Bagian 1

2.3K 325 53
                                    

Pagi gue masih sama, setelah gue putus sama si Laskar tempo hari gak ada yang berubah dari hari-hari gue, kecuali tanpa kehadiran sosok dia di samping gue. Tapi gak apa, gue udah bisa move on searang. Gila aja kalo gue kagak move on padahal udah 6 bulan gue putus sama dia, dan di tambah sekarang gue udah naek kelas, gue udah jadi anak kelas 3 SMA . Prioritas gue sekarang lulus sekolah, bukan ngurusin cinta-cintaan. Bisa abis gue sama Emak gue kalo gue kagak lulus sekolah.

Kaya anak-anak yang lain pagi ini, gue ikutan desek-desekan depan mading buat liat gue masuk kelas mana. Tiap penaikan kelas sekolah gue emang punya sistem acak kelas, jadi tiap tahunnya temen sekelas gue beda-beda, tapi emang sih kebanyakan gue sekelasnya sama yang bego dari pada yang pinter.

Kelas 12 IPS 4. Itu kelas gue sekarang, dan gue langsung jalan ke kelas gue tanpa perlu liat daftar calon temen sekelas gue nanti. Toh nanti juga tau gue bakal sekelas sama siapa aja. Kelas masih kosong, baru ada beberapa orang yang udah duduk nangkring di bangku inceran mereka masing-masing. Gue ngincer bangku di barisan ke empat dari pintu alias barisan paling ujung tapi deret ke 3, biar gue duduknya di tengah-tengah, kagak terlalu depan juga terlalu belakang.

Gue simpen tas gue, terus duduk di bangku gue sambil ngemil gorengan buat sarapan yang gue beli di kantin tadi. Gue kagak sempet sarapan tadi di rumah, kalo hari pertama sekolah pas kenaikan itu Emak gue suka ngeburu-buru gue buat pergi sekolah, katanya biar gue kebagian bangku. Padahal bangku di sekolah gue udah pas, udah di atur juga, jadi kagak mungkin gue kagak dapet bangku. Kalopun gue gak dapet bangku, masih ada bangku guru yang bisa gue begal.

"UMA GUE KANGEN! KITA SEKELAS LAGI TERNYATA!"
Teriak si Ucok pas dia liat gue. Kangen apanya lo Cok, orang hampir tiap hari pas liburan kita ketemuan buat maen layangan. Kagak usah lebay lo Cok.

"Bosen amat gue sekelas sama lo lagi Cok."
Dari kelas satu sampe kelas 2 gue selalu satu kelas sama si Ucok, masa iya kelas 3 juga sekelas lagi gue sama dia.

"Ini udah takdir kita Ma, kita di takdirkan selalu bersama."
Cengir si Ucok sambil ngembat gorengan gue. Sialan lo Cok, maen ngembat gorengan gue aja.

"Najis."
Gue sama si Ucok ngobrol ngalor ngidul sampe bel sekolah masuk bunyi dan kelas pelan-pelan udah penuh sama penghuninya yang pada pake seragam baru semua, termasuk gue. Masa kelas baru baju kagak baru, harus baru juga dong biar afdol. Kelas yang awalnya gaduh mendadak sepi pas ada seseorang masuk.

Anjing itu si Laskar!

Gue sekelas sama tuh bocah. Padahal selama ini gue udah susah-susah buat ngehindarin dia sampe gue bisa move on kaya sekarang. Gue kagak naif, gue takutnya kalo keseringan liat tuh bocah gue bakal baper terus teringat masa lalu pas kita dulu masih lope-lope.

"Ma, kita sekelas sama si Laskar." Bisik si Ucok. Gue tau tuh bocah yang sekarang lagi jalan dengan tampang dia yang masih ngantuk, baju kusut, dan rambut gondrong dia yang acak-acakaan, gue tau dia si Laskar Cok. Lo gak usah memperjelas juga.

Si Laskar duduk di bangku paling depan yang emang jadi satu-satunya bangku yang kosong. Anjir! Tuh bocah santai amat duduk di bangku paling depan, deket meja guru pula. Gue tau tuh bocah waktu SMP emang pinter, tapi ngeliat kelakuan dia sekarang yang macem pereman, gue kagak yakin kalo otak dia masih seencer dulu. Tuh otak pasti udah kesumbat sama duit palakan.

Gak lama kemudian Bu Sukma masuk dan ngasih tau kita kalo sekarang dia jadi wali kelas buat kelas gue buat satu tahun ke depan. Seenggaknya wali kelas gue bukan Pak Ishak yang tersohor galak. Kalo tuh guru jadi wali kelas gue yang ada manusia macem si Laskarnya, bisa di pastiin bakal gonjang-ganjing dunia persilatan kelas 3 IPS 4.

"Laskar, kenapa rambut kamu gondrong?"
Tanya Bu Sukma lebut.

"Gak sempet cukur Bu."
Jawab si Laskar santai.

"Besok cukur rambut kamu ya."
Tuh kan untung wali kelas gue Bu Sukma yang baik hati dan tidak sombong, coba kalo guru lain, udah abis tuh si Laskar di maki sama di ceramahin gara-gara rambut gondrongnya.

"Ok, berhubung ini hari pertama kalian sekolah. Hari ini Ibu cuma mau ngasih daftar pelajaran sama pemilihan ketua kelas, sekertaris, dan bendahara. Juga kita bikin jadwal untuk piket."
Ah elah piket, gue paling males sama yang namanya piket.

"Siapa yang mau mencalonkan diri jadi ketua kelas?"
Tanya Bu Sukma. Dan emang dasarnya anak di kelas gue pada gak ada ahlaknya, kagak ada yang ngangkat tangan satupun buat ikutan pemilu ketua kelas. Ok dah gue sekelas sama orang-orang yang bego lagi sekarang.

"Masa gak ada yang mau?"
Tanya Bu Sukma lagi.

"Bu, kata Bapak saya jadi pemimpin itu tanggung jawabnya berat. Beban hidup saya udah berat Bu."
Celetuk si Epul temen sekelas gue.

"Bu, saya ngejer si Ajeng aja gak mampu, apa lagi kalo harus jadi ketua kelas."
Lah ini malah si Madun pake curhat segala.

"Kalo saya gak mau jadi ketua kelas Bu, saya maunya jadi Imam buat Ibu aja."
Lah lo malah ngegombal gembel segala Cok. Insaf lo Cok, Bu Sukma udah punya laki.

"Kalian itu di suruh mengemban tugas kok pada gak mau."
Bu Sukma geleng-geleng. Yang sabar ya Bu, ini ujian.

"Kalo gitu biar Ibu aja yang pilih sendiri."
Lanjut Bu Sukma.

"Laskar, kamu jadi ketua kelas."
Anjir! Si Laskar jadi ketua kelas. Nih kelas bakal tambah angker kalo tuh bocah jadi ketua kelas. Ada dia aja di sini suasanya udah mencekam, apa lagi kalo dia jadi ketua kelas.

"Terserah."
Nih bocah malah bilang terserah dan bukannya nolak lagi. Kar lo itu gak ada pantes-pantesnya buat jadi ketua kelas, muka lo yang sangar kagak cocok Kar. Tapi lebih gak cocok lagi kelakuan lo Kar.

"Buat sekertaris."
Bu Sukma liat absen buat milih-milih calon sekertaris.

"Puji, kamu jadi sekertaris."
Lanjut Bu Sukma.

"Tapi Bu, tulisan saya jelek."
Kata tuh cewek yang namanya Puji.

"Gak apa-apa, dokter aja tulisannya pada jelek kok."
Bener tuh Bu, dokter aja tulisannya pada jelek. Masa iya sekertaris kagak boleh tulisannya jelek.

"Terus buat bendahara."
Bu Sukma balik ngeliatin absen lagi.

"Kusuma, kamu jadi bendahara." Anjir! Ini gue kagak salah dengerkan? Gue jadi bendahara?

"Bu, saya takut korupsi nanti."
Tolak gue. Gue ogah buat nyimpen duit orang, gue takut duit yang gue pegang entar ilang, atau malah di jajanin sama gue. Gue gak mau.

"Ibu percaya sama kamu."

"Bu, percaya sama saya itu musrik Bu. Lagian saya cowok Bu, masa iya saya jadi Bendahara."
Kebanyakan kan yang jadi bendahara itu cewek. Waktu gue di kelas 1 sama 2 aja yang jadi bendahara cewek bukan cowok. Lah terus kenapa gue yang cowok malah di jadiin bendahara.

"Gak ada yang mewajibkan bendahara itu harus perempuan. Kan sekarang zaman emansipasi."
Gue tau sekarang itu zamannya emansipasi, tapi bukan berarti cowok ikutan emansipasi juga Bu, kan adanya juga cuman emansipasi perempuan, gak ada yang namanya emansipasi laki-laki. Kalo ada emansipasi laki-laki, gue yakin sekarang cowok-cowok pada pake rok semua, karena menuntun hak yang sama kaya cewek.

"Tapi Bu....."

"Gak ada penolakan Kusuma. Tugas kamu cuma ngumpulin uang kas mingguan aja."
Ah elah ngapa beban gue jadi bertambah. Satu kelas sama si Laskar aja udah beban, ini malah di tambahin lagi bebannya.

"Ma, entar kasih gue diskon uang Kas ya."
Bisik si Ucok. Tai lah lo Cok!


.
.
.
.




Tbc.

Hola Emak is back.

Sorry ya lama. Ternyata berobat part satunya emak lumayan lama, jadi baru bisa up sekarang.

KUY DI VOTE!

Gara-gara emak gue season 2 [DI APLIKASI KARYAKARSA]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang