Salam dan Ungkapan Sehari-hari

53 7 1
                                    

☘️こんにちは
konnichiwa

Bisa diartikan:
Selamat pagi/siang, Apa kabar?, Halo, dan lainnya.

☘️おはようございます
ohayou gozaimasu

Bisa diartikan 'Selamat pagi'. Jika lawan bicaranya adalah teman dekat atau keluarga, cukup dengan おはようohayou saja.

☘️こんばんは
konbanwa

Diucapkan ketika bertemu dengan seseorang di malam hari.

☘️はじめまして
hajimemashite

Bisa diartikan 'Salam kenal, apa kabar?' Diucapkan di awal perkenalan diri dengan seseorang.

☘️.'行ってきます
ittekimasu

Bisa diartikan 'Saya berangkat, ya'.

Misalnya :
🧑 ちょっとトイレに行いってきますChotto toire ni ittekimasu
~Saya izin pergi ke toilet sebentar ya, nanti sayakembali lagi.
🧕'行ってらっしゃい
itterasshai
Nanti kembali lagi, ya.

☘️ただいま
tadaima
Bisa diartikan 'Saya pulang'.

☘️おかえりなさい
okaerinasai
~Selamat datang di rumah', biasanya diucapkan okaeri saja antaranggota keluarga atau teman dekat.

☘️では、また・じゃ、また
~dewa, mata; ja, mata

Diucapkan sebagai salam perpisahan, berarti 'Sampai jumpa lagi'.

☘️ありがとうございます
~arigatou gozaimasu
~ 'Terima kasih'.

☘️ どうもありがとうございます~doumo arigatou gozaimasu.
~Terimakasih
Diucapkan ketika dalam situasi formal atau kepada lawan bicara yang lebih tua dan lebih tinggi kedudukannya.

☘️どういたしましてdouitashimashite

Bisa diartikan 'Sama-sama'.

☘️がんばってください
~ganbatte kudasai
~Bersemangatlah🙃.

☘️おめでとうございますomedetou gozaimasu

Ungkapan untuk memberi selamat kepada orang lain atasprestasi atau peristiwa bahagia yang sedang dialaminya. Misalnya: ucapan selamat ulang tahun,
おたんじょうび生日おめでとうございます
(otanjoubi omedetou gozaimasu)

Atau, ucapan kelulusan
ごそつぎょうおめでとうございます
(go sotsugyou omedetou gozaimasu).

☘️いらっしゃいませ
~irasshaimase
~Selamat datang.

☘️おさきに失しつれいします~osakini shitsurei shimasu
Digunakan ketika meminta izin pamit lebih dulu pergi atau pulang meninggalkan orang lain.

Pada orang lebih rendah kedudukannya sering hanya diucapkan
おさきに
~osakini .

☘️失しつれいします
shitsurei shimasu
Bisa diartikan 'Maaf', atau 'Permisi'. Artinya agak berbeda tergantung situasinya.

失つれい礼ました
shitsurei shimashita, berarti permintaan maaf atas kesalahan di masa lampau.

☘️おつかれさまでした、ごくろうさま労でした
otsukaresama deshita, gokurousama deshita

Diucapkan suatu pekerjaan sebagai bentuk apresiasi kepada orang yang bekerja tersebut. Otsukaresama deshita sering dipakai para pegawai kantor sebagai salam perpisahan pulang kerja. Sering juga diucapkan otsukaresama desu sebagai salam basa-basi ketika bertemu di luar jam kerja atau sebagai salam permulaan di telepon. Perlu diingat, penggunaan gokurousama deshitahanyalah digunakan kepada orang yang kedudukannya lebih rendah, misalnya seorang direktur kepada pegawainya.

☘️どうぞ
douzo
Ungkapan untuk mempersilakan orang yang telah memintaizin.

☘️.気をつけて
ki o tsukete

Ungkapan kepada seseorang agar dia berhati-hati atau menjaga kesehatannya.

☘️いただきます
itadakimasu
Bisa diartikan 'Selamat makan',

かんぱい
kanpai /kampai
~ 'Mari minum'

☘️ごちそうさまでしたgochisousama deshita

Bisa diartikan 'Terima kasih atas makanannya', 'Saya bersyukur bisa makan'. Ungkapan ini juga dipakai sebagai rasa terima kasih ketika seseorang menjamu atau mentraktir kita.

☘️ごめんください
~gomen kudasai
Ungkapan ketika kita mengunjungi rumah seseorang. Bisa diartikan 'Permisi, ada orang?'.

☘️ごめんなさい、申うしわけありません
gomennasai, moushiwake arimasen
Ungkapan yang digunakan untuk meminta maaf kepada orang lain atas kesalahan yang telah kita perbuat. Dalam situasi nonformal atau antarorang dekat sering diucapkan ごめん(Gomen) saja.

Dalam situasi formal atau kepada orang yang kedudukannya lebih tinggi dipakai kata 申うし訳けありません (moushiwake arimasen), yang bisa diartikan saya benar-benar mohon maaf.

☘️すみません
sumimasen

Diucapkan sebagai permintaan maaf ketika kita telah berbuat salah atau mengganggu seseorang. Sering juga digunakan untuk memanggil pelayan di restoran atau sebagai sapaan permulaan untuk meminta bantuan atau bertanya kepada orang lain di jalan. Bisa juga diucapkan sebagai ungkapan terima kasih ketika kita menerima bantuan dari seseorang.

☘️おやすみなさい
oyasuminasai
Bisa diartikan 'Selamat istirahat', 'Selamat tidur', 'Selamat malam'.

☘️さようなら
sayounara
Bisa diartikan 'Selamat tinggal'.

☘️おげん気で
ogenki de
Bisa diartikan 'Semoga sehat selalu', 'Baik-baik, ya'.

☘️もしもし
moshi moshi

Biasanya dipakai sebagai sapaan ketika menelepon, bisa diartikan 'Halo'. Bisa juga dipakai untuk menyapa atau memanggil seseorang yang lambat merespons meskipun sudah dipanggil.

☘️kokoro yori gomeifuku o oinori moushi agemasu atau okuyami o moushi agemasuIni adalah ungkapan untuk menyampaikan rasa belasungkawa ketika ada musibah orang meninggal.
.
.
.

Belajar dikit-dikit, biar nggak muntaber (Mundur tanpa berita)💓

Kalau respon pembaca bagus, insyaallah aku up lagi besok.

Learn Japanese Together (Di Channel Telegram)✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang