Justru tanggapan beliau inilah yang sungguh sangat menyentuh hati.
Tuhan bertanya kepada Nabi Adam kenapa Ia tidak protes padahal bisa saja Nabi Adam berdalih kalau semua yang terjadi itu sudah atas izin dan kehendak Allah (sudah tertulis jauh lebih dahulu di lauhulmahfuz) lalu kenapa Ia masih di hukum? Harusnya Nabi Adam bisa saja protes seperti itu kepada Allah. Tapi tidak, justru Nabi Adam menerimanya begitu saja.
Nabi Adam menjawab pertanyaan dari Allah dengan jawaban yang sangat menyentuh hati.
Nabi adam menjawab, "Tuhanku, aku tahu itu, tetapi aku tidak ingin meninggalkan tata kramaku di hadapan-Mu dan cinta tidak akan membuatku merasa tersakiti."

#Sudahkah kita bisa mencintai Allah hingga setiap ujian dari-Nya tak mampu menyakiti kita?
(Kisah ini diambil dari Fihi Ma Fihi karya Maulana Jalaluddin Rumi hal. 236-237)

Quotes dari Kitab Fihi Ma FihiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang