Oleh : omnichrome
Malam itu Jack lalui seperti malam-malam biasanya, berselancar di deep web dan mencari situs yang tampak menarik baginya. Namun ia tak pernah menyangka situs yang diretasnya malam itu menciptakan malapetaka bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya.
QuakerSims, sebuah aplikasi yang dapat menyimulasikan gempa secara nyata di permukaan Bumi. Jack menemukan bahwa program tersebut dapat mengirimkan sinyal ke alat earthquake detector yang ditanam di dalam tanah, kemudian menciptakan gempa buatan dengan cara menyuntikkan cairan ke dalam zona sesar sehingga menimbulkan gempa kecil. Earthquake detector itu terhubung dengan pembuangan limbah cair dari berbagai pabrik di daerah tersebut.
Berbekal kemampuan programming dan rasa penasarannya, Jack memberanikan diri untuk mencoba aplikasi yang belum matang itu. Namun karena keangkuhannya, ia malah mengacaukan program semula dan justru menciptakan gempa yang lebih besar dari seharusnya. Pukul 12 tengah malam tanah di Distrik Alpha tiba-tiba berguncang hebat selama 1 detik. Getarannya membangunkan semua orang yang tertidur dan menjatuhkan orang-orang yang berdiri. Jack lega karena gempa yang terjadi belum sempat menimbulkan kerusakan.
Tepat pukul 6 keesokan harinya, sebuah gempa terjadi di Distrik Beta dengan durasi getaran selama 2 detik, kali ini menimbulkan kerusakan yang siginifikan. Mulai diliputi rasa was-was, tetapi Jack hanya menganggap ini hanya kebetulan. Rasa was-was itu semakin memuncak ketika mendengar berita yang sama dari Distrik Gamma siang harinya, kali ini terjadi selama 4 detik.
Jack menyadari bahwa durasi gempa yang terjadi mengikuti deret Fibonacci yang sangat erat kaitannya dengan algoritma pemrograman, sedangkan distrik yang terdampak mengikuti urutan abjad Yunani. Ia juga menyimpulkan bahwa gempa akan terjadi setiap 6 jam. Jack memiliki waktu 36 jam untuk memperbaiki program QuakerSims sebelum gempa menyerang Distrik Iota tempatnya berada.
Dalam 36 jam Jack menghubungi dua orang teman untuk membantunya menghentikan gempa. Salah satunya adalah Rick, seorang engineer sekaligus pencuri ulung yang Jack tugaskan untuk menyusup ke berbagai pabrik dan menyabotase saluran pembuangannya untuk mencegah penyuntikan limbah ke dalam tanah. Satunya lagi yaitu Nick, partner Jack dalam dunia hacking yang bertugas membantunya untuk kembali mencari celah dalam program QuakerSims untuk menghentikan rangkaian gempa yang terjadi.
KAMU SEDANG MEMBACA
The QuakerSims by Omnichrome
Science FictionAbstract screenplay by Omnichrome berjudul The QuakerSims. Authorians' #1 Theme Abstract and Short Story Challenge. Premis : "Pukul 12 tengah malam tanah tiba-tiba berguncang hebat selama 1 detik. Getarannya membangunkan semua orang yang tertidur da...