Ayo Tulis Namamu!

85 6 0
                                    

Aturan Menulis Nama Dengan Huruf Thai

Tulis Sesuai Dengan Cara bacanya, Bukan Tulisannya

Contoh: "Ricardo" (baca= Rikardo), jadi kita menulisnya รีคาร์โด bukan รีจาร์โด (Ricardo).

Contoh: "Aditya" (baca= Aditia), jadi kita menulisnya อาดีเตีย bukan อาดีตยา (Aditya).

Gunakan Huruf Yang Sering Digunakan

Secara teknis, dalam penulisan nama semua huruf boleh digunakan.

Contohnya pada huruf "L" lebih sering digunakan ล daripada ฬ.

Umumnya Menggunakan Huruf Vokal Panjang

Huruf Vokal "A" (อั) Dan "Eu" (อื) Harus Selalu Diakhiri Dengan Konsonan Final

Contoh: "Ratna" = รัทนา (Ratna).

Contoh: "Eulis" = อือลีส (Eulis).

Huruf Vokal "A" (ะ) Selalu Berada Di Akhir Sebuah Suku Kata, Tidak Boleh Ada Konsonan Final

Kecuali jika dalam sebuah kata tersebut memang memiliki 2 suku kata terpisah. Contohnya Jirayu La-Ongmanii = จิรายุ ละอองมณี.

Contoh: "Ratna" = ระทนา (ini salah karena T nya menjadi final dari "rat" dan "rat" pakai vokal A yang อะ. Seharusnya pakai vokal A yang อา atau อั). Yang benar adalah ราทนา / รัทนา

Huruf "V" Dan "W" Menggunakan Aksara Yang Sama

Penulisan huruf "V" dan "W" dalam Bahasa Thai sama-sama menggunakan aksara ว.

Penulisan Huruf "Z"

Penulisan huruf "Z" dalam Bahasa Thai menggunakan aksara ซ.

Penulisan Huruf "G" dan "K"

Biasanya penulisan huruf "G" dalam Bahasa Thai menggunakan aksara ก.

Sedangkan untuk penulisan huruf "K" menggunakan aksara ค.

Penggunaan Simbol Nada

Penggunaan simbol nada dalam penulisan nama diperbolehkan.

Penggunaan Karan (อ์)

Penggunaan Karan (อ์) sebenarnya untuk menghilangkan suara dari konsonan atau kombinasi konsonan dan vokal. Tetapi Karan juga sebagai pembantu untuk mengucapkan kata dari bahasa asing menggunakan sistem penulisan Bahasa Thai.

Penggunaan Karan (อ์) untuk penulisan nama berlaku untuk huruf "R", dan "S" yang berada di akhir suku kata.

Contoh: "Ricardo" = รีคาร์โด (Rikardo).

Contoh: "Rosna" = รอส์นา (Rosna).

30/12/20

[On Hold] Let's Learn All About Thailand!Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang