•••••••••••
KRi Nanggala.
KRI Nanggala 402 merupakan kapal selam kedua dalam jenis cakra. KRI Nanggala berada di bawah kendali satuan kapal selam komando armada RI kawasan timur. Kapal ini merupakan kapal kedua yang menyandang nama Nanggala dalam jajaran TNI Al. Dan termasuk dalam armada pemukul angkatan laut.
KRI Nanggala 402 merupakan salah satu kapal selam dari 5 kapal selam yang di miliki Indonesia. Kapal ini di produksi perusahaan Jerman pada 1979. Dan di beli oleh Indonesia pada 1981. Dan di perkirakan usianya sekarang adalah -+40 tahun.
_Tragedi kelam pun di mulai_
,,,,,
Hari itu, KRI Nanggala hendak melakukan latihan penembakan torpedo di perairan utara Bali.
Namun naas, KRI Nanggala 402 pun akhirnya hilang kontak. KRI Nanggala 402 membawa 53 personal yang berisikan sebanyak 49 anak buah kapal(ABK), satu komandan kapal, dan tiga operator artileri senjata angkatan laut atau arsenal.
_____________________
Mengemban tugas negara tidak lah mudah. Jika sewaktu-waktu nyawa melayang, itu adalah resiko yang harus kita ambil.
Keutuhan dan kedaulatan NKRI adalah harga mati.Siapa sih yang tidak mau menjadi TNI?
Pasti semua orang mau. Namun... Tidaklah mudah untuk melakukan nya. Ada banyak resiko besar yang harus kita ambil.Pertama, saat pemula, kita tidak bisa berjumpa dengan orang tua, sanak saudara, dan teman-teman.
Kedua, ada resiko besar yang kita ambil saat mengemban tugas itu.Satu hal, saat kita menikah, jika sewaktu-waktu kita harus meninggalkan anak istri sendiri di rumah, kita harus tabah.
Karena, itu adalah tugas negara dan amanah yang kita emban."Lautan itu kelam,dalam, hitam, menakutkan, dan penuh dengan tanda tanya dan misteri.
Tidak ada satupun orang yang mampu memahami nya."Nanggala, kapal selam yang di juluki sebagai monster laut ini telah mengalami kejadian tragis.
Bagaimana tidak, pada Rabu, 21 April 2021, telah hilang kontak pada perairan utara laut Bali saat melakukan latihan penembakan torpedo.Coba kita bayangkan, jika kita yang berada di sana. Pasti tidak bisa terbayangkan oleh kita. Laut begitu dalam, apalagi katanya Nanggala ini tenggelam dalam kedalaman 850 meter.
Apalagi, saat kita melihat di beberapa sosial media yang menggugah detik-detik saat kapal selam itu menyelam untuk selama-lama nya, kita sangat terpukul atas berita itu.
Kita memang bukan siapa-siapa mereka, tetapi.. jika di lihat dari sisi lain, mereka adalah putra-putra terbaik bangsa.Mungkin... Sang Nanggala itu lebih senang tenggelam bersama mereka.
Betapa sedihnya hati para keluarga. Tidak bisa di bayangkan bukan?
^^^^^
*NANGGALA 402 :Tugas terkahir menjaga samudra*.........
"NANGGALA, usia mu boleh. Tua. Tapi.. mohon bersahabat lah dengan 53 TNI kami."
_Ilustrasi_
Lautan pov!
Mulanya baik-baik saja, namun... Tiba-tiba saja kapal terasa goyang dan mengguncang.
Semuanya tak henti-hentinya memanjatkan doa dan menyebut nama Allah yang maha segalanya.
"Ya Allah, ya Rahman, ya rahim. Jika memang waktunya, maka hamba siap sebagai pahlawan NKRI ini."
"Allahuakbar!"
"Astaghfirullah!"
"Ya Allah, permudahkan lah urusan kami ya Allah."
"Tolong! Tolong!"
"Tenang saja, jika Allah sudah berkehendak, maka tidak akan ada satupun orang yang mampu merubahnya. Allahuakbar!"
"Allahuakbar!"
Ada yang ketakutan, ada yang pasrah, ada yang bersalawatan, dan ada juga yang tenang tapi, dalam diamnya sungguh sangat ketakutan.
Allahualam.
"Ya Allah, jika memang belum waktunya, maka berikanlah kami keselamatan. Ya Allah, ada anak dan istri hamba yang harus hamba kasih kabar."
"Ya Allah, permudahkan semuanya!"
"Ibukkkk!"
1, 2, 3, 4, 5.....
|°°°°°°°°°°°°|
Dan, akhirnya pada Sabtu 24 April 2021 kemarin, KRI Nanggala pun dinyatakan telah berpatroli untuk selama-lama nya.
KRI Nanggala di nyatakan tenggelam dan kemungkinan besar telah mengalami retakan. Mari kita semua mendoakan yang terbaik untuk prajurit-prajurit pilihan ini. Mereka adalah pahlawan yang mempertahankan tanah air.
Dan.. Status nya sekarang adalah eternal patrol(berpatroli selamanya)para prajurit sungguh siap menjalani semua tugas pengabdian sebagai slogan kapal selam."NANGGALA,kau terlalu dalam saat menyelam. Hingga akhirnya, kau tengelam di lautan dalam."
Alfatihah untuk semua 53 personal TNI terbaik bangsa.
Kau, adalah sang monster lautan yang perkasa! Tugas mu sudah selesai. Terimakasih atas semuanya☺️🙏Salam, author manis.
Sumber:Google✓
KAMU SEDANG MEMBACA
KRI NANGGALA 402 √|Sang monster lautan|√
PertualanganHy, hy, hy.... Sebelumnya author ucapkan terima kasih banyak atas dukungan kalian semua. oh ya, jangan sungkan-sungkan mampir! kasih dikit lah vote nya, biar author semangat☺️ ini, adalah kisah sang monster lautan, "Nanggala". semoga kalian suka ya�...