one.

106 14 1
                                    

"Ma, cita-cita Asa itu seni, bukan kedokteran kaya yang Mama mau. Izinin Asa sekolah di luar negeri, Asa janji bakal banggain Mama."

Seratus satu kalinya gua bujuk Mama yang sekarang lagi di negeri tetangga, tapi seratus satu kali juga Mama nolak dengan sejuta alasan yang dirangkum dalam kalimat 'seni adalah sampah'. Jelas, nggak mudah.

Mama tipe orang keras kepala, sama kaya gua sebenernya. Perlu usaha keras buat patahin apa yang Mama kekang. Seni itu sampah, katanya. Mama juga tipe yang nggak bisa diganggu gugat. Kalo A ya A, kalo B ya B.

"Sa, kamu nggak jengah apa denger alasan Mama nolak kamu? Seni cuma sampah, nggak bakal menjamin masa depan kamu! Punya cita-cita yang bener, dong." jawab Mama di seberang sana.

Gua berhenti jalan turunin tangga, berkacak pinggang sambil dumel pelan. Mama susah banget, serius. Tadi apa? Maksud Mama cita-cita Asa cuma belaka gitu?

"Kasih Asa kesempatan satu kali, Ma. Asa janji bakal banggain Mama." gua masih belum nyerah. Perjuangan nggak boleh setengah-setengah, gitu kata Papa.

"Harapan Mama cuma Asa, kenapa sih Nak?! Kamu tuh pinter, kenapa harus pilih seni sedangkan kamu bisa masuk kedokteran dengan gampang?"

"Asa sadar itu bukan cita-cita Asa." jawab gua, lanjut jalan dan temuin Papa lagi duduk di meja makan sambil seruput kopi buatan Bi Minah. "Mama tega maksain anak sendiri?"

"Terserah kamu, Mama banyak kerjaan! Kita bahas nanti."

Dah, gitu. Mama langsung matiin telfon tanpa liat ekspresi gua yang dramatis. Atensi gua beralih ke Papa yang ketawa, buat gua senyum kecut dan nyamperin Papa.

"Gimana, Sa?" sambut Papa waktu gua ambil duduk di depannya.

Gua diam, hembus napas capek. Semingguan ini gua sibuk bujuk Mama buat kuliah di luar negeri. Seandainya itu jurusan kedokteran, pasti Mama bakal kasih izin. Tapi masalahnya, ini soal seni yang mana Mama benci banget, man.

"Duh, Asa capek Pa. Mama keras kepala betul, bantuin Asa bujuk Mama ya?" pinta gua, udah buntu mau bujuk pakai cara apalagi. Gua kan anaknya monoton, nggak tau cara yang terbaik buat patahin presepsi Mama tentang seni.

"Nggak, Papa nggak mau bantu. Kamu harus kerja sendiri."

Nah, ini yang harus lu semua tau. Kalo Mama keras kepala, berarti Papa lebih. Kadang gua heran. Semesta punya tujuan apa nyatuin dua makhluk keras kepala kaya mereka?

Astagfirullah, biar pun gitu, mereka juga orang tua gua.

Oke, Sa. Lu cuma perlu bujuk Mama sekali lagi. Kalo tetap nggak diizinin, maaf Ma, Asa nekat.

Good luck for myself.

***

Fatal, Sa.

Gua bodoh. Bisa-bisanya ngajak Mama debat padahal beliau capek habis balik kerja dari Singapur. Mama jelas nolak gua bahkan teriak-teriak, yang mana bikin rencana gua runyam seketika.

Harusnya gua biarin Mama istirahat, atau bisa lah gua buatin teh hijau hangat kesukaan Mama, setelah itu baru ajak ngomong. Tapi gua dengan gamblangnya bilang-Ma izinin Asa ngejar cita-cita ya-di mana Mama masih lepas sepatu.

"Sekali Mama bilang nggak, ya nggak, Nak!"

Masih untung sepatu nggak mendarat di muka gua.

Orang tua memang harus dipatuhi segala ucapannya, tapi gua juga berhak nentuin jalan hidup sendiri. Gua nggak bisa terus ngikutin kemauan Mama, gua nggak mau berakhir tragis dalam masa depan yang gua denial terus.

Papa setuju, karena Papa bukan tipe yang menuntut anak. Beliau netral, kasih gua kebebasan dari dulu. Kalo Mama, beliau selalu nuntut gua.

Gua harus jadi nomor satu, harus selalu di atas. Harusnya digaris bawahi. Kebayang dulu Mama sempet kecewa sampai marah besar gara-gara gua peringkat 3 di jenjang SMA semester 4.

Nyerah. Gua mau nurutin kemauan sendiri sekarang. Peringkat itu nggak penting, yang penting kerja keras kita yang bener-bener bikin kaya, oh jadi gini rasanya berjuang?

Ngerti nggak?

Fyi, gua lagi santai di balkon, nikmatin angin malam yang sumpah gua suka banget. Favorit lah.

Tiba-tiba ada yang usap rambut gua dari belakang, otomatis buat gua respon kaget balik badan. Mama rupanya. Beliau masuk tapi gua memang nggak denger ada yang buka pintu.

"Maafin, Mama."

"Ma?"

"Mama izinin Asa kejar cita-cita."

Di mata Mama yang melengkung senyum, ada bintang berkilau. Cantik banget.

Ah, Eropa, I'm coming!

***

gelamiour, 2021

𝐩𝐚𝐫𝐚𝐝𝐢𝐠𝐦𝐚Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang