2010
Tahun itu adalah tahun yang berkesan buat gua, dimana pada saat itu umur gua udah 7 tahun dan udah kelas 1 SD, banyak ngerasaiin hal-hal yang wow banget dan menarik. Ayah gua udah lama merantau ke jakarta sejak gua masih kecil, dalam memory gua ngga pernah ada terlintas kenangan kecil gua sama beliau mungkin karena gua masih kecil banget belum bisa ngengingat dengan jelas sepertinya kaya gitu, dan malaikat tercantik sedunia mama gua pada saat itu umurnya 37 tahun, sumpah cantiknya minta ampun gua sendiri insecure sama mama gua, mama gua pahlawan gua wonder woman gua, dia kerja keras banget buat ngehidupin gua, segala pekerjaan udah pernah dia coba, setiap kali gua ke sekolah gua ngga dikasih uang jajan, tapi di kasih snack sumpah itu seneng banget dibanding dikasih uang jajan dan untuk anak-anak kelahiran 2000-an pasti udah pernah ngerasa hal kek ginian..
Oh iya hampir lupa kenalin nama gua jasmine gua anak tunggal, ok lanjut mulai dari tahun itu gua udah terobsesi banget sama peringkat kelas gua, seingat gua pas hari dimana penerimaan raport bibi gua yg nerimaiin punya gua & gua ngga ikut nemenin bibi gua karena saat itu gua lagi flu sumpah gua dikamar berdoa terus semoga gua dapat rangking 1 tapi realifenya gua dapat ranking 4 sumpah gua sedih banget saat itu, walaupun orang tua gua ngga pernah ngemaksaiin gua buat dapat rangking 1 terus tapi itu keinginan gua banget saat umur gua 7 tahun. Seiring berjalannya waktu gua punya sahabat namanya tika dia sekelas sama gua dia rangking 1 terus alasan gua berteman sama dia bukan karena dia pintar aja tapi karena sistem kekerabatan, keluarganya deket sama keluarga gua dan kebetulan kita sekelas yah itu salah faktor gua sama tika bisa jadi sahabat..Pada tahun 2012
Mama gua ngerencanain kita buat pindah ke jakarta ngikut ayah gua, disaat itu gua ngga ngerasa sedih harus berpisah sama orang-orang disana intinya dalam pikiran gua ini adalah jalan-jalan atau vacation sesuatu yang menyenangkan karena bisa ngelihat dunia baru, mungkin juga pada saat itu gua masih kecil belum ngerti apa-apa.🤔
Sesampainya gua dijakarta gua sekolah di SDN 1 Bunda Mulia dan gua udah masuk dikelas 3 SD, saat gua ngedaftar sekolah murid-murid cowok itu ngantre depan pintu kantor buat ngelihat gua literally gua saat itu bikin muka malas tau aja,, klo bisa dibilang sih gua waktu SD cukup populer, mulai dari saat kelas 3 SD - SMA gua rangking 1 terus wah bener-bener usaha ngga mengecewakan hasil.Saat gua SMA kelas 3 gua mulai dilema sama urusan perkuliahan, orang tua gua masih bisa sih ngebiayain kampus gua tapi bukan kampus populer menurut gua kampus ini, sering di daftar sama anak-anak yg ngga diterima di univ negeri atau dalam tanda kutip anak-anak yang kurang mampu dalam biaya kuliah.
Bagi gua sih fine-fine aja kalau univnya itu berakreditasi a atau b dan fasilitasnya memadai lah tapi univnya berkekurangan dan dosennya mals tau aja gitu, hal itu jauh banget sama ekspektasi gua sumpah gua bener" pengen sukses jadi gua pengen dapat ilmu dan experience yang bermutu dari kampus yang baik.Setelah lamanya beriring waktu gua berencana ngga mau ngesulitin atau ngesusahin orang tua gua karena mimpi gua yang tinggi banget and now gua mulai ngesearch di internet beasiswa full funded, entah itu dalam maupun luar negeri gua perlu banget. Setelah lamanya menjelajahi scholarship yang ada gua mulai dapatin informasu beasiswa full funded tapi di luar negeri..
Oh my goshh.. saat itu gua mulai panik dalam otak gua ngisinya cuma apa bener ortu gua ngijinin gua buat study abroad, wahh gua mulai over thingking banget buat beasiswa ini. "Okay calm down" kata gua dalam hati buat nenangin diri gua sendiri soalnya gua punya gangguan kepanikan or over panic.
Pertama-tama gua berencana ngomongin ini sama orang tua gua lebih dulu tapi setelah beberapa hari ini karena ayah gua dipecat di perusahaannya kini dia nganggur, di mulai emosi nggakaruan emosinya ngga stabil apa yg dilihatnya ngga bener langsung marah. Gua sabar gua ngebatalin rencana gua buat ngomongin soal beasiswa ini ke ortu gua bisa dibilang juga biaya buat ngelengkapin persyaratannya cukup besar dan peluang gua buat lolos dipertaruhkan apabila gua ngga lolos uangnya sia-sia dan bisa aja di pake buat daftar kuliah klo gua ngga ngedaftar beasiswa ini .
"Rencana Tuhan ngga ada yg tahu" salah satu kalimat favorit gua yg buat gua bangun kembali dari pikiran yg buruk.
Waktu gua SMA kelas 1 gua mulai nyeritaiin ke ayah gua soal cita-cita gua dan kedepannya gua pengen jadi apa, cita-cita yg gua ucap pertama kali saat itu adalah gua pengen jadi dokter, ayah gua yang awal mukanya sumringah karena gua udah beraniin diri ngomong soal cita-cita gua kini wajahnya kembali masam saat dengar cita-cita gua.. wahh apa yang salah sama gua apa terlalu tinggi yaa.."gumam gua dalam hati"😐
Keesokan harinya ayah gua marah-marah ngga tau sebabnya apa !! Setelah banyaknya topik pembicaraan yg dijadikannya sebuah permasalahan, & mulai bicara soal gua katanya" jasmine ngga usahlah mimpi tinggi-tinggi atau cita-cita yg tinggi ngga usah buat diri mu seperti orang kaya ..udah tau ortu ngga mampu ngga usahlah mimpi setinggi ituu buat susah orang tua saja.."
What apa ini !!! Salah apa aku..wahh terkadang aku sedih harus dilahirkan di kehidupan ini aku menyesal bukan karena terlahir dikeluarga kurang mampu tapi karena keluarga ku tidak mendukung atau ngesuport gua atas pilihan gua.
Mulai saat itu dan detik itu gua mulai tertutup soal kehidupan gua ke ayah gua, gua mulai bersikap dingin sama dia, entah apa yg ia ucapkan gua sangat merasa terganggu, berbeda dengan mama saya, orang yg pertama kali saya ceritakan soal beasiswa ini adalah ke mama saya, saya menyakinkan ia bahwa saya bisa berkuliah ke luar negeri awalnya kurang setuju tapi lama kelamaan hatinya mulai luluh dan setuju, ini nii yang gua idamkan selama hidup gua.
Walaupun mama gua udah setuju tapi hati gua masih sakit banget sama perkataan ayah gua, malam itu gua mulai masuk ke kamar gua matiin lampu nutup wajah gua pake selimut lalu gua nangis sepuas hati sumpah habis nangis itu perasaan gua enak banget walau pikiran masih mumet.
Keesokan harinya gua mulai ngurus segala persyaratannya di tambah dari uang tabungan gua sama dikasih sedikit bantuan dari mama gua buat ngeberesin segala persyaratannya, setelah semuanya udah beres gua mulai ngirim dokumen-dokumennya ke pihak yang bersangkutan. Dan selama proses pengumpulan persyaratan itu gua belum nyeritaiin ke ayah gua ini masih rahasia & gua tunggu sampai gua dinyatakan lolos baru ngasih tahu ke ayah gua.