Kesesuaian tema
Tahun ini, #WYM2020 mengangkat tema mental disorder, jadi cerita yang dibuat harus menyangkut mental disorder, ya.
Ingat, pembahasan mental disorder harus menjadi salah satu bagian mayor dari cerita. Tidak cuma sebagai pelengkap atau tambahan.
Kamu bisa cari tahu tentang mental disorder, berikut macam-macam dan dampaknya di berbagai website, bahkan film atau drama Korea.
---
Alur yang menarik dan rapiAlur cerita merupakan penilaian terpenting, ya.
Juri akan melihat apakah cerita yang kamu buat memiliki jalan cerita awal, tengah, dan akhir yang tersusun rapi. Tidak lompat-lompat kejadian dan saling tumpang tindih. Kalaupun alurnya mundur, tidak tumpang tindih seolah cerita langsung pindah seperti banting setir, ya.
Sebuah cerita yang rapi juga memiliki serangkaian peristiwa yang tersusun sebab akibatnya. Jadi, tidak secara kebetulan sebuah peristiwa terjadi tanpa alasan, ya.
Kejutan-kejutan seperti twist akan menambah daya tarik, lho.
---
Penokohan kuat
Tokoh memiliki peranan utama dalam sebuah cerita. Penulis bebas membangun tokoh seperti apa saja. Mau yang galak, pemalu, humoris, bad boy, bad girl, apa saja boleh. Yang dinilai adalah bagaimana penulis dapat menciptakan tokoh yang sangat relevan dengan isi dan jalan cerita.
Misalnya, kamu mau membuat tokoh utamanya itu humoris dan heboh. Buatlah adegan-adegan konyol atau dialog si tokoh yang lucu.
Penggambaran fisik tokoh juga cukup penting. Jangan cuma katakan tokohmu tampan, tapi usahakan deskripsikan sebuah ciri khas fisik yang mampu membuat pembaca mengenali khas tokohmu.
---
Penulisan rapi
Tulisan yang rapi adalah dengan memperhatikan kaidah penulisan yang benar sesuai aturan PUEBI. Kamu bisa belajar soal PUEBI dari mana saja. Bisa download aplikasinya di playstore, atau mencari e-book tentang PUEBI yang benar. Tidak harus sempurna, tapi paling tidak, nyaman dibaca.
---
Popularitas cerita
Tidak dapat dimungkiri bahwa popularitas cerita menjadi hal yang diperhatikan. Kamu bisa mengusahakan karyamu agar dibaca oleh banyak orang dengan rajin update dan banyak-banyak promosi. Buatlah konten menarik seputar karyamu. Maksimalkan dengan konsisten melakukannya. Percayalah bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha.