02 : Kejutan Gagal

58 18 4
                                    

"Ma, anak-anak ki masuk sekolah'e tanggal piro yo?" Tanya Tresna mengalihkan pandangan dari iPad di tangannya.

"Mberoh, Pa. Kayae dua hari lagi." Sania masih sibuk sama muka dan per skincareannya.

Tresna cuma ngangguk-ngangguk dengan muka yang agak kecewa. Sania yang lihat muka suaminya begitu jadi tergerak buat nanya. "Kenapa emange?"

"Jihan itu kan bentar lagi ulang tahun," kata Tresna.

Sania menutup wadah krim matanya terus beranjak naik ke kasur di sebelah suaminya. "Oh iya ya. Meh dirayain? Ngadain pesta?"

"Papa rencananya sih mau ajak ke Bali aja sekalian. Kita ngerayain disana."

"Kita awal liburan ini udah pergi ke Selandia Baru loh, mosok arek budal meneh?"

"Yo rapopo kan ono duite," jawab Tresna nyombong. "Opo meh dirayain disini aja ya ben karo konco-koncone Jihan?"

"Hhhm. Mending takon anak'e wae geleme piye."




"Masuk sekolah tinggal dua hari lagi ya?" Tanya Tresna.

Sekarang, Keluarga Kanugraha lagi makan malam bersama.

"Iya, Pa," jawab Jihan. Soalnya emang dirumah ini yang masih sekolah cuma dia sama Esa. Sedangkan Sean dan Juan udah jadi mahasiswa.

Tresna ngangguk-ngangguk terus nanya lagi, "kalo Sean sama Juan?"

"Aku masuk minggu depan, Pa," jawab Juan.

"Aku juga," tambah Sean.

Sean sama Juan ini beda kampus. Sean kuliah di universitas negeri. Dapet jalur undangan di fakultas hukum. Sedangkan Juan lebih milih kuliah di universitas swasta dan dia ambil fakultas teknik. Kampus mereka nggak jauh-jauh banget dari rumah jadi mereka nggak perlu ngekos diluar.

Kalo ditanya Yang Terhormat Bapak Tresna Kanugraha kerja apa? Ya jadi juragan kos-kosan lah! Bener-bener sumber duit banget soalnya daerah tempat tinggal mereka deket sama beberapa kampus.

"Udah tinggal bentar lagi ya masuknya. Padahal Papa mau ngajak kalian ke Bali," kata Tresna.

Jihan dan Esa otomatis langsung liat-liatan sambil melotot.

"YAUDAH PA IJIN SEKOLAH AJA!!"


~~~


Tresna langsung pesen tiket pesawat pulang-pergi malem itu juga dan besoknya mereka semua langsung berangkat ke bandara. Tresna ambil penerbangan malam hari biar sampe di Bali mereka bisa langsung istirahat dulu.

Sekeluarga packing ngebut. Soalnya nggak bawa banyak barang juga. Cuma beberapa pasang baju. Sisanya keperluan yang lain mah bisa tinggal beli aja disana.

"Jadi besok malem kita ngerayain di hotel ya? Kita surprise in Jihan, gitu?" Tanya Esa menarik kesimpulan dari penjelasan Tresna soal alasan mereka berangkat ke Bali.

Jadi ini di dalem pesawat tuh Jihan duduknya sama Sania. Tresna dan anak-anak lanang duduk di belakang mereka.

"Nanti kita surprise nya di pantai, Esaaa," sahut Juan gemas soalnya Esa lemot banget.

"Loh kalo gitu nanti nggak surprise dong Jihan keburu tau duluan?"

"Udah udah pokoknya kamu tinggal ngikut aja udah," kata Sean. Dia capek kalo harus jelasin panjang lebar ke adiknya itu sampai ngerti, karena pasti bakal lama ngertinya.

Enggak enggak. Esa tuh nggak bodoh cuma agak lemot aja emang.

Agak.

"Ma, anterin ke toilet," kata Jihan setelah mereka turun dari pesawat. Biasalah, Jihan kan anaknya suka mabok udara. Sekarang aja mukanya udah pucet dan keliatan dia lemes banget.

Sudah paham sama situasi seperti ini, Sania langsung tanggap nganterin Jihan ke toilet sedangkan Tresna dan Juan secara otomatis mengambil alih koper Jihan dan Sania yang harus diambil dari bagasi.

Sekarang mereka lagi menuju parkiran bandara sambil membawa koper masing-masing, kecuali Sania dan Jihan yang kopernya dibawain Tresna dan Juan. Ya mereka kan ratu dan putrinya keluarga Kanugraha jadi diperlakukan spesial.

Tresna sengaja menyewa mobil selama mereka berada di Bali. Dan kali ini yang akan menyetiri mereka adalah Sean.

"Mau cari makan atau langsung ke hotel gais?" Tanya Sean yang sudah mengambil alih bagian kemudi.

"Langsung ke hotel aja, Mas. Kasian Jihan biar istirahat," jawab Sania.

Sebetulnya sekeluarga jadi bingung juga dan diskusi nyiapin plan lain soalnya pas sampe hotel Jihan beneran langsung tidur. Pas Sania ngebangunin putrinya itu buat makan malam juga dahinya makin panas. Kayaknya sih demam. Soalnya di kasus penerbangan mereka yang sebelum-sebelumnya Jihan cuma mabok muntah dan pusing doang abis itu ya aktif lagi anaknya nggak yang sampe panas tinggi kayak sekarang.

Karena kan nggak mungkin mereka ngebiarin Jihan yang sakit harus berlama-lama di pantai yang dingin dan berangin. Yang ada malah makin sakit nanti.

Tapi untungnya besok paginya Jihan udah kelihatan sehat-sehat aja. Soalnya dia bangun paling pagi dan pas yang lain udah bangun, mereka liat Jihan udah berjemur di pinggir kolam hotel. Terus anaknya juga udah ngajakin main di pantai.

Oke berarti tetap kembali ke rencana awal.

Pas Jihan tidur siang, sekeluarga keluar buat beli kue dan nyiapin kejutannya Jihan di pantai. Kecuali Esa sih, dia tetep di hotel buat nemenin Jihan. Takutnya kalo si bungsu bangun terus pada nggak ada entar nyariin. Karena gabut, akhirnya Esa ikut ketiduran setelah main game di hapenya.

Dan bener aja, Jihan udah bangun sebelum anggota keluarga yang lain pada pulang. Jihan langsung aja ngebangunin Masnya terus nanya yang lain pada kemana.

"Hah nggak tau, lagi pada nyari makan siang kali," kata Esa berdusta.

"Kok Mas nggak ikut? Kok aku nggak dibangunin?"

"Ya nggak tau Mas kan ketiduran."

Akhirnya daripada ditanya-tanyain terus dan Jihan jadi curiga, Esa ngajakin adiknya itu main ke pantai. Tadi pagi pas Jihan ngajakin main ke pantai, dia sama Tresna nggak ikut.

Pantainya tuh deket. Beneran keluar dari hotel jalan dikit udah di pantai.

Dan begonya Esa adalah karena anggota keluarganya lagi pada nyiapin kejutan di pantai terus malah dia ngajakin Jihan ke pantai.

Esa masih pasang tampang nggak berdosa sambil ngebatin bingung pas lihat anggota keluarga keliatan kayak lagi melotot-melotot dengan muka pait ke arahnya.

Dia baru tepok jidat pas Jihan teriak sambil lari-lari ke arah balon udara raksasa yang ada tulisan HAPPY SWEET 17 JIHAN segede alaihim.

"LOH KALIAN NGAPAIN? INI BUAT ULANG TAHUNKU YA????"

Oke Esa harus siapkan mental kena bantai keluarganya.


[!!]

Bungsu On TopTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang